Ayo Mengenal Beasiswa Australia Endeavour!

Australia Endeavour adalah satu beasiswa unggulan dari Pemerintah Australia yang menawarkan kesempatan untuk mengenyam pendidikan kelas dunia dengan manfaat beasiswa yang sangat besar

0
2934

Melalui artikel berikut ini, Fajar, sebagai salah satu penerima beasiswa Australia Endeavour, akan mengupas hal-hal penting terkait beasiswa tersebut, perjalanannya dalam meraih beasiswa, dan juga tips-tips penting saat mengajukan aplikasi beasiswa. Memasuki Maret 2018, kita wajib menyimak artikel berikut ini karena beasiswa Endeavour biasanya dibuka pada pertengahan tahun, jadi masih cukup waktu untuk bersiap-siap.Semoga setelah membaca artikel ini, kamu langsung bisa mulai mempersiapkan diri untuk meraih beasiswa bergengsi ini ya!

Apakah Beasiswa Australia Endeavour itu?

Beasiswa Australia Endeavour, atau kerap disebut Endeavour, mungkin sedikit asing bagi para pemburu beasiswa di Indonesia. Padahal, Endeavour sebenarnya merupakan salah satu beasiswa unggulan dari Pemerintah Australia yang menawarkan kesempatan untuk mengenyam pendidikan kelas dunia dengan manfaat beasiswa yang sangat menggiurkan. Saya sendiri sudah mengenal beasiswa ini sejak tahun 2014 dari sebuah acara sosialisasi yang diadakan oleh Kedutaan Besar Australia di Jakarta.

Dimulai pada tahun 2007, Beasiswa Endeavour diluncurkan oleh Pemerintah Australia dengan tujuan untuk menjadikan Australia sebagai negara terdepan dalam hal pendidikan, riset, dan teknologi. Berbeda dengan Australia Awards Scholarship (AAS) yang hanya menyasar pelamar dari negara-negara berkembang, Endeavour membuka peluang bagi pelamar dari banyak negara tanpa memandang tingkat perkembangan ekonomi di negara tersebut. Selain itu, beasiswa ini juga memberikan kesempatan bagi pelamar asal Australia untuk belajar di negara-negara sahabat, termasuk di Indonesia.

Selain cakupan negara asal pelamar yang cukup luas, bentuk beasiswa yang diberikan pun beragam. Tidak hanya terbatas pada Pasca Sarjana, Endeavour juga memberikan beasiswa penelitian/Research Fellowship (untuk penelitian program Pasca Sarjana dan Posdoktoral), serta beasiswa diploma untuk Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan / Vocational Education and Training (VET).

Apa saja manfaat yang ditawarkan beasiswa Endeavour?

Sebagaimana skema beasiswa lainnya, manfaat utama yang diberikan tentunya biaya pendidikan hingga selesainya studi (full tuition fee). Selain itu, manfaat lain adalah biaya perjalanan dari negara asal ke Australia untuk memulai studi dan dari Australia ke negara asal setelah lulus, biaya penyiapan untuk tinggal di Australia (settlement allowance), asuransi perjalanan, biaya hidup bulanan (stipends), serta asuransi kesehatan mahasiswa (Overseas Student Health Cover). Khusus untuk biaya hidup bulanan, Endeavour bisa dibilang sangat dermawan dengan memberikan AUD 3.000 setiap bulannya. Dibandingkan dengan beberapa beasiswa lain untuk studi di Australia, dan bahkan beasiswa untuk studi di negara-negara lain, angka ini termasuk yang paling besar. Menarik bukan?

Salah satu penerima beasiswa Australia Endeavour
Salah satu penerima beasiswa Australia Endeavour

Bagaimana cara mendapatkannya?

Tidak jauh berbeda dengan sistem beasiswa AAS, proses aplikasi dilaksanakan secara daring. Pelamar harus membuat akun dalam aplikasi Australia Endeavour Scholarship, untuk kemudian melengkapi seluruh persyaratan yang diminta, sebelum aplikasi lengkap dikirimkan. Penyiapan aplikasi beasiswa Endeavour ini terbagi menjadi dua bagian:

  1. Syarat Administrasi

Hal yang paling penting untuk disiapkan sebagai syarat utama adalah Letter of Acceptance (LoA) dari salah satu universitas di Australia untuk bidang yang kita minati, dan sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang telah mencukupi. Untuk sertifikat Bahasa Inggris, saya menggunakan IELTS dan syarat yang diminta minimal 6,5 dengan minimal band 6. Dua hal ini menjadi syarat mutlak untuk dapat mengajukan aplikasi kita, dan pastikan telah memilikinya sebelum batas akhir pengajuan aplikasi.

