GED: General Education Development

2
868

Bagi para siswa high-school di Amerika, General Education Development atau yang lebih akrab dipanggil GED merupakan ujian nasional yang diadakan oleh the GED Testing Service of the American Council on Education. Kebanyakan orang yang mengambil ujian ini adalah mereka dari berbagai kalangan yang mau mendapatkan sertifikat high school. Namun, kita pasti bertanya-tanya, apa sih perbedaan GED dengan sertifikat high school biasa? Banyak orang mengikuti ujian ini untuk mendapat pekerjaan maupun untuk mendaftar ke universitas. Selain itu, banyak juga siswa home schooling yang mengikuti ujian ini untuk mendapat ijazah high school. Sertifikat yang didapat dari ujian ini diakui oleh berbagai universitas, training schools, dan juga berbagai perusahaan yang membutuhkan karyawan berijazah high school.

Namun, bagi kalangan siswa Indonesia yang mau melanjutkan kuliah di Amerika, ijizah ini berguna bagi mereka yang tidak mengikuti UNAS SMA, seperti pemegang ijizah O Level ataupun siswa yang tidak menyelesaikan pendidikan SMAnya dan langsung masuk ke community college di Amerika. Saat ini, banyak universitas seperti Ivy League universities, Stanford University maupun University of Illinois yang tidak menerima mahasiswa transfer yang tidak memiliki ijazah SMA. Sejak dua tahun lalu, pendaftaran ke universitas bagi siswa transfer melalui community college telah diperketat dan akhirnya mengharuskan siswanya untuk memiliki ijazah SMA. Namun, hal ini sangat sulit untuk dilakukan oleh international students yang harus kembali ke negaranya masing-masing untuk mengambil ijazah high school. Oleh karena itu, dengan adanya GED, para international students bisa mengambil tes ini supaya mereka memenuhi persyaratan untuk transfer ke universitas yang mereka inginkan.

WHAT IS THE TEST LIKE OVERALL

TESTS

MINUTES

QUESTIONS

Language Arts,Writing Part 1 (65%) (Editing), Part 2 (35%) (Essay)

75

 45

50

1 topic: approximately 250 words

Social Studies

70

50

Science

80

50

Language Arts,Reading

65

40

Mathematics 1:Calculator,
2:No Calculator

90

25

25

Totals: 425 Minutes (about 7 hours) 240 Questions + Essay

Kelima tes tersebut sifatnya interdisciplinary. Jadi, mereka akan saling berkaitan. Chart-chart dari subjek social studies bisa ada di soal matematika. Science questions juga membutuhkan kemampuan matematika untuk menyelesaikannya. Jadi, kita harus selalu siap untuk menghadapi berbagai macam persoalan.

Bagi mereka yang membutuhkan bantuan spesial, terdapat Tes GED berbahasa Perancis, Spanish, Braille, maupun audiocassette format. Yang perlu dilakukan hanya menghubungi test center terdekat bahwa mereka memerlukan bantuan khusus.

WHO AND WHERE?

Semua orang yang belum memiliki ijazah high school (SMA) boleh mengikuti tes ini. Bahkan, para siswa high school yang telah memenuhi ketentuan-ketentuan tertentu boleh mengikuti tes ini. Oleh karena ketentuannya bervariasi, lebih baik jika peserta tes menghubungi GED testing center untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Terdapat sekitar 3500 GED Testing Center di seluruh bagian Amerika Serikat, the District of Columbia, sebelas provinsi di Kanada maupun beberapa overseas military base. Namun, sayangnya, GED Testing Center belum tersedia di berbagai negara seperti SAT/ACT Testing Center yang hampir ada di seluruh dunia. Jadi, bagi para siswa dari negara lain yang ingin mengambil tes ini, mereka harus ke Amerika terlebih dahulu untuk mengikuti tes ini. Untuk mengetahui informasi tentang GED secara online, kunjungi www.gedtestingservice.com untuk informasi lebih lanjut. Di website ini juga terdapat informasi tentang testing center terdekat.

