Mengenal 8 Universitas di Selandia Baru dan Program Beasiswa untuk Mahasiswa Indonesia

0
200
Peta Selandia Baru. Sumber: www.pxfuel.com

“Saat Anda mendengar negara Selandia Baru, tentunya akan terlintas di pikiran Anda sebagai negara yang memiliki pemandangan alam yang indah serta kehidupan yang multikultural. Lebih dari itu, Negeri Kiwi ternyata memiliki universitas-universitas terkemuka yang menempati peringkat 2% pertama di antara seluruh universitas di dunia.”

“Dalam artikel ini, Dessy Nur Amelia dan Yogi Saputra Mahmud (Columnist & Content Director for Australia, New Zealand & Pacific Islands) memberikan informasi tentang 8 universitas di Selandia Baru serta skema beasiswa yang ditawarkan di berbagai jenjang oleh masing-masing kampus untuk mahasiswa internasional, termasuk mahasiswa Indonesia.”

***

Kia ora, Indonesia Mengglobal!

Di Selandia Baru, terdapat delapan universitas negeri/publik yang tersebar di berbagai lokasi. Seluruh universitas di Negeri Kiwi ini pada umumnya memiliki peringkat dan reputasi yang sangat baik di antara universitas-universitas di seluruh dunia. Anda pun dapat memilih program studi mulai dari energi, teknik, pendidikan, ilmu sosial, dan lainnnya, di berbagai jenjang studi mulai dari sarjana hingga doktor. Berikut adalah informasi kedelapan universitas tersebut serta skema beasiswa yang tersedia untuk mahasiswa internasional, termasuk mahasiswa Indonesia:

  1. Auckland University of Technology (AUT)
AUT Manukau Campus. Sumber: Planning AUT di Wikimedia Commons
AUT Manukau Campus. Sumber: Planning AUT di Wikimedia Commons

Sesuai dengan namanya, AUT merupakan kampus yang berbasis di kota terbesar di Negeri Kiwi, yaitu Auckland. Terdapat lebih 250 program studi di lima fakultas utama, yaitu Faculty of Business, Economics and Law, Faculty of Culture and Society, Faculty of Design and Creative Technologies, Faculty of Health and Environmental Sciences, dan Faculty of Maori and Indigenous Development. 

Dalam segi pendanaan, terdapat dua jenis beasiswa yang dapat mahasiswa Indonesia ikuti, yaitu beasiswa parsial dan penuh. Skema beasiswa parsial biasanya menawarkan potongan biaya untuk biaya kuliah seperti AUT International Academic Achievement Scholarship atau biaya akomodasi seperti AUT International Student Accommodation Scholarships. Selain itu, beasiswa penuh juga ditawarkan oleh AUT untuk jenjang S3/PhD selama tiga tahun melalui skema AUT Doctoral Scholarship yang menanggung biaya kuliah dan biaya hidup bulanan. Pada umumnya, pendaftar harus menerima persetujuan dari supervisor dan Offer of Place (OOP) dari program S3 untuk mendaftarkan diri di beasiswa ini. 

2. Lincoln University

Ivey Hall, Lincoln University. Sumber: Leyo di Wikimedia Commons
Ivey Hall, Lincoln University. Sumber: Leyo di Wikimedia Commons

Kampus yang terletak di wilayah Lincoln, Canterbury, South Island ini didirikan pada tahun 1878. Terdapat tiga fakultas utama di universitas tertua ketiga di Selandia Baru ini, yaitu Faculty of Agribusiness and Commerce, Faculty of Agriculture and Life Sciences, dan Faculty of Environment, Society and Design. 