Selain LoA dan IELTS, Endeavour juga mengharuskan kita untuk mengunggah dokumen-dokumen persaratan lain, seperti paspor, ijazah, dan transkrip nilai pendidikan terakhir. Endeavour mensyaratkan dokumen dalam Bahasa Indonesia untuk diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Gunakanlah jasa penerjemah tersumpah dan akan lebih baik jika menggunakan penerjemah rekanan Kedutaan Besar Australia (daftarnya ada di situs Kedutaan). Seluruh dokumen yang diunggah adalah fotokopi yang telah dilegalisir. Untuk yang satu ini, Endeavour sangat simpel. Endeavour hanya meminta legalisir dari tokoh/orang yang bisa dipercaya. Sebagai contoh, legalisir dokumen saya berbentuk tanda tangan dari Direktur tempat saya bekerja. Cukup sederhana dan tidak memakan waktu, bukan?

Jika kelengkapan di atas sudah terpenuhi, syarat lain yang harus disediakan adalah dua buah rekomendasi: akademik dan profesional. Skema pemberian rekomendasi ini adalah komunikasi langsung antara Endeavour dan pemberi rekomendasi. Jadi, dalam aplikasi kita akan menuliskan alamat surel pemberi rekomendasi, kemudian pihak Endeavour akan menghubungi mereka secara langsung.

  1. Esai

Selanjutnya, pelamar Endeavour diharuskan menulis 4 buah esai. Seluruh esai tersebut harus dituliskan secara langsung dalam akun aplikasi daring Endeavour dengan panjang maksimal masing-masing esai 200-300 kata. Tema esai yang diminta adalah:

  1. Penjabaran detail tentang jurusan yang akan diambil, alasan pemilihan jurusan tersebut, dan alasan pemilihan universitas. Sebagai pelengkap, pada esai pertama ini diminta pula apa yang ingin dicapai dengan belajar pada jurusan yang diambil;
  2. Untuk esai kedua, kita diminta untuk menuliskan bagaimana studi yang akan ditempuh dapat membantu perkembangan karir kita di masa depan;
  3. Esai ketiga meminta kita berargumentasi tentang bagaimana studi kita tersebut dapat memberikan berdampak positif bagi Australia serta dapat meningkatkan kerjasama dan kolaborasi antara Indonesia dan Australia kedepannya;
  4. Esai terakhir adalah tentang bagaimana beasiswa Endeavour ini nantinya dapat membawa perubahan bagi kehidupan pribadi kita kedepannya.

Jika semua persaratan di atas telah lengkap, maka kita tinggal mengajukan aplikasi kita secara daring. Perlu diketahui bahwa pengajuan aplikasi secara daring ini adalah satu-satunya tahapan seleksi Endeavour. Ya, proses seleksi ini tanpa wawancara! Artinya, hasil seleksi administratif ini merupakan hasil akhir apakah kita diterima atau tidak. Dan jika diterima, seorang case manager dari Endeavour akan segera mengkontak kita untuk membantu persiapan sebelum keberangkatan.

Tips Tambahan

Untuk mempermudah proses aplikasi, berikut beberapa tips dari saya:

Do’s

Menjadi sangat penting untuk kita melakukan riset kecil tentang jurusan yang akan diambil. Dalam esai yang akan ditulis, kita ditantang untuk dapat menjabarkan secara jelas jurusan yang akan kita ambil. Terlebih lagi, pemilihan jurusan ini akan dikaitkan dengan pengalaman kerja kita, latar belakang pendidikan sebelumnya, juga mengenai rencana karir kedepannya.

Selain alasan di atas, riset tentang jurusan ini juga penting untuk memastikan berapa besaran biaya kuliah yang harus dikeluarkan. Endeavour memiliki plafon pembiayaan perkuliahan. Untuk pasca sarjana, plafon yang ditentukan adalah AUD 30.000 per tahun. Sedangkan untuk VET, plafon yang ditentukan adalah AUD 13.000. Jika biaya kuliah di universitas yang kita pilih melebihi plafon tersebut, kelebihan biaya akan menjadi tanggung jawab pribadi mahasiswa.

Saat ini, situs resmi universitas-universitas di Australia telah memaparkan secara jelas jurusan-jurusan yang ditawarkan, biaya, bahkan hingga ke mata kuliah yang akan diajarkan. Jangan malas untuk membaca informasi-informasi ini. Jika informasi yang didapat dirasa masih kurang, jangan ragu untuk mengontak pusat informasi universitas-universitas tersebut.

Don’ts

Ada dua hal yang saya sarankan untuk tidak dilakukan pada proses aplikasi. Yang pertama adalah hentikan kebiasaan menulis dengan “kata-kata kiasan” yang terlalu bertele-tele.-tele. Masing-masing esai ditentukan maksimal 200 – 300 kata saja. Kita harus memastikan esai tersebut ringkas, spesifik, dan tentunya menjawab pertanyaan yang diberikan.

Hal kedua, pastikan hanya mengunggah dokumen-dokumen yang dipersyaratkan seperti yang telah saya sebutkan di atas. Dokumen persiapan aplikasi Endeavour ini memang cukup tebal. Tapi, pastikan kita baca secara detail, sehingga kita tidak akan melakukan hal-hal yang tidak perlu.

Selamat berjuang dan semoga berhasil!

Tautan ke website Endeavour: https://internationaleducation.gov.au/Endeavour

Sumber gambar: Australia Awards-Endeavour Scholarship and Fellowship Briefing Pack 2018