Perpustakaan di Auckland: Tempat Multifungsi yang Tidak Pernah Sepi

0
1302
Interior Devonport Library

Sebenarnya ada banyak tempat di Auckland yang bisa kamu kunjungi untuk mengerjakan tugas kuliah dengan suasana yang santai seperti common room kampus, kafe, taman, atau kedai kopi. Namun menurut Sarah, tempat yang paling pas dan menyenangkan untuk belajar seharian adalah perpustakaan. Mari kita simak ulasan Sarah berikut ini tentang ragam perpustakaan di Auckland berdasarkan pengalaman pribadinya.

Ada lebih dari 45 perpustakaan di Auckland yang tersebar di berbagai area. Perpusatakaan menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah kota di Selandia Baru karena budaya membaca sudah ditanamkan sejak dini sehingga perpustakaan menjadi tempat yang tidak pernah sepi pengunjung, apalagi ketika akhir pekan.

Setelah mengunjungi lebih dari sepuluh perpustakaan di Auckland, saya tidak lagi menganggap tempat ini sebagai lokasi belajar yang membosankan. Di sini, perpustakaan tidak hanya menyediakan beragam jenis buku bacaan, tapi juga memberikan fasilitas yang bisa menunjang kegiatanmu yang lain seperti rapat atau mengerjakan tugas. Berikut ini, saya akan mengulas beberapa hal menarik dari perpustakaan di Auckland.

1. Bangunan

Masing-masing perpustakaan di Auckland memiliki arsitektur yang unik. Beberapa ragam arsitektur yang sangat kentara dan kental adalah gaya bangunan kolonial dan desain yang modern dan ramah lingkungan. Bangunan perpustakaan dengan gaya kolonial biasanya berada di kawasan war memorial, sedangkan desain modern dapat ditemukan pada perpustakaan yang berada dekat dengan pantai atau hutan. Desain perpustakaan modern dapat dikenali dari materialnya yang terbuat dari kayu dan hiasan langit-langitnya yang khas. Tentunya, dengan desain yang unik dan artistik, bangunan perpustakaan juga dapat digunakan sebagai objek foto bagi kamu yang hobi fotografi! Menurut saya, beberapa perpustakaan yang memiliki desain khas dan menarik adalah Perpustakaan Birkenhead, Devonport, Grey Lynn, dan Te Atatu.

Devonport Library
Devonport Library

2. Koleksi

Auckland terkenal sebagai kota yang pelayanannya ramah terhadap orang-orang berkebutuhan khusus atau difabel. Sesuai dengan standar layanannya, koleksi buku di setiap perpustakaan juga disesuaikan dengan kebutuhan orang-orang istimewa tersebut. Rata-rata koleksi buku di perpustakaan di Auckland adalah buku yang beredar di seluruh dunia atau worldwide dan diterbitkan dalam Bahasa Inggris. Untuk menunjang kuliah atau kehidupan sehari-hari kamu, tempat ini menyediakan buku untuk berbagai bidang ilmu, mulai dari kedokteran hingga bisnis serta dari panduan diet sehat sampai tips menjadi orang sukses. Buku-buku ini tidak hanya tersedia dalam versi tulisan, namun juga tersedia dalam versi audio dan cerita bergambar. Dikarenakan penduduk di Auckland sangat beragam dan berasal dari berbagai belahan dunia, beberapa koleksi buku di sini tidak hanya tersedia dalam bahasa Bahasa Inggris. Saya pernah menemukan koleksi buku berbahasa Cina, Korea, Jepang, dan Jerman. Menarik ya?!

Koleksi Buku Bahasa Asing
Koleksi Buku Bahasa Asing

3. Fasilitas

Di Auckland, perpustakaan adalah tempat favorit bagi semua golongan usia mulai dari anak-anak hingga orang tua karena perpustakaan menyediakan fasilitas untuk semua umur. Untuk anak-anak, terdapat kids corner yang tidak hanya menyediakan buku bacaan untuk anak-anak, tapi juga permainan edukatif. Selain itu, tempat ini juga menyediakan fasilitas umum seperti komputer, mesin foto kopi, hingga layanan scan dan cetak dokumen. Selain itu, setiap perpustakaan juga memberikan layanan Wi-Fi gratis dan ruang rapat yang bisa kamu pinjam untuk mengerjakan tugas kelompok bersama teman-teman.

