Berbagi Pengalaman Sekolah Dari SMP Hingga SMA di Islandia

63
166
Hallgrimskirkja

Halo, perkenalkan saya Wandari Desi Rosidayati. Saya ingin berbagi cerita pengalaman saya tinggal di Islandia selama 4 tahun terakhir ini, mulai dari berpindahnya tempat tinggal ke sini dan diharuskan berbicara Bahasa Islandia, kemudian masuk ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada kelas 8 di Islandia. Sudah pasti diawal saya mengalami kesulitan untuk belajar bahasanya, tetapi dari situ juga tekad harus bulat bahwa tidak ada jalan lain. Bersekolah di Islandia terbilang susah karena waktu sampai saya sama sekali tidak mengerti satupun kata-kata dalam bahasa Islandia. Ternyata tidak sesulit apa yang saya bayangkan sebelumnya, ketika belajar bahasa tersebut kita dimulai untuk mengenal alphabet yg berlaku di Islandia dan mengetahui cara melafal alphabetnya dahulu. Saya belajar dengan anak-anak lainnya yang berasal dari luar Islandia. Guru yang mengajar juga sangat sabar sekali untuk mengajari kami dan setelah 6 bulan saya mulai praktis bicara. Pengalaman ini terbilang sangat melelahkan karena harus belajar bahasa yang terbilang banyak berubah pada kata-kata tertentu dan kita harus tahu kunci untuk merubah kata-kata tersebut, tidak seperti Bahasa Indonesia yang terbilang tidak begitu rumit dan mudah dimengerti. Sekolah di sini mempunyai pelajaran IPA dan IPS untuk anak muridnya, tapi kita dibiarkan untuk tidak mempelajarinya dan diberi pelajaran Bahasa Islandia.

Proses belajar Bahasa Islandia di tahun pertama

Selama setahun berjalan saya sangat tidak percaya diri untuk mengucapkan bahasa Islandia dengan orang Islandia kecuali dengan guru saja. Dengan tekad dan percaya diri kita diharuskan berbicara dengan orang Islandia. Setelah saya kelas 9, pelajaran yang saya dapat sama dengan murid Islandia lainnya. Disinilah saya merasakan begitu susahnya materi yang saya pelajari saat itu dan boleh dikatakan saya masih ditingkat level 1 untuk mengerti materi tersebut. Waktu terus berjalan dan setelah saya naik kelas 10, kelas terakhir untuk tingkat SMP, saya tidak berhenti untuk belajar kata-kata bahasa Islandia yang tidak ada habisnya kemudian lama-kelamaan menjadi bosan untuk belajar kata-kata tersebut. Hal terpenting adalah saya sudah bisa berkomunikasi dengan orang lain mamakai Bahasa Islandia.

Lulus SMP di Islandia dimulai dari kelas 8 sampai kelas 10

Setelah 3 tahun berjalan, lulus lah saya dari SMP dan melanjutkan ke jenjang SMA. Membaca buku Bahasa Islandia sangat membantu ketika masa belajar dan menjadi lebih paham akan grammar mereka juga. Tidak kebayang dalam pikiran saya dimana hari kelulusan nama saya dipanggil dan mendapatkan penghargaan 1 dari 5 perempuan terbaik dari 2 kelas itu. Sungguh ajaib sekali ketika berjalan ke atas dan menerima sebuah kamus besar Bahasa Islandia beserta nama lengkap saya. Setelah lulus SMP di Islandia, saya melanjutankan SMA di Islandia. Sistem SMA di Islandia adalah 4 tahun dan harus menggumpulkan 140 poin jika ingin melanjutkan ke jenjang universitas. Sekarang saya ada di tahun ke-dua SMA di Islandia, dimana teman sebaya saya sudah kuliah semester 4 di Indonesia. Pasti ada hati kecil yang sulit untuk menerima keadaan, akan tetapi saya sudah bisa menjalaninya.

Beradaptasi di Islandia?

