JURUSAN PGSD GO INTERNATIONAL?

10
245

Dulu saya pernah mendengar beberapa orang berkata bahwa seseorang yang bisa sampai sekolah ke luar negeri adalah mereka yang bersekolah dengan jurusan tertentu seperti hukum, ekonomi, atau kedokteran. Namun, setelah saya menempuh S1, sampailah saya untuk sekolah ke luar negeri melanjutkan S2 saya dengan jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Pandangan Beberapa Orang tentang Jurusan PGSD

Beberapa pandangan orang tentang jurusan PGSD beberapa tahun yang lalu dengan sekarang menurut saya sudah berubah. Saya masih ingat ekspresi beberapa orang yang bertanya kepada saya ketika mereka bertanya tentang jurusan PGSD. Ketika saya masih S1, tahun 2007, beberapa mereka tidak tahu apa itu jurusan PGSD, terutama mereka yang tidak berkecimpung di dunia pendidikan. Ketika saya menjelaskan bahwa jurusan tersebut adalah jurusan yang akan mencetak para calon guru Sekolah Dasar (SD), beberapa orang hanya mengangguk-angguk. Sebagian dari mereka berpendapat bahwa mahasiswa dengan jurusan PGSD pakaiannya terlampau resmi karena suka memakai batik seperti mau datang di acara nikahan. Mereka tidak bisa banyak bergaya seperti mahasiswa dari jurusan seni yang bisa dengan bebas mewarnai rambut mereka, karena mahasiswa PGSD adalah calon guru yang akan memberi suri tauladan kepada peserta didik mereka. Tidak jarang juga saya mendapat respon kalau jurusan PGSD ini ujung-ujungnya hanya akan menjadi guru di sebuah desa kecil dengan gaji yang kecil pula.

Meski saat ini saya sudah sampai di Amerika, beberapa orang juga masih heran dengan jurusan saya. Tepatnya, mereka mempertanyakan kok bisa ya jurusan PGSD ke luar negeri? Emang ada ya jurusan PGSD di luar negeri? Gimana caranya?

Sepemahaman saya, ekspresi mereka menunjukkan bahwa bagaimana caranya jurusan yang dianggap oleh beberapa orang di beberapa tahun lalu sebagai jurusan yang kurang populer, bisa sampai ke luar negeri.

Sepengetahuan saya, belum banyak mahasiswa Indonesia yang melanjutkan sekolah ke luar negeri dengan mengambil jurusan PGSD.

Saya harus melewati beberapa proses untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri dengan jurusan PGSD. Selama proses tersebut saya mengalami beberapa kesulitan karena saya harus menemukan sendiri langkah-langkah yang harus saya lakukan dan informasi yang saya perlukan terkait jurusan ini. Dua proses besar yang saya lewati adalah:

1.1. Mencari program di Amerika dan menyamakan dengan sistem pendidikan di Indonesia.

Saya harus memahami beberapa istilah di Amerika. Misalnya, elementary school di Amerika hanya mulai dari kelas 1 sampai kelas 3. Sedangkan di Indonesia mulai dari kelas 1 sampai 6.

Di universitas dimana saya sekolah, terdapat M.A. dan M.Ed. Perbedaannya adalah M.A. untuk mahasiswa yang tidak mendapatkan teaching license/ ijin mengajar. Sedangkan M.Ed. adalah jurusan bagi mereka yang ingin mendapatkan ijin mengajar di state/ kota tertentu di Amerika. Yang perlu diperhatikan adalah, saya harus membaca dengan teliti deskripsi program yang ditawarkan di universitas tersebut karena gelar yang ditawarkan dan persyaratan yang diminta juga bermacam-macam, misal M.A., M.Ed., dan M.S. Akan lebih baik untuk menghubungi graduate admission-nya jika memiliki pertanyaan karena mereka akan sangat terbuka menjawab setiap pertanyaan kita. Selain itu, saya juga harus menanyakan apakah program early childhood and elementary education di suatu universitas memiliki syarat khusus untuk mahasiswa internasional. Menurut pengalaman saya, ada beberapa universitas yang meminta saya untuk memiliki ijin mengajar di state tertentu. Mereka juga tidak menerima ijin mengajar yang saya peroleh dari universitas di Indonesia.

