Q&A: Dari Manchester ke Kolombia Hingga Kini di London

0
25
Musim Panas di Kolombia

Artikel kali ini, Indonesia Mengglobal mewawancara Dinan Amiendiartha. Dinan telah menyelesaikan S1 nya di University of Manchester dan telah secara resmi mendapatkan gelar BA International Business, Finance and Economics. Saat ini Dinan sedang menempuh S2 nya di Imperial College Business School di London dengan program Msc Business Analytics.

  1. Perkenalkan diri Anda secara singkat?

Halo, nama saya Dinan Amiendiartha. Saat ini saya sedang menempuh Master’s di Imperial College Business School di program Msc Business Analytics. Sebelumnya saya berkuliah di University of Manchester dengan jurusan International Business, Finance and Economics, dimana saya mendapatkan gelar BA (Bachelor of Arts). Semenjak tahun 2015, jurusan yang saya ambil ini resmi diganti menjadi Bsc, jadi mahasiswa yang lulus dari program ini akan mendapatkan gelar Bsc, bukan lagi BA.

Hobi saya nonton bola, minum kopi, nonton konser, gambar dan traveling.

 

11703163_10205296648509847_3596056222180226759_n

Wisuda di University of Manchester
Wisuda di University of Manchester
  1. Bagaimana awalnya Anda dapat berkuliah di University of Manchester?

Saya berasal dari Surabaya, sebelum saya berkuliah di Manchester saya bersekolah di SMA 5 di Surabaya. Karena sistem atau kurikulum sekolah negeri di Indonesia berbeda dengan Inggris, setelah lulus SMA saya tidak langsung lanjut ke S1, tapi setelah lulus dari SMA 5, saya dibantu oleh agent saya (saat itu saya menggunakan jasa Sun Education) untuk di tempatkan di sebuah foundation di Manchester yang bernama Into Manchester selama satu tahun. Disitu saya belajar matematika, ekonomi dan politik. University of Manchester sendiri mensyaratkan nilai AAB, dan karena hasil nilai foundation saya melebihi requirement tersebut saya dapat diterima di University of Manchester. Foundation dan Bachelor’s saya tempuh dalam waktu empat tahun.

  1. Apa saja yang Anda pelajari saat mengambil jurusan International business, Finance and Economics di University of Manchester?

Di jurusan saya, sama seperti namanya, kami dapat memilih konsentrasi dari International Business, Finance, Economics atau Accounting. Pada jurusan ini, saat tahun kedua saya memilih untuk fokus ke International Business dan Finance.

Pelajaran yang paling saya minati adalah International Business, disini saya dapat kesempatan untuk mempelajari strategi bisnis dalam skala internasional. Saya juga banyak menganalisa perusahaan-perusahaan besar terutama perusahaan di Inggris. Namun yang paling berkesan adalah saat saya mendapat pelajaran Business Intelligence, kebetulan sangat relevant dengan master’s degree yang saya ambil sekarang yaitu Business Analytics. Business Intelligence itu sendiri sangat berkaitan dengan IT dan pengolahan data, jadi saya diajarkan bagaimana mengolah data dan mempergunakan data tersebut sebagai insights untuk keperluan bisnis.

  1. Apa pengalaman yang paling berkesan selama berkuliah di Manchester?

Setelah tahun kedua saya mendapatkan kesempatan untuk exchange dan melakukan social project ke Kolombia melalu program AIESEC. Kebetulan untuk AIESEC di UK menawarkan banyak sekali exchange program bahkan keseluruh dunia. Saat di Kolombia saya melakukan kerja sosial atau volunteer work di dua NGOs yang berbeda. Saya ditugaskan untuk men-transform dan mengurus Social Media dan Marketing mereka. NGO pertama fokus pada animal shelter sedangkan NGO kedua fokus kepada anak-anak yang kurang mampu, jadi mereka berupaya untuk menggalih dan memfasilitasi anak-anak ini untuk menyalurkan bakat yang mereka miliki melalu seni. Pengalaman ini sangat berkesan dan tidak mungkin saya dapatkan apabila saya tidak berkuliah di Manchester.

Musim Panas di Kolombia
Musim Panas di Kolombia

1453335_10203052929578276_2298605492396944986_n

  1. Apa jurusan yang Anda ambil untuk Master’s Anda saat ini?

Setelah lulus dari Manchester dan karena kebetulan nilai saya cukup, saya berminat melanjutkan S2 di Imperial College London. Namun karena course yang mau saya ambil tahun lalu masih sangat baru dan memang baru di established tahun lalu, saya memutuskan untuk pulang dulu ke Indonesia untuk bekerja dan baru tahun ini saya memutuskan untuk melanjutkan Master’s saya. Selain itu karena saya tidak punya latar belakang di computer science maupun coding, saya memang berniat untuk belajar-belajar dulu dan bekerja supaya saat masuk S2 nanti tidak terlalu kaget.

Bulan September ini course saya di fokuskan untuk belajar pelajaran dasar dari course ini, seperti coding.

  1. Apa impian Anda di masa yang akan datang?

Saya ingin menjadi Data Scientist.

Photo credit: Author’s collection

Edited by Deandra Madeena Moerdaning