Indonesian Diaspora National Convention and Indo Fest USA | New Orleans | August 1-3, 2014

0
2826

Setelah Congress of Indonesian Diaspora (CID) 1 di Los Angeles tahun 2012 dan dilanjutkan dengan CID 2 di Jakarta tahun 2013, Diaspora Indonesia kembali melakukan gebrakannya.

Pada tanggal 1-3 Agustus 2014, Indonesian Diaspora Network (IDN) Louisiana dan Indo Fest USA bekerja sama dengan IDN USA dan 14 IDN Chapters lainnya akan menyelenggarakan Indonesian Diaspora National Convention and Indo Fest USA bertempat di New Orleans, Louisiana. Acara ini bertujuan untuk memfasilitasi networking antara sesama diaspora Indonesia dan juga dengan friends of Indonesia se-Amerika Serikat.

National Convention ini menghadirkan tokoh-tokoh penting seperti: Mahendra Siregar (Ketua BKPM), Dino Patti Djalal (Wamenlu dan Diaspora Initiator), Robert Blake (Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia), Budi Bowoleksono (Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat). Ted Fishman (Jurnalis dan Author of Best Selling Book China Inc.), Paul Murphy (Freeport McMoRan), Sri Lohia (Indorama) dan lain-lain. Panitia acara juga sedang mematangkan rencana detail dengan BKPM yang berkesempatan menjadi sebuah peluang investasi berskala besar. Selain itu, akan hadir 15 perusahaan pengekspor makanan dan minuman yang dikoordinir oleh Kementerian Perdagangan untuk mencari agen/distributor produk di setiap daerah di AS. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang diharapkan bisa dimanfaatkan oleh komunitas diaspora di Amerika.

Acara ini juga diharapkan untuk mempromosikan pertukaran budaya melalui Indo Fest USA dengan memperkenalkan kuliner ikonik Indonesia, Gala Dinner, Batik Fashion Show, tarian tradisional Indonesia, Gamelan Bali oleh seniman Amerika (maRia Bodmann, dkk), pertunjukan angklung oleh House of Angklung yang mengambil bagian dalam pemecahan the Guinness World of Record untuk Ensemble of Angklung players, dan pertunjukan-pertunjukan dari penyanyi Indonesia, yaitu Katon Bagaskara, Atiek CB, Rey Wowor, Anto Juwono & Diar, Shakila Mieske, Evi Puspitasari, dan Maya Rumantir.

Topik-topik ‘breakout sessions’ yang akan diangkat sangat bervariasi, mulai dari masalah keimigrasian (visa khusus dan kewarganegaraan ganda), bisnis (menjadi agen pemasaran untuk produk Indonesia di AS, tips sukses membangun usaha kecil dan restoran, berinvestasi di Indonesia dan AS, peluang pasar digital di Indonesia), budaya (melestarikan warisan kultural), kewirausahaan (innovation and entrepreneurship greenhouse), advokasi hak-hak sipil, pelestarian hutan tropis, dan pendidikan (peran akademisi diaspora Indonesia, membantu mahasiswa diaspora berpenghasilan rendah). Topik sosial, kepemimpinan, dan hubungan keorganisasian juga akan dibahas. Selengkapnya, mengenai judul, panelis, moderator, dan abstrak masing-masing diskusi di Concurrent Sessions bisa dilihat di link ini:

Concurrent Sessions

Link ke Youtube video mengenai kegiatan ini bisa diakses melalui: http://youtu.be/k7qCsUxuI24

Indonesia Mengglobal sendiri, diwakili oleh Yunetta Anggiamurni, akan memberikan presentasi di breakout session kami yang berjudul “Free online resources to help Diaspora students in the US and students from Indonesia to succeed”.

Di samping itu, akan diselenggarakan pemilihan Miss Diaspora Teen USA dan Ratu Kebaya Diaspora USA.

Kami mengajak para pembaca Indonesia Mengglobal yang bisa meluangkan waktunya untuk berpartisipasi dalam acara nasional ini. Berikut adalah tanggal dan tempat acara:

Tanggal: 1-3 Agustus 2014
Tempat: Sheraton New Orleans Hotel, 500 Canal Street, New Orleans, LA 70130, USA. Hotel Sheraton ini terletak di jantung kota New Orleans beberapa blok dari French Quarter tempat hiburan yang unik khas New Orleans dan salah satu tujuan wisata yang ternama di dunia.

Informasi mengenai registrasi dan rincian acara bisa dilihat di situs Indonesian Diaspora National Convention and Indo Fest USA: http://diasporanationalconvention-indofestusa.com/


BAGIKAN
Berita sebelumyaMimpi, Sekolah, dan Jendela Dunia: Bagian 1
Berita berikutnyaMimpi yang Jadi Kenyataan
Herry Utomo is the F. Avalon Daggett Endowed Professor at Louisiana State University (LSU). He is native of Malang (East Java) and earned his Ph.D. degree from LSU. His formal expertise is in Plant Biotechnology, Molecular Genetics, and Breeding. He has published more than 120 scientific publications in various journals. He has received more than $5 million from competitive granting agencies to carry out his scientific research. He and his research team have won the Tipton Team Award for the best research team. Beside conducting research and giving lectures, Herry actively engages in social and cultural activities to promote cultural understanding and friendship between Indonesia and United States. He wrote a number of social issues in newspapers and popular publications. For further contact: utomoherry@aol.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here