Presentasi Indonesia Mengglobal dalam Fiscal Career Days FISIP UI

0
32

Pada hari Sabtu tanggal 19 Oktober 2013 yang lalu tim Indonesia Mengglobal mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara Workshop: Study Abroad Preparation “Path your career to lead your future”. Acara ini diadakan di Aula AJS FISIP UI dan merupakan bagian dari rangkaian acara “Fiscal Career Days” yang diselenggarakan oleh organisasi KOSTAF dari Program Studi Administrasi Fiskal, Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI.

Foto diambil dari suaramahasiswa.com

Tim Indonesia Mengglobal diwakili oleh Christina Juwita dan Togi Pangaribuan. Christina, lulusan FISIP UI dan Bournemouth University, mendapatkan giliran pertama dalam berbicara.  Ia membawakan topik seputar persiapan sekolah di luar negeri, terutama di Inggris Raya. Kepada para peserta, Christina berbagi pengalaman pribadinya memilih sekolah di Inggris, mulai dari menjadikan Inggris sebagai negara tujuan studi dan juga memilih universitas yang tepat sesuai minat dan tujuan. Ia juga memberikan beberapa tips untuk menulis esai atau motivation letter yang merupakan salah satu syarat yang umum dalam proses aplikasi sekolah ke luar negeri. Menurutnya, esai atau motivation letter yang baik haruslah jujur, mampu menggambarkan keunikan dan prestasi kita dengan baik, serta disesuaikan dengan karakter sekolah yang dituju. Sebagai tambahan, Christina juga memberikan saran dalam hal mendapatkan surat rekomendasi. Menurut Christina, pastikan kamu mendapatkan surat rekomendasi dari pihak yang benar-benar mengenai dirimu, sehingga dapat memberikan rekomendasi yang detail dan menyeluruh!

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sesi presentasi dari Togi Pangaribuan. Togi adalah lulusan FH UI dan Harvard Law School, yang saat ini aktif sebagai staf pengajar di FH UI dan juga di sebuah firma hukum di Jakarta. Togi memulai presentasi nya dengan berbicara soal seluk-beluk penulisan international paper. Sebagai Managing Editor dari Indonesia Law Review, Togi menjelaskan apa itu international paper, dan bagaimana cara menulis international paper yang baik agar dapat dipublikasi. Setelah itu, Togi melanjutkan presentasi nya dengan berbicara soal pengalamannya bersekolah di Harvard Law School, mulai dari proses pemilihan sekolah, hingga kehidupan saat bersekolah disana. Menurut Togi, penting untuk melakukan riset mendalam ketika akan memilih sekolah, dan jangan hanya terpaku pada nama besar sebuah sekolah, karena jurusan yang kamu minati belum tentu merupakan jurusan unggulan pada sekolah tersebut.

Setelah presentasi Christina dan Togi, acara ditutup dengan sesi tanya jawab dan juga penyerahan plakat dari panitia kepada kedua pembicara. Terima kasih kepada panitia Fiscal Career Days dan seluruh peserta yang hadir!

Jika organisasi anda berminat mengundang pembicara dari Indonesia Mengglobal, silakan isi formulir ini.

Berikut adalah materi presentasi Christina dari acara tersebut.