Kartu Tanda Anggota
Kartu Tanda Anggota

Untuk menikmati seluruh layanan peminjaman buku dan penggunaan fasilitas perpustakaan, kita harus mendaftar sebagai anggota. Proses pendaftarannya sangat mudah, yaitu cukup mengisi data secara online melalui website Auckland Libraries. Setelah itu, yang perlu dilakukan adalah datang ke salah satu dari banyak perpustakaan di Auckland untuk mendapatkan kartu tanda anggota. Setelah mendapatkan kartu, kamu bisa langsung menikmati semua fasilitas perpustakaan mulai dari peminjaman buku, komputer, ruang rapat, hingga memesan buku bacaan yang sedang ingin kamu baca. Oh iya, ada satu lagi fasilitas yang dapat membuat kamu merasa lengkap ketika mengerjakan tugas, yaitu kedai kopi! Beberapa perpustakaan juga turut menyediakan kedai kopi di dalam kawasannya. Jadi, kamu bisa membaca buku atau mengerjakan tugas sambil menyeruput secangkir cappuccino atau flat white!

4. Lokasi yang Strategis

Satu lagi hal yang menarik dari seluruh perpustakaan di Auckland adalah lokasinya. Setiap perpustakaan di Auckland biasanya berada di pusat kota setiap area. Ini berarti perpustakaan hampir selalu berdekatan dengan pusat perbelanjaan sehingga kamu bisa membeli roti, burger, kebab, atau sushi yang bisa didapatkan dari toko-toko sekitar karena tidak ada larangan membawa makanan atau makan di dalam perpustakaan. Jadi jangan khawatir kelaparan disaat kamu menyelesaikan tugas atau membacabuku favoritmu. Selain itu, gedung perpustakaan juga biasa digunakan untuk pameran seperti keramik, lukisan, atau fotografi yang digelar pada bulan-bulan tertentu. Ada pula pagelaran musik, film, dan tari yang bisa kamu saksikan. Jika kamu beruntung, kamu bisa menikmati kegiatan-kegiatan tersebut secara gratis ketika mengunjungi perpustakaan.

Pertunjukan Musik di Perpustakaan (www.facebook.com/GreyLynnLibrary)
Pertunjukan Musik di Perpustakaan

Perpustakaan seringkali juga berada di lokasi yang dekat dengan pantai atau taman. Oleh karena itu, kita bisa sekaligus menikmati indahnya pemandangan laut atau ramainya taman bermain yang dapat menjadi pereda stress di saat belajar. Misalnya di Takapuna dan Devonport, kamu bisa menikmati pemandangan pantai dan Gunung Rangitoto dari dalam perpustakaan, sedangkan dari Birkenhead kamu bisa menikmati pemandangan pusat Kota Auckland dengan bangunan pencakar langit dan lampu-lampu kota yang dilihat dari seberang teluk.

Jadi, kamu sudah punya agenda apa hari ini? Yuk, siapkan laptop dan makan siangmu! Ayo pergi ke perpustakaan!

Photos are provided by Author and Grey Linn Library

SHARE
Previous articleBelajar dan Berkarya di Kancah Dunia di 2018
Next articleInsider Report: Working at An American Law Firm
Sarah Najmilah
Sarah is currently pursuing her master degree on Environmental Management in University of Auckland, New Zealand. Her study focuses on conflict resolution, climate change and disaster risk reduction. She used to work as an individual consultant at National Secretariat of Habitat Indonesia and involved in a research about sustainable cities due to her background in urban planning. Regardless, she chooses to grow as a social scientist as her passions are beyond mapping and physical planning. Sarah likes tramping, traveling, and meeting new people. That's why she is a big fan of AirBnb. So please do not hesitate to contact her at Najemilah@gmail.com to share more about your cross-cutting interests and experiences!