Kegiatan-kegiatan sebagai mahasiswa jurusan PGSD di Amerika

1.2. Proses pendaftaran beasiswa

Ketika saya melanjutkan jurusan PGSD ke luar negeri, tidak banyak beasiswa yang menawarkan dan bahkan menuliskan secara jelas program PGSD di salah satu bidang yang ditawarkan. Oleh karena itu, saya harus dengan teliti membaca dan menyesuaikan dengan  persyaratan yang diminta. Sampai beberapa tahun belakangan ini, saya mengetahui bahwa ada satu beasiswa yang secara jelas menawarkan beasiswa untuk jurusan elementary education. Saya dulu mendaftar di beberapa beasiswa dan mengkatorikan jurusan saya di bawah education.

Mengambil program PGSD di Amerika

Proses yang saya lalui telah menjawab beberapa pertanyaan orang-orang selama ini. Saya saat ini sedang menempuh jurusan PGSD di luar negeri, Amerika. Jurusan ini tentu saja ada di Amerika dan negara-negara lainnya karena jurusan ini merupakan suatu dasar bagi seluruh manusia untuk membekali mereka ilmu dasar sebelum mereka mempelajari pengetahuan yang lebih kompleks.

Jika saya dulu pernah merasa kurang bangga karena beberapa pandangan orang tentang jurusan PGSD, sekarang saya dengan jelas menyatakan betapa bangganya saya menekuni jurusan ini. Jurusan PGSD bisa menjadi lebih dari seorang guru di desa kecil, sebagaimana pandangan orang selama ini. Asal kita mau tetap terus belajar dan mengembangkan ilmu kita, kita pasti bisa menjadi lebih besar dari apa yang kita kira selama ini. Kita bisa mengembangkan ilmu yang kita peroleh dengan cara berpartisipasi dalam kegiatan kepemimpinan yang kita minati dan tetap memiliki keinginan untuk selalu belajar mencari tambahan pengetahuan. Hendaknya kita juga bisa berbangga diri jika kita terpanggil untuk mengabdi sebagai seorang guru di desa karena guru memiliki peranan penting untuk membangun fondasi suatu bangsa. Dengan kita telah mau belajar dan mengembangkan diri, kita dapat berkontribusi untuk membangun negara Indonesia dengan menyalurkan ilmu yang telah kita pelajari, tentunya dengan menyesuaikan budaya dan nilai-nilai yang ada di Indonesia.

Satu hal yang saya pelajari dengan mengambil jurusan PGSD di luar negeri adalah saya belajar di setiap proses yang saya lewati untuk menjadi seorang dengan pribadi terbuka, yang menginginkan kemajuan bagi dunia pendidikan. Karena salah satu kunci kemajuan suatu bangsa adalah memiliki masyarakat dengan pola berpikir yang mampu menghargai perbedaan. Bukan menjadikan perbedaan sebagai ancaman, namun sebagai suatu upaya untuk menambah wawasan.

Saya sangat berharap akan ada banyak generasi penerus saya, mereka yang belajar di jurusan PGSD, untuk memiliki keinginan belajar lebih dari apa yang mereka bisa lakukan di daerah masing-masing. Bukan karena untuk mencari suatu kata “wah“ karena telah memiliki pengalaman melalang buana ke beberapa tempat, namun dengan kita mau belajar di tempat yang berbeda dan keluar dari comfort zone, kita juga belajar untuk memiliki pikiran terbuka untuk suatu kemajuan dan memahami siapa diri kita. Guru SD hendaknya memiliki wawasan yang luas sehingga mereka dapat memahami apa yang harus ditingkatkan demi kemajuan dunia pendidikan.

