Ringkasan: Seminar Indonesia Mengglobal, Agustus 2014

Ringkasan: Seminar Indonesia Mengglobal, Agustus 2014

Bulan Agustus yang lalu tim Indonesia Mengglobal menyelenggarakan rangkaian acara #IMSeminar yang bertempat di @america Pacific Place Mall, Jakarta. Berbeda dengan #IMSeminar tahun lalu, kali ini ada dua seminar terpisah; Seminar “Pursuing Graduate Study in the US” tanggal 16 Agustus dan Seminar “Pursuing Undergraduate Study in the US” tanggal 30 Agustus. Keduanya gratis dan terbuka untuk umum. Sebagai bagian dari #IMSeminar, Indonesia Mengglobal juga membagikan buku GMAT, GRE, TOEFL dan SAT gratis lewat undian dan kepada para peserta seminar yang berpartisipasi dalam sesi tanya jawab.

Seminar “Pursuing Graduate Study in the US” 16 Agustus 2014

Pembicara & tim Indonesia Mengglobal dalam seminar “Pursuing Graduate Study in the US”. Dari kiri ke kanan: Monica Simarmata, Nadia Hartono, Natasha Ardiani, Christina Juwita, Ricky Tjok, Melinda Wiria, Rizko Djong, Stevia Angesty, Togi Pangaribuan, Johannes Ardiant, Donny Eryastha, dan Ray Pulungan.

Seminar ini dibuka dengan kata sambutan oleh Mrs. Sofia Blake sebagai istri dari Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia. Mrs. Blake menceritakan pengalaman pribadi beliau sebagai mahasiswa internasional di AS dan manfaat–manfaat menempuh pendidikan di AS yang Ia rasakan.

Setelah itu, acara seminar berlanjut dengan keynote speech yang sangat inspiratif oleh Bapak Haryanto T. Budiman yang saat ini menjabat sebagai Country Head & Managing Director of JP Morgan Indonesia. Beliau memegang PhD di bidang Aeronautics & Astronautics dari MIT. Pak Haryanto berbagi pengalaman seputar sekolah di AS dan juga pengalaman beliau berganti haluan karir dari bidang teknik ke bidang perbankan.

Kemudian ada Essay Clinic dari tim Indonesia Mengglobal yang diwakili oleh Donny Eryastha. Pada sesi ini Donny mengajak peserta untuk membandingkan 3 buah esai dan membahas keunggulan serta kekurangan tiap – tiap esai.

Setelah waktu istirahat sejenak, seminar dilanjutkan dengan sesi informasi seputar beasiswa LPDP dan Fullbright yang diikuti dengan antusias oleh para peserta seminar.

Salah satu dari 40 peserta seminar yang memenangkan buku GRE/GMAT yang diberikan oleh kedutaan besar AS untuk Indonesia

Akhirnya, seminar ditutup dengan diskusi panel dengan topik “What it Takes to Apply to Graduate School in the US” dengan Johannes Ardiant (Master in Public Policy dari Harvard Kennedy School), Ray Pulungan (MBA dari Stanford Graduate School of Business), Togi Pangaribuan (LLM dari Harvard Law School), dan Rizko Djong (Master in Real Estate Development dari Columbia University dan Bachelors in Computer Science dari UT Austin) dan moderator Melinda Wiria (Master in Management Science & Engineering dari Stanford University). Diskusi berjalan sangat seru dan interaktif, dimana para panelis tak hanya menceritakan pengalaman mereka tetapi juga menjawab pertanyaan–pertanyaan seputar sekolah di AS dari para peserta seminar.

—–

Kamu dapat menonton video seminar ini melalui channel youtube Indonesia Mengglobal di http://www.youtube.com/watch?v=zosEk4kfKCM (bagian pertama) dan http://www.youtube.com/watch?v=-qRfpjD4vIk (bagian kedua).

 

Seminar “Pursuing Undergraduate Study in the US” 30 Agustus 2014

Pembicara & tim Indonesia Mengglobal dalam seminar “Pursuing Undergraduate Study in the US”. Dari kiri ke kanan: Rossa Dani, Mrs. Sofia Blake, Christina Juwita, Wina Tjen, Tiffany Robyn Soetikno, Leonard Hartono, dan William Eka.