Untuk beradaptasi di sini terutama dengan cuaca tidak menjadi masalah sama sekali bagi saya. Mungkin ketika musim dingin cuaca menjadi lebih dingin dan lebih beku. Beradaptasi di tahun pertama sangat kaget pastinya dan lama-kelamaan saya menjadi paham akan cuaca yang berubah-ubah. Yang harus disiapkan adalah jaket tebal, sarung tangan, scarf, sepatu boots khusus musim dingin dan apapun yang bisa menghangatan badan ketika berada di luar. Saya tahu banyak orang mengira Islandia selalu dingin bahkan di pikiran mereka Islandia punya beruang salju. Ini salah besar, tidak ada binatang buas sama sekali di sini. Selain itu, orang Islandia sendiri tidak memiliki masalah dengan keberadaan orang asing selama mereka tidak buat masalah dengan dirinya.

Kenapa memilih tinggal di Islandia?

Saya pindah ke Islandia karena mengikuti orang tua yang menikah dengan orang Islandia. 70 Persen orang Indonesia di sini adalah keluarga saya dan hampir seluruh orang Indonesia di sini mengenal satu sama lain. Orang Indonesia di Islandia sebagian besar menikah dengan orang asli Islandia dan ada sekitar 30 orang ibu-ibu di sini. Untuk makanan, ibu saya biasa memasak dan setiap bulan kami mengadakan arisan atau bisa dibilang perkumpulan orang Indonesia di Islandia. Rata-rata orang Indonesia di Islandia bertempat tinggal di ibukota-nya yaitu Reykjavik.

 

Foto dalam artikel ini adalah koleksi pribadi saya.

SHARE
Previous articlePertemanan “Internasional” Ketika Kuliah di Luar Negeri
Next articleBergabunglah di Tim Indonesia Mengglobal
Wandari D. Rosidayati
I've been living in Iceland for 4 years and had moved to Iceland in 2011. I'd family here from my mom's family. Still in high school which name is Menntaskóli í Kópavogi. I decided to contribute in Indonesia Mengglobal it perhaps could give Indonesian people who want study in Iceland. Actually those facts you should know about Indonesian people who'd been living here is 70% of them are my family. I enjoyed how's life through with my family. If there anything you want to know about Iceland or University-related, with my pleasure I'll answer your question. My routine activities are going to school, having a part-time job, meet my friend behind the study school, come in gathering to see my whole family once a month.
  • Mia Almira Amadhea

    Keren ka wandaaaa. Jd pgn sekolah disana jugaaaaa hehe

  • Idin Virgi Sabilah

    Wow aku gemeter bacanya wow wow wow ga kebayang setahun pertama ngga bicara ke orang lain selain guru gilaaaak itu gimana kalo mau komunikasi.

    • hahaha iya emang begitu kalo belajar bahasa harus ada keberanian buat bisa komunikasi:) km punya juga snapchat aku hehe sampe tau history aku :*:*

      • agatha

        Kak, kalo udh bosen sekolag buat buku ttg perjalanan kakak di iceland. Untuk informasi temen temen muda. Thx :))

  • Nadio pangestu

    Subhanallah, Pengeeen kesanaaa, bosan diindonesia -____- kapaan bisa kesana? Ngomong bahasa islandia, tulisan ga ngerti dibaca apa haha teruss bisa main sama salju wkwkw

    • jangan bosan2 di Indonesia.. kita yg diluar aja rasanya mau pulang cepet2 ke Indonesia hehe

  • Kabri wali sultra

    Keren sekali ka Wanda, jadi pengen sekolah di sana menggunakan bahasa islandia, mengikuti arisan yg dihadiri orang indonesia semua,sekali” ajarin dong kk bahasa islandia nya biar tau sedikit” hehe.
    Memori masa muda yg terekam akan menjadi Sebuah kisah di hari tua .
    Ajipp ka semoga makin sukses ka Wanda

  • Nurfitria Azahra

    Aaa seneng bgt bacanya kaya kaka lagi cerita sama aku plus kebawa suasananya :)) i hope one day i can be there apalagi setelah liat mv i’ll show you makin pengen.. How lucky kaka!! And btw, please sign my name and my brother’ sign birthday dong ka. I already email you. Semoga di usahain ya aminn. Anyway, have a great day ka, God bless you always.. Semoga makin bahgia ya hidupnya hihi