Jika kita telah mengambil tes ini dan merasa tidak puas akan hasilnya, kita boleh mengambil ulang semua maupun sebagian dari tes GED ini. Jadi, ketika kita tidak puas akan tes Matematika kita, kita boleh memilih untuk mengulang tes Matematika saja. Namun, tentu saja terdapat batasan-batasan tertentu yang berbeda-beda di setiap bagian negara. Jadi, cara yang terbaik untuk mengetahui peraturannya adalah dengan menghubungi testing center terdekat.

WHAT SHOULD I KNOW TO PASS THE TEST?

Yang diuji dari tes ini merupakan pengetahuan dan skill-skill yang telah kita dapat melalui pengalaman hidup kita, pengalaman kerja, televisi, radio, buku-buku, majalah, koran, produk komersil, maupun iklan. Jadi, yang kita perlukan untuk lulus tes ini adalah menguasai pengetahuan umum dan skill-skill dasar matematika, science, dan inggris. Banyak situasi-situasi yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari yang dibuat menjadi persoalan dalam ujian ini.

Untuk subjek Language Arts, Writing Test bagian pertama, para peserta ujian diharapkan untuk dapat mengkoreksi dan merevisi kalimat ataupun paragraph yang salah. Soal seperti ini banyak ditemukan di soal TOEFL maupun SAT. Jadi, soal-soal di bagian pertama ini bukanlah sesuatu yang tidak familiar bagi teman-teman sekalian.

Pada bagian kedua, kita harus mengarang sebuah essay tentang topik yang sering kita dengar. Kita diharapkan untuk menulis sebuah karangan yang sesuai dengan real life context. Jadi, kita harus memiliki purpose dan target audience yang jelas agar karangan kita terlihat lebih organized.

Tiga tes lainnya (social studies, science, dan language arts, reading) mengharapkan kita untuk menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan, graf, tabel, peta, kartun maupun diagram. Agar kita bisa sukses dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, reading and thinking skills harus kita kembangkan.

Untuk Social Studies Test, kita akan melihat berbagai macam soal sejarah yang digabungkan dengan soal berunsur psikologi. Banyak dari kita yang merasa khawatir karena kita tidak memiliki pengetahuan yang memadan tentang sejarah Amerika. Namun, jangan khawatir karena soal-soal yang ada lebih membutuhkan kemampuan kita untuk memahami passage yang diberikan. Jadi, apa yang mestinya kita perlukan adalah kemampuan membaca dan memahami bacaan.

Untuk Science Test, kita akan mendapatkan soal science yang berkaitan dengan topik lingkungan hidup maupun kesehatan. Jadi, apa yang akan kita temukan di soal-soal tersebut adalah soal-soal yang berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari. Yang kita perlu siapkan untuk tes ini hanyalah konsep-konsep dasar sains.

Selain itu, kita juga memerlukan pengetahuan untuk membaca, menganalisa, dan mengevaluasi bacaan literatur untuk Language Arts, Reading tes. Kita akan diberi beberapa bacaan literatur seperti puisi dan kita harus bisa memahami arti bacaan tersebut.

Mathematics Test terdiri dari soal-soal yang membutuhkan problem-solving ability. Separuh dari tes tersebut memperbolehkan kita untuk menggunakan kalkulator yang telah disediakan oleh pihak testing center. Dengan berlatih cukup, kita pasti akan bisa lulus tes ini.

Berlatih adalah kunci utama agar bisa lulus tes ini dengan baik. Banyak sekali buku-buku latihan GED yang diterbitkan dan banyak juga buku GED murah yang dapat diperoleh melalui website amazon.com. Jadi, tidaklah sulit bagi kita untuk mendapatkan nilai yang baik.

Untuk informasi mengenai harga pendaftaran untuk GED tes ini, kita harus menghubungi testing center terdekat. Ini karena tiap state memberikan harga yang berbeda bagi peserta tes.

Photo by Alex France via flickr

  • ellilagi

    saat ini di Indonesia sudah ada GED computerised testing center, yaitu di Dept Teknik Elektro FT UI, kampus Salemba (021-3159225)

  • Ana Lie

    Gimana cara nya untuk bisa ikut tes GED? Adakah tempat tutorial untuk GED atau harus belajar sendiri?