Sebagaimana sesi pascasarjana, seminar ini kembali dibuka oleh istri Duta Besar AS untuk Indonesia, Mrs. Sofia Blake. Mrs. Blake memaparkan berbagai hal, dari memberikan tips dalam mencari informasi hingga menceritakan pengalaman pribadinya sebagai pelajar asal Bulgaria yang mendaftar di community college AS dan melakukan transfer ke Brown University untuk menyelesaikan pendidikan sarjananya. Pada akhir sambutan pembukaannya, Mrs. Blake mengajak peserta untuk mengikuti mentorship program binaan the United States Department of State yang berusaha membimbing pemuda/i Indonesia dalam proses aplikasi kuliah sarjana dan pascasarjana di perguruan tinggi AS.

Tema diskusi pertama mengenai ‘Why Study in the US’ dibawakan oleh Hadi Wenas (Master in Computer Science dari Stanford University). Pengalaman belajar di AS membawa Hadi memberikan lima alasan penting untuk belajar, yaitu: 1) sistem edukasi yang terfokus pada penerapan dan keterlibatan (applicability and engagement), 2) berpikir sebagai warga dunia (global citizen), 3) memperoleh ‘status’ lebih tinggi dan kesempatan bekerja lebih baik, 4) kepercayaan diri mengemukakan pendapat yang berbeda dari yang lainnya, kapanpun dan dimanapun, dan 5) menghargai keluarga dan Indonesia dengan lebih baik.

Diskusi kedua membawa fokus peserta kepada persoalan tes-tes prasyarat dalam sistem aplikasi perguruan tinggi AS, yaitu SAT dan TOEFL. Sesi ini dibawakan oleh Staf Pengajar Kapplan dengan menarik. Para peserta diajak mengerjakan sejumlah soal bersama dan mendapatkan tips bagaimana mempersiapkan diri untuk tes-tes tersebut.

Diskusi ketiga dibawakan oleh William (Bachelor of Finance and Economics dari Babson College) sebagai moderator serta Leon, Robyn dan Wina sebagai pembicara. Leon menceritakan perjuangannya mengambil community college di Diablo Valley dan melakukan transfer ke University of California at Berkeley. Sebagai sarjana Global Health and Theater lulusan Sarah Lawrence College, Robyn menekankan bagaimana liberal arts menarik untuk dipelajari. Sementara Wina menceritakan pengalaman transisi masa SMA dengan kuliahnya, tips mendanai kuliah dan bersekolah di University of Illinois-Urbana Champaign bidang Chemical Engineering.

Sebagai penutup seminar, EducationUSA memberikan tips mencari beasiswa, mencari sekolah dan mendapat informasi mengenai pendidikan tinggi di AS. EducationUSA siap memberikan konsultasi kepada para calon pelajar Indonesia mengenai serba serbi pendidikan AS.

Pada akhirnya, Indonesia Mengglobal mengucapkan terima kasih kepada seluruh #temanIM yang hadir langsung maupun memiliki antusiasme tinggi untuk mengikuti kedua seminar ini secara online. Semoga bermanfaat dan ajak orang tua, anak, saudara, rekan dan temanmu lagi ya!

Bagi teman-teman yang berhalangan hadir dan berada di luar Jakarta, kamu bisa menonton video seminar ini secara penuh di http://www.atamerica.or.id/video/detail/1058/Indonesia-Mengglobal-Pursuing-Undergraduate-Studying-in-the-U.S.-Session-1 (bagian pertama) dan http://www.atamerica.or.id/video/detail/1059/Indonesia-Mengglobal-Pursuing-Undergraduate-Studying-in-the-U.S.-Session-2 (bagian kedua)

Sebagai pelengkap sesudah menonton video, jika kamu bingung menimbang antara community college dan 4-year university, kamu bisa baca artikel Indonesia Mengglobal di sini http://indonesiamengglobal.com/2014/03/choices-community-college-or-university/

Jika kamu mau melihat foto-foto dokumentasi seminar ini, dapat dilihat di sini https://www.facebook.com/media/set/?set=a.966006686758072.1073742585.167171199974962&type=1




===========================================
Indonesia Mengglobal consists of a group of Indonesian students/alumni who are excited to share our study-abroad experiences. We hold a high regard for the value of our education and believe that a high-quality global education should be easily accessible to everyone in Indonesia.
Posts | Website | Facebook | Twitter