Photo credit: Wikipedia.org, koleksi pribadi, dan Dr Tyson.




===========================================
Maretha Dellarosa menempuh S1 di program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Negeri Surabaya dengan predikat lulusan terbaik di tingkat jurusan PGSD dan Fakultas Ilmu Pendidikan. Setelah menempuh S1, Maretha melanjutkan studi di Ohio State University sebagai Master Student dengan spesialisasi Rethinking Early Childhood and Elementary Education (RECEE). Selain aktif berpartisipasi sebagai volunteer untuk membantu siswa kelas 2 membaca dan menulis di salah satu sekolah dasar di Amerika, Maretha juga aktif berpartisipasi di beberapa kegiatan dance fundraiser untuk membantu anak-anak di Indonesia dan Bangladesh memperoleh pendidikan yang lebih baik.
Posts
SHARE
Previous articleReformulasi Arti Kata ‘Patriotisme’
Next articleAsyiknya Kerja Magang di Microsoft Research
Maretha Dellarosa
Maretha Dellarosa menempuh S1 di program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Negeri Surabaya dengan predikat lulusan terbaik di tingkat jurusan PGSD dan Fakultas Ilmu Pendidikan. Setelah menempuh S1, Maretha melanjutkan studi di Ohio State University sebagai Master Student dengan spesialisasi Rethinking Early Childhood and Elementary Education (RECEE). Selain aktif berpartisipasi sebagai volunteer untuk membantu siswa kelas 2 membaca dan menulis di salah satu sekolah dasar di Amerika, Maretha juga aktif berpartisipasi di beberapa kegiatan dance fundraiser untuk membantu anak-anak di Indonesia dan Bangladesh memperoleh pendidikan yang lebih baik.
  • reza bangun

    Kak saya sangat tertarik untuk melanjutkan S2 bidang pendidikan, apakah saya boleh meminta email kakak? Saya ingin berkonsultasi banyak, terima kasih banyak :)

  • Eka Saputri

    Hai kak, saya jg jurusan PGSD dan punya mimpi utk lanjut s2 di luar negeri. saya punya banyak pertanyaan buat kakak. terkhusus mengenai beasiswa disana. Boleh minta emailnya? thx

  • Melda Evriyani

    Hai kak,, boleh minta emailnya enggak,, ada banyak pertanyaan tentang beasiswa PGSD luar negeri ni.. kebetulan saya juga jurusan PGSD dan baru selesai untuk gelar S1 tahun ini..

  • Novarina

    Duh senangnya jurusan pgsd juga bisa kuliah s2 ke luar negeri, kalo boleh, bisa minta alamat emailnya ga? Ingin bertanya beberapa hal

  • gita

    Kak minta emailnya dong untuk sharing

  • Fadli Edelweis Asterales

    pengalaman yang seru nih, menemukan jalan sendiri, terima kasih telah mau berbagi pengalamannya dengan kami, dan kami juga menemukan jalan keluar sendiri dan jika kami menemukan jalan itu dan berhasil pulang kami akan juga berbagi pengalam. semoga tuhan memberkati orang2 yang pemberani

  • meli amelia

    Kak pengalaman ini menginspirasi , meli juga berkeinginan melanjutkan studi sampai go international..
    Semoga dapat tercapai yaa kak..

  • Hanyi Ulfah

    Ka.. Mnt alamat email or line nya donk ka… Mau tanya nih … Saya juga prodi PGSD ka….

  • Nadhifa AZ

    hai kak.. saya juga sedang menempuh S1 pgsd di Unesa. boleh minta kontak wa/line/ig nya kak Maretha Della? saya ingin sekali tanya tanya dan sharing dengan kakak mengenai hal ini kak ^^

  • Arini

    kak dapet beasiswa nya dari lembaga apa?