Terdapat jenis beasiswa parsial atau penuh yang ditawarkan oleh Lincoln University baik untuk jenjang Bachelor’s, Master’s, hingga Doctoral untuk mahasiswa internasional, termasuk mahasiswa Indonesia. Beberapa beasiswa parsial yang ditawarkan untuk mahasiswa S1 meliputi Lincoln University International Undergraduate Scholarship dan Lincoln University Undergraduate Vice-Chancellor’s Scholarship. Sementara itu, beasiswa Taught Master Merit Scholarship juga ditawarkan berupa potongan biaya studi untuk mahasiswa internasional yang mengikuti perkuliahan di program studi tertentu.
Beasiswa penuh juga ditawarkan oleh Lincoln University untuk jenjang doktoral melalui skema Lincoln University Doctoral Scholarship. Beasiswa ini menawarkan pembiayaan penuh untuk biaya kuliah dan biaya hidup bulanan selama tiga tahun. Kemampuan akademik dan pengalaman riset menjadi dua komponen persyaratan utama guna meraih beasiswa ini.

3. Massey University

Massey University, Palmerston North Campus. Sumber: Michael Klajban di Wikimedia Commons
Massey University, Palmerston North Campus. Sumber: Michael Klajban di Wikimedia Commons

Universitas yang didirikan di tahun 1927 ini memiliki beberapa lokasi kampus, yaitu di Palmerston North, Auckland, dan Wellington. Terdapat lebih dari 30 institut, pusat, atau departemen yang dibagi kembali menjadi berbagai program studi di Massey University, di antaranya seperti Institute of Education, School of Nursing, School of Food and Advanced Technology dan lainnya.

Massey University pun menawarkan beasiswa parsial atau penuh untuk berbagai jenjang studi mulai dari Bachelor’s hingga Doctoral. Untuk beasiswa jenjang Bachelor’s dan Master’s pada umumnya ditawarkan secara spesifik oleh masing-masing institut atau program studinya, seperti College of Humanities and Social Sciences International Excellence Scholarships dan Massey Business School International Student Study Awards.
Sementara itu, terdapat beasiswa penuh untuk mahasiswa internasional di jenjang PhD yang ditawarkan oleh Massey University melalui skema Massey University Doctoral Scholarship. Selain melengkapi persyaratan umum, Anda pun diwajibkan untuk memiliki pernyataan persetujuan dari potential supervisor di Massey University untuk membimbing proposal riset Anda.

4. The University of Auckland

University of Auckland, Old Arts Building Clocktower. Sumber: The Rohit di Flickr
University of Auckland, Old Arts Building Clocktower. Sumber: The Rohit di Flickr

The University of Auckland merupakan kampus terbesar dalam segi jumlah mahasiswa di antara seluruh universitas di Selandia Baru dengan 40.000 mahasiswa di lima kampus yang tersebar di wilayah pusat kota atau pinggiran Auckland. Terdapat delapan fakultas dan tiga pusat penelitian di The University of Auckland, meliputi Faculty of Arts, Business School, Faculty of Creative Arts and Industries, Faculty of Education and Social Work, Faculty of Engineering, Auckland Law School, Faculty of Medical and Health Sciences, Faculty of Science, Auckland Bioengineering Institute, Liggins Institute, dan Public Policy Institute.
Ada beberapa skema beasiswa penuh atau parsial yang dapat Anda ikuti di berbagai jenjang studi. Salah satu di antaranya adalah University of Auckland International Student Excellence Scholarship yang merupakan beasiswa parsial untuk mahasiswa Bachelor dan Master.

Sementara itu, beasiswa penuh ditawarkan untuk mahasiswa internasional di jenjang PhD melalui skema University of Auckland Doctoral Scholarship yang membiayai kebutuhan hidup bulanan dan biaya kuliah selama tiga tahun dengan opsi perpanjangan selama enam bulan. Menariknya lagi, aplikasi beasiswa ini menyatu dengan aplikasi studi PhD Anda yang dilakukan dalam satu portal yang sama sehingga sangat memudahkan para calon mahasiswa!

