Daftar S1 di NTU: Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

13
1048

Rangkuman pertanyaan yang sering ditanyakan tentang pendaftaran program S1 di NTU (saya mengumpulkan beberapa pertanyaan dari lebih dari 100 email yang pernah saya dapat):

  • Aku tertarik banget masuk ke Nanyang Business School jurusan bisnis. Kira2 apa aja yang aku perlukan?
  • Beasiswa NTU itu persyaratannya apa aja? Mapel di rapot yang dilihat cuma beberapa aja ato keseluruhan? terus, pemilihan jurusannya gimana? … oiya toefl-nya gimana?….
  • Apa perlu ikut tes TOEFL/IELTS,SAT,kak tolong sebutin dokumen” yang diperlukan untuk mendaftar?
  • …, dan berencana apply nanti pada tahun 2016, saya juga berencana untuk tidak mengikuti UN, apa saya harus mengikuti TOEFL atau gimana?

Ketika saya dulu menulis artikel pertama saya di Indonesia Mengglobal tentang sekilas mengenai pendaftaran untuk masuk ke Nanyang Technological University (NTU), saya tidak menyangka artikel itu akan menjadi salah satu alasan kenapa saya sekarang bergabung sebagai anggota tim inti (tepatnya, sebagai kolumnis untuk Asia) di IM. Hal ini menjadi semakin menarik lagi mengingat saya menerima ratusan email dari pembaca (setia) yang menanyakan berbagai hal tentang prosedur penerimaan selama hampir 2 tahun terakhir, di samping komentar di artikel yang kalau boleh dibilang lumayan menantang juga untuk dibalas satu demi satu.

Oleh karena itu, saya akan memberikan jawaban untuk beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang proses pendaftaran di NTU, terutama untuk program sarjana pakai jalur UN SMA. Sebelum saya mulai, sedikit pesan sponsor dulu dari sesama kolumnis di IM: riset dulu sebelum tanya (yang mau kirim email ke saya boleh coba baca itu dulu buat bahan renungan 😜).

  • Q: Nilai rapor X bisa dipanggil ujian masuk nggak?

A: Pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang cukup ‘sixth sense’ ini membuat saya berharap “Andaikan saja saya kerja di kantor penerimaan….”

Well, mereka memang ‘menyarankan’ nilai minimum 80 dalam kebanyakan pelajaran tapi cuma itu, tidak ada yang spesifik. Sampai sekarang juga mereka hanya minta nilai pelajaran yang di-UN-kan (misal untuk IPA matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, biologi, kimia, fisika), jadi kalau pelajaran lain kurang bagus, harusnya tidak terlalu berakibat buruk.

  • Q: Kakak belajar buat ujian masuk pakai apa saja? Bagi saran dong.

A: Jawaban tiap orang bisa beda. Kalau kebetulan kamu di kota agak besar, harusnya ada beberapa bimbel untuk persiapan setara A-level Singapura (awas, beda materi sama UN SMA). Bukan opsi yang paling murah, tapi ada pembimbing yang akan cukup membantu.

Untuk kasus saya (yang hanya ikut ujian matematika A, bahasa Inggris, dan fisika), saya lebih banyak pakai:

  • Buku persiapan TOEFL iBT/IELTS (ambil bagian membaca dan menulis saja) untuk ujian bahasa Inggris,
  • Buku matematika dasar (bukan matematika dasar buat SBMPTN, tapi yang mungkin cocok untuk mahasiswa tahun pertama) untuk ujian matematika, dan
  • Buku fisika SMA untuk ujian fisika.

Selain itu, mencari materi di Internet untuk tiap topik (silabus bisa diunduh di sini untuk referensi) bisa dibilang lumayan membantu. Untuk soal-soal latihan dan ringkasan materi, saya lebih suka pakai kumpulan buku elektronik karangan CS Toh di Google Play (kurang dari 50 ribu tiap buku, dan, kalau kamu tidak ada kartu kredit voucher Google Play bisa beli di beberapa minimarket, lihat di sini)

Bonus: Materi trigonometri, kalkulus, statistika, dan peluang untuk mahasiswa tahun pertama di fakultas saya. Download gratis di sini (hak cipta pada Assoc Prof Kong Wai-Kin Adams dan Assoc Prof Lau Chiew Tong).

  • Q: Bagaimana sebetulnya ujian masuk NTU itu?

