Bagaimana Sekolah dengan Biaya Lebih Murah di Kanada

2
255

Dalam artikel ini, saya akan membagi pengalaman saya tentang sekolah (Universitas) di Kanada khususnya dalam hal keuanganMengapa Kanada? Kanada adalah salah satu negara maju dengan sistem pendidikan yang sangat berkualitas dengan harga yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan Amerika Serikat atau Inggris, misalnya. Kanada juga merupakan salah satu negara maju dengan sistem imigrasi yang terbuka sehingga kesempatan untuk tinggal di Kanada setelah menyelesaikan sekolah cukup terbuka. Hal-hal ini menjadi pertimbangan saya dalam memilih pendidikan saya.

Sewaktu saya sekolah di Kanada, ada tiga hal utama yang menurut saya sangat membantu situasi keuangan saya sehingga saya dapat selesai kuliah tanpa menghabiskan uang yang sangat banyak.

  1. Dapatkan Permanet Residence (PR) Kanada.
    Saya sangat beruntung, orang tua saya qualified untuk mendapatkan PR Kanada. Sebagai bagian dari keluarga, saya otomatis mendapatkan PR juga. Harga sekolah untuk PR jauh lebih murah daripada International Student. Sebagai perbandingan, di University of British Columbia (http://students.ubc.ca/enrolment/finances/tuition/undergraduate-tuition-fees), harga PR kurang dari 1/3 harga International Student. 1 Kredit untuk PR adalah CAD $163 sedangkan untuk International Student adalah CAD $799. Untuk calon mahasiswa yang berencana sekolah di Kanada, ada baiknya berbicara dengan orang tua untuk mengetahui apakah orang tua bisa mendapatkan PR. Untuk mendapatkan PR, ada beberapa kriteria seperti pendidikan, pengalaman kerja, umur, dll. Informasi lebih lengkapnya ada disini: http://www.cic.gc.ca/english/information/pr-card/. Harap diketahui, sekarang ini setahu saya proses untuk mendapatkan PR Kanada bisa mencapai lebih dari empat tahun. Jadi hal ini membutuhkan perencanaan yang sangat matang.
  2. Masuk College sebelum University
    Pada umumnya, biaya di College lebih murah dibanding biaya di University. Mengapa? Karena College biasanya less prestigious dan fasilitasnya tidak selengkap University. Contohnya di College tidak ada gym, stadium, dan programnya tidak selengkap di University. Biasanya College tidak menawarkan program S1 (mungkin ada tapi hanya terbatas untuk jurusan Bisnis). Namun, biasanya untuk kelas-kelas di tahun pertama (atau kedua), seperti Calculus, Chemistry, English, dll. tersedia di College dan kelas-kelas tersebut dapat di transfer ke University. Jadi umumnya, mahasiswa Indonesia menghabiskan tahun pertama dan kedua di college kemudian tahun ketiga dan keempat di University. Sebagai perbandingan, harga per kredit di Langara College adalah CAD $100 untuk PR dan CAD $565 untuk International Student (http://www.langara.bc.ca/registration-and-records/tuition-and-service-fees/domestic-student-fees.html). *Harga per kredit di University ada di point #1
  3. Ambil program co-op (magang).
    Di Kanada, ada program yang disebut co-op. Kurang lebih di Indonesia sama dengan magang. Namun biasanya mahasiswa magang mendapat stipend yang cukup layak, terutama untuk jurusan Engineering /Computer Science. Saya ingat saya dibayar sekitar $3000 per bulan ketika ikut program paid internship dan ini sangat membantu biaya kuliah saya. Selain menghasilkan uang, mahasiswa juga mendapatkan pengalaman kerja yang sangat berharga. Biasanya perusahaan-perusahaan sangat menghargai pengalaman kerja dan applicant yang memiliki pengalaman kerja lebih diutamakan. Hanya saja dengan program co-op ini, masa studi menjadi 1-2 tahun lebih lama dari biasanya. Namun saya kira itu adalah trade-off yang sangat menguntungkan.
Selain dari tiga hal diatas, masih ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu masalah finansial, seperti kerja part-time, daftar beasiswa atau grant, atau kalau anda PR, anda juga bisa mendapatkan Student Loan dari Government. Sekian artikel dari saya, semoga membantu para pembaca.



===========================================
Alex Napitupulu studied in Simon Fraser University, Canada for his bachelor degree in Computing Science. He works at a Financial Service company in New York as a Software Engineer.
Posts | Website | Quora | LinkedIn