5. The University of Canterbury

The University of Canterbury. Sumber: canterbury.ac.nz
The University of Canterbury. Sumber: canterbury.ac.nz

Kampus tertua kedua di Selandia Baru ini berlokasi di kota Christchurch, South Island.  Terdapat berbagai departemen atau institut penelitian yang dibagi menjadi berbagai program studi di The University of Canterbury. Salah satu yang paling terkemuka adalah program Civil Engineering yang menduduki peringkat sembilan di dunia berdasarkan Academic Ranking of World Universities (ARWU) di tahun 2021. 

The University of Canterbury menawarkan berbagai beasiswa untuk jenjang Bachelor dan Master yang pada umumnya spesifik ditawarkan oleh program studi tertentu yang dapat Anda lihat melalui tautan berikut. Selanjutnya, calon mahasiswa doktor dari Indonesia dapat mendaftarkan diri dalam skema beasiswa penuh melalui UC Doctoral Scholarship yang meliputi pendanaan biaya hidup bulanan dan biaya kuliah. Saat Anda mendaftarkan diri untuk program PhD di universitas ini, Anda dapat memilih opsi pendaftaran UC Doctoral Scholarship secara otomatis.

6. The University of Otago

The University of Otago Clocktower. Sumber: Bernard Spragg di Flickr
The University of Otago Clocktower. Sumber: Bernard Spragg di Flickr

Didirikan pada tahun 1869, The University of Otago merupakan universitas tertua di Negeri Kiwi. Universitas yang berpusat di Kota Dunedin ini juga memiliki beberapa kampus yang tersebar di berbagai lokasi, seperti Christchurch (School of Medicine & Health Science), Wellington (School of Medicine & Health Science), Auckland (Auckland Centre on Queen), Southland Campus (College of Education), dan Otago Peninsula (Department of Marine Science).

Berbagai skema beasiswa penuh dan parsial pun ditawarkan oleh The University of Otago, diantaranya:

Beasiswa jenjang S1/Undergraduate:

Beasiswa jenjang S2/Master:

Beasiswa jenjang S3/Doktor:

  • University of Otago Doctoral Scholarship: Beasiswa jenjang S3 untuk mahasiswa internasional yang meliputi pendanaan biaya hidup bulanan dan biaya kuliah secara penuh selama 36 bulan. Proses aplikasi beasiswa ini menyatu dengan proses pendaftaran diri ke program studi setelah Anda mendapatkan persetujuan dari potential supervisors yang akan membimbing proposal riset Anda.

7. The University of Waikato

University of Waikato. Sumber: New Zealand Tertiary Education Union di Wikimedia Commons
University of Waikato. Sumber: New Zealand Tertiary Education Union di Wikimedia Commons

The University of Waikato berlokasi tepatnya di kota Hamilton, North Island. Universitas yang didirikan sekitar setengah abad yang lalu ini memiliki dua lokasi kampus, yaitu Hamilton Campus sebagai kampus utama, dan Tauranga Campus. Terdapat lima Divisi atau Fakultas utama yang ada di The University of Waikato, seperti Division of Arts, Law, Psychology & Social Sciences, Division of Health, Engineering, Computing & Science, Division of Education, Waikato Management School, dan Faculty of Maori & Indigenous Studies. Seluruh Divisi dan Fakultas ini dibagi menjadi program-program studi yang beragam.

Calon mahasiswa internasional, termasuk mahasiswa Indonesia, di berbagai jenjang dapat memiliki kesempatan pendanaan melalui berbagai skema beasiswa parsial atau penuh. Salah satu contohnya adalah University of Waikato International Excellence Scholarship yang ditujukan untuk calon mahasiswa Bachelor’s atau Master’s yang berencana studi penuh waktu di The University of Waikato.