A: Ujian masuk NTU hanya bisa diikuti kalau kamu lolos seleksi administrasi. Pelajaran yang kamu ikuti dipengaruhi oleh pilihan jurusanmu (ada kemiripan sama SBMPTN yang pakai IPA/IPS/IPC, hanya saja ini per pelajaran ujian, untuk lebih lanjut bisa dilihat di sini (berkas PDF). Yang paling menarik (dan beda dengan SBMPTN), sekali kamu gagal ujian masuk NTU, kamu tidak boleh ikut ujian masuk NTU lagi.

Undangan untuk mengikuti ujian masuk NTU
Sesudah kamu melengkapi berkas pendaftaran dan membayar biaya pendaftaran, berdoalah semoga kamu dapat email seperti ini.
  • Q: Ada beasiswa apa saja? Jalur beasiswa ada nggak?

A: Beasiswa apa dulu? Ada beberapa beasiswa yang ditawarkan lewat kampus (lihat di sini), ada yang ditawarkan pihak luar. Untuk beasiswa yang ditawarkan dari pihak luar, kamu mungkin bisa cari di beberapa situs kumpulan beasiswa. Untuk masuk NTU tidak ada jalur beasiswa, adanya jalur umum dan pendaftaran beasiswa (daftar beasiswanya sesudah isi formulir pendaftaran).

  • Q: Website-nya apa? Ada jurusan apa saja di NTU?

A: Nah, ini dia nih contoh pertanyaan menarik kalau sampai sekarang belum ada search engine, tapi percaya atau tidak, masih ada lho beberapa yang bertanya seperti itu. Situs webnya http://ntu.edu.sg, untuk penerimaan klik di bagian atas bagian calon siswa, lalu penerimaan di bagian sarjana. Daftar jurusan ada di sini.

  • Q: Perlu apa saja buat daftar?

A: Persyaratan administrasi paling biasa: foto ukuran paspor, rapor SMA sampai semester 4 (rapor semester 5 juga harusnya masih belum terbit waktu pendaftaran ditutup), ijazah + SKHUN SMP (dan yang SMA juga kalau sudah lulus waktu daftar), paspor/akta lahir. Persyaratan lain-lain (non-teknis) bisa kamu baca di artikelku ini.

  • Q: Saya sudah lulus (S1/D3/D4/SMA) bisa daftar S1 lagi?

A: Bisa, tapi dengan catatan mulai seperti lulusan SMA lagi. Ada beberapa yang saya tahu kuliah di Indonesia belum 1 tahun terus mulai lagi di NTU, tapi kalau lebih lama lagi, saya kurang tahu.

  • Q: Apa perlu TOEFL/IELTS/SAT buat daftar?

A: Semuanya opsional. Saya kebetulan ikut TOEFL karena sempat mau mendaftarkan diri di universitas lain, tapi sepengetahuan saya TOEFL/IELTS/SAT hanya berguna untuk pengecualian ujian kualifikasi bahasa Inggris (Qualifying English Test / QET, lebih lanjut di sini) kalau nilainya memadai. Kamu tetap harus ikut ujian masuk pelajaran bahasa Inggris walaupun ada TOEFL/IELTS/SAT.

  • Q: Bagaimana caranya daftar? Bagaimana jadwal pendaftarannya?

A: Saya buatkan untuk kamu garis besar alur pendaftarannya. Semoga membantu.

Alur pendaftaran S1 NTU untuk jalur UN SMA.
Alur pendaftaran S1 NTU untuk jalur UN SMA.
  • BONUS Q: ada saran penginapan yang dekat dengan lokasi tes?

A: Eh menarik juga pertanyaannya, bisa berganti karir jadi agen penginapan nih saya hehehe!

Ada 3 tempat tes yang saya tahu hingga saat ini untuk ujian masuk NTU:

  • Jubilee School (Jakarta, lokasi di Google Maps): Saya dulu ujian di situ, dan waktu itu sempat menginap di Novotel Mangga Dua Square (depan perhentian bus Gunung Sahari Mangga Dua, 3 perhentian pakai koridor 12 ke Danau Agung + jalan 500 m ke sekolah). Lumayan disarankan; relatif terjangkau dan kamar luas.
  • SMAK 1 BPK Penabur (Jakarta, lokasi di Google Maps): Ada yang pernah tanya lewat email tentang ini. Saya sempat menyarankan Pullman Jakarta Central Park dan Hotel Ciputra. Bukan yang termurah, tapi tampaknya pilihan lumayan bagus.
  • NTU (Singapura): Paling susah karena asumsi pakai transportasi umum (bis dan KRL) dari penginapan yang paling dekat pun perlu lebih dari 30 menit untuk ke NTU, atau bahkan 75 menit kalau kamu menginap di pusat kota. Andaikan saya ikut ujian di sana, saya mungkin pilih menginap di Genting Hotel Jurong (yang paling dekat dari NTU; dekat stasiun KRL Jurong East).

