Dari Kobe Untuk Indonesia: Beasiswa Tunas Indonesia Jepang

0
1029

Melanjutkan pendidikan di bidang Ekonomi di Kobe University, Jepang dengan beasiswa penuh dari Asian Development Bank (Japan Scholarship Program) merupakan hal yang disyukuri oleh Yuniasih. Bergabung dalam PPI Kobe, wadah untuk pelajar Indonesia di Perfektur Hyogo, dan menjadi pengurus Tunas Indonesia Jepang dengan program Beasiswa Tunas Indonesia Jepang atau yang lebih dikenal dengan Beasiswa TIJ merupakan salah satu bentuk kontribusi yang dia lakukan terhadap pendidikan di Indonesia.

Beasiswa TIJ merupakan wujud nyata kontribusi mahasiswa Indonesia yang tengah melanjutkan pendidikan program Magister dan Doktoral di Perfektur Hyogo dan alumni PPI Kobe. Pelajar Indonesia di Kobe dan alumni PPI Kobe menyisihkan sebagian dari beasiswa yang kami terima untuk membantu pelajar Indonesia lain dalam melanjutkan pendidikan mereka dengan berperan menjadi donatur program beasiswa Tunas Indonesia Jepang.  Satu lembar uang kertas 1.000 Yen atau seharga satu mangkok Ramen, akan bernilai kurang lebih 130.000 Rupiah jika dikonversi. Dengan sekali menyisihkan uang jajan kami, kami bisa membantu pendidikan pelajar di Indonesia. Nilai 1.000 Yen mungkin tidak seberapa, tapi saat kami bersama-sama mengumpulkan, bisa menjadi jalan adik-adik kita merasakan pendidikan yang layak.

Beasiswa ini diperuntukan untuk pelajar SMA yang berprestasi secara akademik, tetapi memiliki keterbatasan finansial. Sehingga, mereka bisa terus mewujudkan mimpi-mimpi mereka. Kenapa beasiswa ini ditujukan untuk SMA? Alasan utama adalah masih banyak siswa-siswi berprestasi tetapi mengalami keterbatasan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas. Melalui beasiswa TIJ yang mereka terima diharapkan dapat membantu biaya sekolah dan persiapan ke perguruan tinggi negeri. Walaupun, pemerintah sudah memberikan bantuan biaya pendidikan, seperti BOS (Biaya Operasional Sekolah), tetapi jika kita membuka mata lebih jeli, banyak pelajar-pelajar Indonesia yang masih memerlukan bantuan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Salah satu acara Tunas Indonesia Jepang
Salah satu acara Tunas Indonesia Jepang

Beasiswa ini diinisiasi oleh senior-senior di PPI Kobe saat gempa di Yogyakarta tahun 2006. Mereka membuat Program Foster Parent atau orang tua asuh anak-anak korban gempa. Di tahun 2010 Program Foster Parent berkembang menjadi Yayasan Tunas Indonesia Jepang, dengan kantor pusat pengurusan di Yogyakarta dan Kobe. Sejak tahun 2010, lebih dari 300 pelajar SMA atau SMK yang terbagi dalam 11 batch telah menerima bantuan biaya pendidikan melalui Beasiswa TIJ. Penerima beasiswa pun tersebar di beberapa wilayah Indonesia seperti DIY, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Sumatera Barat.

Selain memberikan bantuan berupa biaya pendidikan. TIJ memiliki seminar dua kali setahun, yaitu penyerahan beasiswa dan seminar tengah tahun dan program bimbingan belajar untuk para penerima beasiswa pada tahun berjalan. Seminar diisi oleh alumni penerima beasiswa TIJ, kakak pintar, alumni dan anggota PPI Kobe. Seminar ini bertujuan sebagai bekal awal para penerima beasiswa untuk mempersiapkan sekolah dan karir di masa mendatang. Sedangkan program bimbingan belajar dilakukan oleh kakak pintar, yakni alumni penerima beasiswa TIJ. Program bimbingan belajar memberikan kesempatan kepada adik asuh, penerima beasiswa TIJ melihat dunia dari sudut pandang yang lebih luas. Kakak pintar berbagi informasi beasiswa dan inspirsi untuk melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi negeri. Tidak mudah menyerah dengan segala keterbatasan finansial. Salah satu prestasi yang membanggakan adalah penerima beasiswa TIJ tahun 2018 berhasil memperoleh beasiswa dari pemerintah China, Chinese Government Scholarship dan melanjutkan pendidikan di Southwest University, Chongqing. Ia menggunakan beasiswa TIJ sebagai sumber pendanaan pemberkasan dan pendaftaran beasiswa ke China. Tidak berhenti disitu. Beberapa alumni penerima beasiswa TIJ telah berhasil menyelesaikan pendidikan di Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta dan beberapa universitas lain di Yogyakarta dengan beasiswa penuh.

Setiap tahun, di bulan April hingga Mei, pengurus TIJ membuka pendaftaran penerimaan adik asuh, penerima beasiswa TIJ. Saat ini, proses pendaftaran beasiswa sudah dibuka kembali. Informasi lengkap dan tata cara pendaftaran dapat diakses melalui situs resmi tunasindonesiajepang.com ataupun akun sosial media Instagram dan Facebook Tunas Indonesia Jepang. Proses seleksi akan dilakukan kurang lebih selama 2 bulan dan pengurus TIJ akan mengumumkan calon penerima beasiswa berdasarkan hasil seleksi dan jumlah kuota yang tersedia di pertengahan Juli 2021. Diharapkan pada Batch XII akan lebih banyak lagi pelajar berprestasi yang tersebar dari ujung Indoensia timur hingga barat yang memperoleh beasiswa TIJ.

Semoga dengan langkah kecil dari Kobe dan donasi yang kami sisihkan setiap bulan akan menjadi jalan tercapai sejuta mimpi adik-adik di Indonesia untuk memperoleh pendidikan di jenjang lebih tinggi. Mari bersama-sama ikut serta membantu generasi penerus bangsa mewujudkan mimpi-mimpi mereka. Mari bergabung dan bergotong-royong membantu mewujudkan mimpi adik-adik kita di Indonesia. Bagaimanapun donatur, yakni mahasiswa dan alumni PPI Kobe menjadi mesin utama keberlanjutan Beasiswa TIJ. Maju terus pendidikan Indonesia. Semoga kontribusi kami, mahasiswa Indonesia di Hyogo Perfektur, khususnya Kobe bisa turut membantuk memajukan kualitas pendidikan Indonesia. Mari bersama Tunas Indonesia Jepang, bersama-sama memasyaratkan belajar dan membelajarkan masyarakat.

Source: https://www.kobe-u.ac.jp/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here