 
Sementara itu, beasiswa penuh bagi calon mahasiswa jenjang doktor tersedia melalui skema University of Waikato Doctoral Scholarship yang meliputi pendanaan biaya hidup bulanan, biaya kuliah, dan biaya layanan mahasiswa lainnya. Anda dapat mengikuti program beasiswa ini untuk seluruh program studi PhD yang ditawarkan oleh The University of Waikato. Proses pendaftaran beasiswa ini menjadi satu bagian dengan proses pendaftaran studi setelah Anda mendapatkan persetujuan dari calon pembimbing.

8. Victoria University of Wellington

Victoria University of Wellington, Pipitea Campus. Sumber: Nelson Perez di Wikimedia Commons
Victoria University of Wellington, Pipitea Campus. Sumber: Nelson Perez di Wikimedia Commons

Seperti namanya, Victoria University of Wellington ini berlokasi di ibukota negara Selandia Baru, yaitu Wellington. Didirikan pada tahun 1897, universitas ini memiliki beberapa kampus yang berlokasi di Kelburn, Wellington (kampus utama), Pipitea, Te Aro, dan Auckland (School of Business & Government). Kampus yang dalam bahasa Maori bernama Te Herenga Waka ini memiliki 9 Fakultas yang berbeda-beda, yaitu Faculty of Architecture and Design Innovation, School of Business and Government, Faculty of Education, Faculty of Engineering, Faculty of Graduate Research, Faculty of Humanities and Social Sciences, Faculty of Law, Faculty of Science, dan Faculty of Health.

Beragam jenis pendanaan ditawarkan oleh Victoria University of Wellington untuk mahasiswa internasional, termasuk mahasiswa Indonesia. New Zealand International Student Grant dan Tongarewa Scholarship merupakan beberapa di antara skema beasiswa parsial yang ditawarkan untuk mahasiswa internasional yang berencana untuk studi di jenjang Bachelor’s atau Master’s.

 
Sementara itu, Wellington Doctoral Scholarship merupakan skema beasiswa utama untuk mahasiswa PhD yang berencana untuk melanjutkan studi di Victoria University of Wellington. Beasiswa ini mencakup pendanaan biaya hidup bulanan dan biaya kuliah Anda selama studi PhD. Untuk mendapatkan beasiswa ini, Anda tidak perlu melakukan proses pendaftaran secara terpisah karena prosesnya menyatu dengan pendaftaran untuk program studi PhD setelah Anda mendapatkan persetujuan dari potential supervisor.

Penutup

Selain menawarkan pemandangan alam yang indah serta lingkungan multikultural yang dinamis, Selandia Baru pun menjadi lokasi universitas-universitas terkemuka dunia yang dapat menjadi destinasi studi Anda selanjutnya. Dengan berbagai skema beasiswa yang telah dijelaskan di atas, Anda memiliki kesempatan untuk memperoleh pendanaan parsial atau penuh guna menunjang potensi akademik Anda lebih jauh lagi. Untuk itu, senantiasa perhatikan dan penuhi persyaratan yang berlaku untuk setiap skema beasiswa yang ada.

Selalu semangat untuk mengglobal dengan Indonesia Mengglobal!

***


SHARE
Previous articlePhD in Neuroscience: Tiny thing that sparks everything
Next articleIndonesia Mengglobal and IESR Held a Joint Seminar on Green Jobs
Yogi Saputra Mahmud
Throughout his life trajectory, Yogi is always passionate about teaching and developing students’ ability and proficiency in English. He holds a Bachelor of English Education degree from the Indonesia University of Education. After completing his bachelor’s degree, he started his career as an English teacher at Pribadi Bilingual Boarding School, Bandung. His continuous passion led him to pursue his Master of TESOL (Teaching English to Speakers of Other Languages) at Monash University, Australia, with a scholarship from Indonesia Endowment Fund for Education (LPDP). Yogi is now based in Cikarang, West Java, as an English lecturer at President University. He has been actively writing several articles in nationally and internationally accredited journals. His main research interests include Teacher Professional Development, Teacher Education, Teaching Methodology, and English productive skills.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here