Semua penginapan yang direkomendasikan berbintang 4 atau 5, memiliki akses mudah ke tempat ujian, dan dekat dengan pusat perbelanjaan. Kalau kamu tahu ada tempat ujian selain tiga itu, jangan ragu untuk memberitahu saya lewat email.

Ada saran-saran akhir?

Saya jujur saja senang melihat semakin banyak orang yang berminat melanjutkan pendidikan di luar Indonesia. Walaupun prosesnya memang cukup menantang (misalnya, berangkat ke tempat ujian masuk waktu ada hujan abu atau mendaftarkan diri tanpa banyak bantuan dari bimbel atau konselor sekolah), tapi saya yakin kalau dengan usaha dan doa yang cukup, pasti bisa!

Kalau kamu masih bingung, coba baca info sekilas tentang pendaftaran NTU di Indonesia Mengglobal, atau cari di Internet. Masih bingung lagi? Silakan email saya.

Pesan dari Kantor Penerimaan dan Bantuan Keuangan NTU

Pendaftaran program sarjana dan beasiswa untuk masuk tahun ajaran 2017 (mulai kuliah akhir Juli 2017) untuk kalian yang sudah lulus UN SMA atau akan lulus UN SMA tahun 2017 dibuka sampai 15 Desember 2016. Daftar sekarang di http://admissions.ntu.edu.sg/UndergraduateIntnlAdmissions/Pages/InternationalOthers.aspx

Mau artikel lain yang juga nggak kalah bagus?
  • Bingung mau kuliah di mana? Baca artikel ini soal apa yang perlu dipertimbangkan untuk memilih universitas untuk kuliah S1: http://bit.ly/2fN9pKQ
  • Jangan takut kuliah di negara yang terkenal mahal – baca tips berhemat di luar negeri di artikel ini, pasti berguna: http://bit.ly/2bMk3kG
  • Seperti apa rasanya mempromosikan budaya Indonesia di luar negeri melalui pertunjukan budaya? Baca cerita dari 3 komite pertunjukan budaya yang diadakan mahasiswa Indonesia di NTU: http://bit.ly/2bWwdpS

Disclaimer: Saya tidak menerima komisi dalam bentuk apa pun dari mereferensikan apa pun.

Semua foto dan grafik adalah hak cipta penulis dan boleh digunakan dengan mencantumkan penulis, kecuali disebutkan sebaliknya.

  • Pingback: Masuk NTU, Bisa! | Indonesia Mengglobal()

  • kalau saya minat harus punya sponsor tuh,biayanya cukup menguras

  • Y so curious

    kak, saya udah lulus nih. saya berencana daftar untuk tahun depan. apa nilai un ada pengaruh besar untuk undangan uee nanti? kalo ditolak masih bisa diusahakan gak kak? makasih

  • Amanda Ruziana Putri Duanta II

    Kak mau tanya , kalau mau masuk jurusan bisnis nilai apa saja ya yang dibutuhkan

  • Adrian

    Kak Eric,

    Itu kan apply ke NTU kalo pake UN cuma sekali aja ya kesempatannya.. Kalau pake A Level begitu jg gak? Soalnya saya punyanya ijazah A Level tok, ga pernah ambil UN…

    • Adrian

      Kan kalo pake A Level ga usah ikut ujian tertulisnya….

  • Qiara

    Kak, kalau semisal aku lulusan 2016 mau daftar untuk tahun ajaran 2017 bisa nggak? dan dalam posisi aku udah punya kuliah, makasih kak

  • Fingki Nurjamilah

    Ka kalo saya lulusan D4, bisa lanjut S2 di NTU?
    atau bisa gak kalo mau S1 lagi?

  • Kalau di sini ada pejuang undergraduate NTU, bisa email id LINE kalian ke gue di a03857@gmail.com untuk ikut join ke grup LINE Pejuang NTU. Kita bisa sharing pengalaman dan berbagi informasi tentang NTU di sana dan mungkin bisa ketemu jodoh hehehe :p

    Selamat berjuang.

  • Erlando

    Kak Bayar Biaya Pendaftaran NTU bagaimana ya Kak?? , kalau melalui bank Darft ??

  • Nabila

    Cara mengajukan banding gimana ko ke NTU?

  • Nur amalina

    Tolong rekomendasi buku dong ?

  • Winnie

    Apa lulusan SMK bisa mendaftar?