  • Tyas Kurnia

    Wow kak wanda aku ga nyangka bakal ada org indo yg bakal tinggal di iceland. Pikiran awalku iceland itu kaya2 antartika salju tebel trus byk penguin berkeliaran!! Haha. Trus jg salut sama sistem sekolahnya yg kaya kuliah gt ya harus 140 poin. Aku jg smpt mikir apa iceland kaya narnia kak? WKWK. Btw aku salut jg kak wanda bs 3 bahasa hoaa 6 bulan itu cpt bgt adaptasinya

    • hahaha iya aku ga kaget lagi kalo ada orang yg mikir Iceland cuma es dan banyak penguin padahal disini ga ada loh

  • Haerani

    Keren bgt ka Wandaaa kereeenn. Jadi pengen ngerasain sma 4 tahun di sana, dingin-dinginan hahaha.. Kapan” ajarin bahasa Iceland dong kak. Semoga ka Wanda selalu sukses dimanapun. Nanti kalo pulang ke Indo meet up ya kak hehe

  • Maliq Joe

    de wanda , kalo di islandia pemerintah setempat atau universitas setempat nya suka nawarin beasiswa kah?

  • Fitri Rachmaa

    Aku bacanya ga bosen krn wanda nulisnya jg dg bahasa yg ringan dan fun, wanda sempet kpikiran ngga bwt ngajarin bahasa indonesia kpd orang2 disana, ngenalin bahasa kita gitu hehe

    • makasih Fitri sudah sempat membaca ceritaku hihi aku biasanya ngajarin Bahasa Indonesia sama temenku yg bener2 mau belajar gitu tapi cuma basic nya aja palingan:)

  • Kania rarasati

    Kerenn banget kak!!! Waktu 6 bulan itu terbilang cepet bgt buat mulai bisa berinteraksi dgn bahasa islandia,salut banget sama kak wanda:)) Sukses terus yah kak

  • Ila Lailatul FE

    keren ya kamu secepet itu beradaptasi dan menjalani study disana
    Kamu ga sirik ngeliat temen temen seangkatan kamu di indonesia udah menjalani kuliah sedangkan kamu msih di SMA ? Heheh oh iya wan ,di iceland itu orang orang nya kaya gimana ?? Coba kalo di kasih polihan mau tinggal ,kamu pilih indonesia/iceland?

    • hehe iya harus begitu kalo mau beradaptasi cepat ILA:) aku agak sebel aja kalo di ledek hihi tapi ga apa deh kan itu wajar buat orang Indonesia. Aku ikut calon suami aja deh hehe

      • agatha

        Bahasa di iceland agak susah ya kak? Semoga cepet selesai ya study nya dgn nilai memuaskan. Bangga jdi orang indonesia disana ya :))

  • Dena Danisha

    Kak Wanda belajar bahasa Islandia mulai dari kapan kak?proses penguasaan bahasanya sulit gak kak?soalnya aku liat kak wanda pinter bahasa inggris juga hehe

  • tiurma santi

    Sumpah deh ini bener” menginspirasi aku buat sekolah diluar negri dan menurut ku detail demi detail nya udah dijelasin sama ka wanda. Makin excited buat sekolah di luar dan pengen coba ke iceland! Emang susah sih dr cerita ini awalnya tp lama kelamaan pasti kebiasaan. Dr belajar bahasa sana dan adaptasi tp yakin deh ka wanda aja bisa masa aku ga bisa hehehe sukses terus buat ka wanda semoga yg dicita citakan tercapai cepet balik ke indonesia ya ka! Love from indonesia

  • Dora

    Udah baca berkali2, tapi tetap tidak bosan membacanya! Walau disana sekolahnya lama, tapi worth dengan hasilnya. ♥ Oh iya, kudengar disana jarang yang menggunakan mobil, ya._. Terus apa memang benar di Iceland itu ada energi alternatif dari uap gunung api (aku lupa namanya apa, tapi pernah nonton di NGchannel

