Pengajuan Visa Pelajar Kanada

0
481
Bagaimana cara mendapatkan study permit Kanada? (Source: HCID)

Kualitas pendidikan di Kanada sudah tidak diragukan lagi, terutama dikarenakan begitu banyaknya universitas di sana yang masuk dalam peringkat terbaik dunia, ditambah lingkungan pergaulan yang terbuka dan sangat ramah, serta indahnya alam Kanada. Tapi, apakah kamu sudah paham bagaimana melakukan aplikasi visa belajar ke Kanada? Nah, bagi yang belum, silahkan simak artikel dari Hotcourses Indonesia berikut ini.

* * *

Calon mahasiswa dari luar Kanada, termasuk yang berasal dari Indonesia, tentunya memerlukan visa pelajar untuk dapat berkuliah di Kanada. Visa pelajar Kanada lazim disebut surat izin belajar (study permit).

Kamu memerlukan surat ijin belajar atau study permit jika kamu berencana untuk sekolah di Kanada sebagai pelajar internasional. Selain itu, kemungkinan besar kamu juga harus memiliki visa tinggal sementara atau Electronic Travel Authorization (ETA). Keimigrasian atau otoritas terkait akan memberitahu jika memang kamu memerlukan ETA ketika kamu mendaftar study permit.

Kamu dapat mengajukan study permit dari Indonesia secara online melalui situs resmi Citizen and Immigration Canada(CIC).

Persyaratan

Untuk dinyatakan layak untuk mendaftar study permit Kanada, kamu harus:

  • Terdaftar di salah satu institusi atau lembaga pembelajaran
  • Tidak memiliki laporan kriminal
  • Sehat jasmani (dilengkapi dengan tes kesehatan)
  • Bukti bahwa kamu akan tinggal di Kanada untuk belajar

Setelah semuanya selesai, kamu akan diberikan kode referensi personal, daftar dokumen yang harus kamu sediakan (harus ditulis dalam Bahasa Inggris atau Perancis sebagai 2 bahasa utama di Kanada), tautan-tautan yang berguna untuk pengajuan visa, dan instruksi selanjutnya. Kode referensi personal ini sangat penting, jadi sebaiknya kamu mencetak halaman tersebut.

Dokumen apa saja yang diperlukan?

Pertama-tama, tentunya harus menunjukkan surat penerimaan atau Letter of Acceptance (LoA) dari universitas yang telah diakreditasi di Kanada. Pendaftar dari Indonesia perlu memberikan informasi biometris seperti pas foto dan sidik jari. Kemungkinan besar kamu juga akan diminta untuk melakukan tes kesehatan. Kamu tidak bisa mendapatkan visa pelajar jika memiliki catatan kriminal, untuk itu kamu akan diminta menyertakan surat berkelakuan baik dari kepolisian. Selain itu, juga diperlukan dokumen yang menunjukkan bahwa kamu sanggup menanggung biaya kuliah dan biaya hidup di Kanada (misalnya pernyataan bank, bukti pelunasan akomodasi dan biaya kuliah, dan bukti telah menerima beasiswa atau dermasiswa). Kamu juga perlu menunjukkan bahwa kamu memiliki dan dapat mengakses dana $10,000 (CAD) setiap tahunnya sesuai dengan durasi kuliahmu di Kanada.

Click here for brochures of universities worldwide
Click here for brochures of universities worldwide

Proses pendaftaran

Kamu harus mendaftar ‘electronic credential’ (atau dikenal juga dengan sebutan ‘key’) untuk dapat mengakses layanan online CIC, yaitu MyCIC, untuk mengajukan permohonan visa. Selanjutnya, kamu harus mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan, melengkapi pendaftaran, membayar biaya pendaftaran online menggunakan kartu kredit dan kemudian mengajukan aplikasi kamu secara online. Begitu pengajuan aplikasi kamu telah berhasil, kamu akan menerima konfirmasi yang bisa dilihat di akun MyCIC milikmu.

Kamu juga harus menyertakan data kartu debit/kredit dan menggunakan alat scan seperti kamera atau scanner lalu mengunggah foto seluruh dokumen yang diperlukan dalam proses pendaftaran.

sourced from hotcourses.co.id
Kanada (Source: HCID)

Apa langkah selanjutnya setelah aplikasimu diterima?

Kamu akan menerima letter of introduction (dan terkadang visa tinggal sementara). Di Imigrasi Kanada, kamu harus menunjukkan dokumen ini bersama dengan paspor. Kamu juga harus membawa dokumen asli atau fotokopi yang diserahkan sewaktu pengajuan visa. Setelah petugas imigrasi selesai memeriksa dokumen-dokumen tersebut, mereka akan memberikanmu study permit dan kamu sudah dapat memasuki Kanada.

Berapa biaya yang diperlukan?

Biayanya kurang lebih $150 (CAD). Namun, harga tersebut adalah harga dasar dan akan ada penambahan $85 untuk biometris. Keseluruhan biayanya akan dikonfirmasikan kembali sebelum kamu membayar dan mengirimkan aplikasi final study permit.

Berapa lama saya bisa tinggal di Kanada?

Kamu akan diizinkan tinggal di Kanada selama durasi studimu dan ditambah 90 hari setelahnya. Waktu tambahan ini memungkinkanmu untuk merencanakan kepulangan atau mendaftar post-graduation work permit (PGWP).

Apakah saya perlu menghadiri wawancara?

Tergantung kondisi, kamu mungkin saja diminta untuk menghadiri wawancara di kantor visa Kanada di negara asal. Kamu akan dihubungi jika perlu menghubungi wawancara.

* * *

Artikel ini ditulis oleh Tim Hotcourses Indonesia dengan mengacu pada informasi yang tercantum di situs web resmi pemerintah Kanada.