Presentasi Indonesia Mengglobal di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Presentasi Indonesia Mengglobal di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Senang sekali rasanya bisa kembali mengunjungi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia! Hari Jumat, 23 November 2012 lalu, Saya berkesempatan mewakili Indonesia Mengglobal memberikan presentasi mengenai tips aplikasi sekolah dan beasiswa di kampus almamater Saya dalam acara Scholarship and Education Expo 2012 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa FEUI.

Bicara di depan hadirin sekitar 50 orang, Saya berbagi panggung dengan Pak Priyono Tjiptoherijanto, dosen FEUI, yang bercerita tentang pengalaman pribadi beliau menempuh pendidikan S2 dan S3 di luar negeri. Saya sendiri berbagi pendapat Saya mengapa pendidikan pasca sarjana di luar negeri itu penting, dan bagaimana kedudukan pendidikan pasca sarjana di antara berbagai pilihan yang ada di hadapan lulusan S1.

Mahasiswa yang hadir terlihat cukup antusias untuk mengetahui lebih banyak tentang aplikasi pendidikan pascasarjana di luar negeri. Banyak oertanyaan yang diajukan, bahkan sampai setelah acara berakhir.

Sebagai mahasiswa FEUI, enam tahun yang lalu, Saya sendiri cukup merasa kesulitan memperoleh informasi tentang pilihan-pilihan program pasca sarjana yang baik, termasuk strategi aplikasi sekolah dan beasiswa. Informasi ini memang tidak disediakan secara formal di kampus. Yang lebih penting lagi, Saya merasa kurang memiliki ‘model’ alumni FEUI, terutama orang-orang seumuran Saya dan yang memiliki latar belakang yang serupa dengan Saya, yang sukses diterima di universitas-universitas terbaik di dunia. Karena itulah, sekarang Saya merasakan perlunya membagi informasi yang Saya miliki kepada teman-teman mahasiswa. Semoga presentasi yang lalu dapat memberikan informasi serta inspirasi bahwa sangat mungkin untuk melanjutkan pendidikan di institusi-institusi terbaik di dunia.

Indonesia Mengglobal saat ini memiliki jaringan sekitar 40 orang mahasiswa dan alumni perguruan tinggi terbaik dunia. Kami bertujuan membagi pengetahuan tentang tips aplikasi sekolah, beasiswa dan bekerja di luar negeri kepada sebanyak mungkin generasi muda Indonesia secara gratis. Kami telah membagi pengalaman kami melalui lebih dari 80 artikel di website Indonesia Mengglobal. Sebelumnya Indonesia Mengglobal juga telah menyelenggarakan dua kali acara info session di Jakarta yang dihadiri lebih dari 700 orang.

Bila institusi Anda juga tertarik untuk mengundang Indonesia Mengglobal berbagi info tentang pengalaman kuliah di luar negeri, silakan hubungi kami.

Berikut Saya tampilkan materi presentasi Indonesia Mengglobal di kampus FEUI.

 

Photo credit: Nerevarine on Panoramio




===========================================
Donny Eryastha is a graduate of the Master of Public Administration in International Development program at the Kennedy School of Government, Harvard University. He currently works as the Advisor to the Minister at the Indonesia Investment Coordinating Board. Previously he has worked in both ends of the financial industry: as an investment banker and as a microfinance analyst. He has also worked pro-bono proliferating parliamentary debating among Indonesian youth under a local NGO and the Ministry of National Education. He received his undergraduate degree in finance from the University of Indonesia, where he was awarded the National Best Student award by the Ministry of National Education in 2005.
Posts | Facebook | Twitter | LinkedIn