  • Salma Balkis

    dari kecil impian terbesar aku bisa menjelajahi tanah islandia, tapi hanya sebatas impian anak yang masih duduk dibangku sekolah menengah atas. Belakangan, aku mulai cari informasi mengenai islandia, termasuk membaca beberapa artikel pengalaman dari orang indonesia yang berkesempatan berlibur di islandia. di salah satu blog aku ketemu sama seorang cewe yang kebetulan seumuran samaku dan dia tinggal di islandia, wanda namanya. Dan gatau kenapa, wanda kaya ngasih pencerahan lebih buat aku mengenai islandia, kebetulan karna sekarang aku gabung di salah satu grup yang dinaungi sama wanda. dari awal, tanpa wanda jelasin pun gimana strugglenya dia buat beradaptasi dan belajar hal baru, aku udah kagum dan iri sama wanda. Iri karna diumurnya yang masih muda bgt, dia udah bereksperien diberbagai negara. apalagi wkt aku baca artikel ini, aku jadi makin makin kagum sama wanda. Bayangin, belajar bahasa baru secara intensif yang terbilang cukup ribet, wanda bisa ngelwatinnya selama 6bulan. Dan itu menurut aku luar biasa bgt. Anyway, thankyou Wanda, karna udah share pengalamannya selama hidup di islandia^^ semoga sekolah kamu lancar sampai 2 tahun kedepan, dan bisa masuk universitas favorit. Tunggu kedatanganku di islandia ya, ehehe. ^^

  • shinta ira damayanti

    hai wanda, sebenernya ini kali kedua aku baca cerita perjalanan hidup kamu. dan dari situ aku bisa dapet pelajaran, bahwa hidup di dunia ini tuh nggak gampang. tapi, sesulit apapun kalo kita mau berusaha, pasti kita bisa dapetin apa yang kita pengenin, bahkan kita bisa dapet lebih dari ekspektasi kita :D. makasih udah menginspirasi aku, bahkan mungkin banyak orang lainnya. sukses selalu!

  • agatha

    Salut banget sama kak wanda. Masih muda tapi udah bisa menginspirasi banyak orang.sukses terus dan doakan semoga penerus bangsa ini bisa menginspirasi yang lain.

  • Safira Khameswari

    Memang hidup tidak ada yang instan ya. Wanda juga tetap harus berjuang untuk bisa melafalkan bahasa Islandia dengan baik. Pasti itu susah karena alfabet yg beda dari biasanya. Dan bener juga tuh, komunikasi dengan bahasa baru penting sebagai bentuk adaptasi.
    Tulisan Wanda menjadi contoh pastinya buat motivasi agar kita enggan malas sekolah dan terus berusaha. Yang biasanya ngeluh dengan sistem pendidikan di Indonesia, Wanda di Islandia juga bersusah payah ya SMA harus 4 tahun.
    Wisata alam di Islandia jelas keren banget. Makasih Wanda atas penjelasannya. Semoga ketemu suatu saat.

  • republack

    perjuangan banget ya kak tinggal disana, dari belajar bahasa islandia sampe harus sma 4 tahun, semangat yaa kak, salam dari palembang (kota pempek)

  • evilia

    Kak wanda keren bgt perjuangannya. Salutt aku, tetep semangat ya kak 😀

  • amelia nurjanah

    Aku seneng deh baca tulisan kamu gak bikin bosen dan yg paling aku suka tulisan kamu ini menginspirasi aku supaya bisa kuliah diluar negeri hehe.Jadi makin semangat belajar biar bisa kuliah di iceland

  • azaffa

    wahhh ternyata emang segala sesuatu nya harus di penuhi tekat yang kuat ya ka , jadi pengen deh sekolah di sana , sukses terus ya ka wanda…

  • Lois Novita Putri

    aku interest banget sama orang yg tinggal diluar negeri.. apalagi yg ada salju2nya gitu.. impian banget bisa tinggal disana.. :’D baru beradaptasi diislandia tapi pas kelulusan smp langsung dapet penghargaan siswi terbaik ya kak.. bangga banget deh!! sukses kak :) seneng deh bisa kenal kk walaupun hanya di ask fm tapi banyak berbagi pengalaman ☺️

  • Cantika Indah Faradasya

    Keren ya , enak banget ka di islandia 70% orang indonesia itu saudaranya ka wanda , ko bisa sih ka hampir 70% itu saudara ka wanda semua , tapi jujur ya keren ka kehidupannya kaka :) Semangat ya ka sekolahnya :)

  • Miguel

    Wandari kereeen, tinggal di negara yang bukan asal asli emang susah. Dari belajar bahasa, adaptasi lingkungan, budaya, dll lah. Tetep semangat yaa dan bisa memotivasi temen-temen yg lain.

  • Arti Rizki F.R.

    Aku salut sama kamu,wanda. Cepet beradaptasinya,apalagi dengan bahasa,itu menurutku sangat sulit.Luar biasa,proud of you,semoga kamu cepet lulus sma,dan lanjut buat kuliah diaana,ga sabar baca pengalaman pendidikanmu selanjutnya disana.sukses ya,wanda!☺️☺️

  • Diva Azzahra

    Salut banget sama kak Wanda, terharu baca nya. Kakak jadi motivasi aku banget biar belajar lebih giat dan bisa belajar di luar negeri. Semangat terus ya kak tetap memotivasi juga, sukses sekolah nya dan sukses juga masa depannya ya. Semoga aku juga bisa ke Iceland, semagat terus ya kak

  • Stephanie Gabriella

    Keren banget wan! Ga kebayang sulitnya belajar bahasa islandia

  • Mutiara Noor

    wow, keren kak. bisa lumayan cepat beradaptasi bahasa dan lingkungan. kalo boleh tau gimana sistem belajar disana? sharing dong kak. terus selama disana apasi yang ngebedain indonesia dengan islandia? hehehe. btw, proud of you, semangat sekolahnya jgn ngedown karna temen temen nya udah pada semster 4 disini wkwk. semoga bisa memotivasi orang banyak kak:)

  • Cahya Threesnaningtyas

    Sistem SMA di Iceland, harus mengumpulkan 140 poin utk lanjut ke universitas. darimana poin-poin ini bisa didapat? kalau tidak mendapat 140, harus mengulang mulai dari tahun pertama SMA kah?
    P.S : artikel yg menarik, menambah wawasan

  • Agganema Dasya

    Waww parahhh, kakak hebat banget bisa cepeett beradaptasi di sana. Ahh akuu kagum banget sama kakakk, aku aja nguasain bahasa inggris ajaa susah bangett kakk huuuu, ttp semangaatt kakkk yeayy mwaahh

  • azizah rahma

    waaaa kaka jadi wanita terbaik:)))) dari indonesia:) kaka pinter banget cepet adaptasinyaaaaaa

  • Ayu Shifa

    Banyak banget yg pengen sekolah ke luar negeri kaya wanda but somehow mereka juga ngga memperhatikan bahwa banyak juga susahnya belajar diluar negeri. Dan banyak juga yg ga berhasil “survive” disana. Tapi saya salut banget sama wanda yang dengan jerih payah berusaha bertahan di Iceland. Meskipun jalannya nggak mulus tapi kamu tetep berjuang

  • azizah rahma

    ka ibu kk orang indo/islandia?hehe
    kasih masakan indo ke orang islandia ka, biar mereka tau makanan indo

  • Fitri Rachmaa

    Semangat terus wanda,dgn perjuangan km smg kelak kalau misal wanda memutuskan kembali ke Indonesia bisa ikut membangun Indonesia agar bsa lebih baik lagi sadaaap hehe, pokoknya smg kelak mau dimanapun yg penting bisa bermanfaat untuk sekitar km, keep it up

  • Frecilia Rurii

    Kagum sama Wanda!! Sangat inspiratif. Banyak orang Indonesia (termasuk saya) yang tidak tahu tentang Iceland dan menganggap tinggal disana adalah hal yang enak/asyik. Tapi setelah baca cerita Wanda, banyak orang (setidaknya) jadi lebih tahu bagaimana Iceland sebenarnya. Memang setiap negara punya sisi positif dan negatifnya masing-masing. Dan terima kasih untuk Wanda yang tidak pernah capek memberikan informasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang bagaimana kehidupan di Iceland. Semoga Wanda selalu menginspirasi teman-teman di Indonesia. Salam hangat dari Indonesia :)

  • Hanin Anaka

    Living in un-english country must be more challenging and u are so adorable because can beat icelandic for about 2 years. Cant wait to hear more of ur stories from iceland wanda!!! U did well

  • Kin

    Thanks wanda atas ceritanya. Kita jadi dapat banyak info baru soal Iceland. Dan juga pembelajaran, gimana kenyataan hidup di sana itu, ga melulu seindah yg dibayangkan. Semangat terus ya nulis blognya!
    Semoga selalu rindu Indonesia. Hehe

    Semoga suatu hari aku bisa ke sana!
    Nggak mustahil kan ya? :”) #malahbaper

  • Michelle ariesta

    Kakak grateful banget orangnya, salut sih kakak ga ngeluh2 selama disana tp bisa nikmatin apa yang kakak dapet sekarang. Sukses terus dan semangat buat pendidikan/kerjaan disana kak! Salam buat mama kak juga:)

  • Ellvina Reksi

    Saya selalu berpikir bahwa Islandia tidak sepenuh nya hidup maksud nya seperti nya negara itu jauh sekali tentu saya tahu bahwa bahasa nya sulit(atau yang seperti yang selalu saya baca ;D) tapi salut dengan tekad kak wanda. Kak wanda berhasil beradaptasi tentunya itu butuh usaha yang keras! Kak wanda hebat!

  • Dinda

    selalu terharu setiap baca atau dengar pengalaman orang yang tinggal diluar negeri. Mulai dari negara tetangga yang terdekat sampai Iclandia kaya kamu gini. Apalagi kalau negaranya yang punya bahasa sendiri, mau komunikasi juga rasanya sulit sekali. Tapi saya kagum sama kamu yang ga patah semangat buat belajar sampai sekarang sepertinya sudah merasa nyaman tinggal disana:p Semoga kamu dan keluarga selalu bahagia!;) ditunggu di Indonesia 2017!m/

  • Tiara Oksari

    Habis baca ini aku tertarik untuk mengikuti jejak kak wanda.pengennya lulus sma bisa masuk universitas di luar negeri, makanya dari sekarang orang tuaaku mensupport aku untuk selalu belajar bahasa inggris dan ikut les gitu. tapi sekarang aku sudah males ikut les karna bikin pusing. Sedangkan ka Wanda belajarnya sendiri, salut bangettt. Waktu liat vr ka wanda ngomong make bahasa islandia aduhhh cuma bisa senyum – senyum doang pengen juga bisa kuasain bahasa asingg:( . Doain ya kakk, semoga aku bisa mengikuti jejak kakak dan rajin rajin bagiin pengalamannya ya kak biar bisa memotivasi orang banyak. Semoga kedepannya ka wanda jadi orang yang sukses dan selamat atas penghargaan yang membanggakan sekali kakakk cantikk

  • Dilla

    wahh kak ceritanya keren bangett❤ jadi pengen tinggal disana hahhaaha❤

  • SPE

    Kak wanda dari pertama aku kenal di askfm udah baik trus bisa sekolah di iceland :)) beruntung bgt… semangat trus kak wanda

  • SPE

    Kak wanda♥♥♥
    Apasih yang paling beda dari pendidikan indonesia dan islandia?

  • Celina Sonia

    Artikel yang menarik. jadi kita tau cara2 buat sekolah disana. berguna bgtttttt makasih kak wandaaaa<#

  • yoga ardiansyah

    wow hebat sekali ya kak, ada lagi pengalan seru ga kak selama tinggal disana?atau apa hal yg kakak dpt disana tp ga dpt di indonesia?

  • Tengku Fitrini Nurrachmah

    Salut banget sama kamu, kamu bikin orang orang terinspirasi buat terus berusaha apa pun yang terjadi karna usaha yg dilakukan itu ga akan sia sia. seneng bisa kenal kamu walaupun hanya lewat ask.fm/blog, karna cerita cerita kamu menarik. Jadi kepingin juga tinggal disana walaupun terbayangnya pun susah tapi harus bisa berusaha kaya kamu. semoga bahagia terus disana ya jangan lupa sama Indonesia. semangat buat sekolahnya ya. Salam dari Indonesia Wanda

  • diandra savira

    Yaampun sumpah sumpah ku jd pengen tinggal di Islandia karna sistem pendidikannya yg unik seperti yg telah kaka Wanda ceritakan

  • Nisa Puspita

    Woa kak Wanda membuka pandangan orang lain mengenai negara iceland dan cerita mengenai kehidupan kakak cukup membuat orang-orang terinspirasi agar tidak pantang menyerah bisa dilihat kakak berusaha belajar bahasa islandia. Semangat terus ya kak Wanda