Masuk NTU, Bisa!

234
53013

Nanyang Technological University (NTU), Singapura, adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka di Asia, dan sering dianggap sebagai salah satu perguruan tinggi yang relatif sukar dimasuki. Padahal, proses masuk NTU sendiri bukan hal yang mengerikan, dan ada cukup banyak mahasiswa yang tidak berasal dari kota-kota besar di Indonesia yang sudah membuktikan kalau masuk NTU bukan ide yang mustahil. Di sini aku akan menjelaskan bagaimana alur pendaftaran sampai aku bisa diterima di NTU.

Latar belakang

Waktu aku masih sebagai salah satu siswa dari salah satu daerah kecil (SMA Negeri 2 Madiun di kota Madiun), sejak awal memang terkesan bahwa kemungkinan untuk bisa berkuliah di NTU relatif kecil. Dengan catatan penerimaan siswa di NTU yang konstan 0 selama bertahun-tahun untuk program sarjana waktu penuh melalui jalur UN, ada kekhawatiran kalau sekolahku kurang diperhitungkan dibandingkan sekolah-sekolah terkemuka yang secara konsisten telah mengantarkan banyak siswanya menuju NTU dan berbagai PT terkemuka lainnya. Aku juga bukan siswa terbaik di sekolah, dengan nilaiku di sekolah yang hanya berada di sekitar 100 besar dari sekitar 250 siswa jurusan IPA, dengan nilai yang kurang memuaskan di beberapa mata pelajaran.

Persyaratan untuk memulai – non-akademik

Dua syarat yang paling penting adalah mau hidup sederhana dan selalu belajar. Kenapa harus hidup sederhana? NTU sebagai kampus yang jauh dari pusat kota Singapura (sekitar 75 menit dengan bis umum dan KRL, sampai ada beberapa yang memberi julukan pulau NTU) berarti bahwa bayangan glamornya kehidupan Singapura seperti di jalan Orchard dan kesibukan distrik bisnis gaya Raffles Place bisa ditepis jauh-jauh. Ditambah lagi, berbagai fasilitas di NTU bisa dibilang didesain untuk menekan pengeluaran mahasiswa, seperti asrama di dalam kampus yang tarifnya relatif jauh di bawah biaya sewa apartemen HDB (bisa dikatakan seperti Perumnas versi Singapura) di luar kampus tapi mutu asrama masih bisa dikatakan bagus, jadi aku dan teman-teman kadang merasa terlalu nyaman di dalam kampus karena fasilitasnya memadai dan ramah di kantong (kalau yang ini bervariasi).

Di NTU, kehidupan di asrama bisa dikatakan sangat mendukung kehidupan, jadi kamu bisa lebih banyak belajar soft skill melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti klub sekolah, klub asrama, badan eksekutif mahasiswa, dan berbagai ekstrakurikuler di berbagai bidang, di samping berbagai acara di dalam NTU. Tinggal di asrama juga berarti kamu bisa lebih menikmati fasilitas-fasilitas yang diberikan NTU untuk belajar, seperti ruang belajar di tiap asrama yang buka sampai jam 2 pagi setiap hari, perpustakaan yang buka sampai cukup malam (siapa yang mau selesai belajar masih perlu pergi ke luar NTU lagi, apalagi perpustakaan buka sampai jam 12 malam di waktu-waktu tertentu?), dan ruang tutorial (kalau tidak sedang dipakai untuk kelas). Maka dari itu, jelas kalau kuliah di NTU jadi sia-sia kalau tidak dimanfaatkan untuk belajar.

Contoh kamar tidur di asrama-asrama di NTU. Tarif asrama sudah termasuk internet kabel gratis (bisa bawa router kalau kamu juga mau menikmati internet gratis pakai HP atau tablet), listrik (kecuali kulkas), kipas angin, dan fasilitas-fasilitas umum asrama, seperti ruang belajar asrama.
Contoh ruang tutorial yang sudah direnovasi, lengkap dengan 1 layar, koneksi listrik (jadi kalau baterai laptop rusak atau muatan baterai HP sudah tinggal sedikit tidak masalah), dan akses internet lewat kabel untuk tiap grup (meja segienam).

Koneksi dengan senior juga bisa membantu untuk memandu kamu terkait pendaftaran, tapi jelas tidak wajib. Dalam hal ini, kelihatannya sukar dipungkiri kalau siswa-siswa dari kota besar, khususnya dari sekolah-sekolah terkemuka cukup diuntungkan. Tapi, kamu tidak perlu khawatir untuk masalah ini, cukup lihat bagian akhir dari pos ini.

Persyaratan untuk memulai – akademik

Pilihan jurusan sebaiknya disiapkan sesegera mungkin, karena pendaftaran akan ditutup pada 15 Desember untuk masuk di bulan Agustus tahun 2017. NTU menyediakan 5 pilihan jurusan untuk pendaftaran, dibandingkan 2 tiap PT untuk SNMPTN dan 3 tiap peserta di semua PT untuk SBMPTN di Indonesia, jadi jangan takut kehabisan pilihan. Hal yang perlu diperhatikan adalah persyaratan khusus untuk beberapa jurusan, seperti sekolah Seni, Desain, dan Media (ADM) yang memerlukan portofolio dan pelajaran tertentu yang perlu diambil untuk ujian masuk kalau kamu mendaftarkan diri di jurusan tertentu.

NTU juga hanya meminta rapor 4 semester pertama di SMA, jadi tidak perlu terlalu khawatir kalau misalnya sudah lelah cari nilai terus selama 4 semester dan takut nilai semester 5 turun.

Ujian masuk NTU, yang biasanya diadakan pada bulan Februari, kebanyakan didasarkan pada A level Singapura tingkat H2 (Higher 2), kecuali untuk matematika tingkat AO yang hanya boleh diambil kalau mendaftarkan diri di jurusan-jurusan yang tidak termasuk dalam golongan sains dan teknik dan bahasa Inggris yang tidak memiliki silabus khusus. Kamu disarankan punya pegangan untuk materi-materi itu, karena materi ujian cukup berbeda dengan UN Indonesia. Pengalaman pribadiku, aku baru punya pegangan standar A level Singapura untuk matematika sekitar 2 minggu sebelum ujian masuk (yang fisika lebih parah lagi, 1 minggu sebelum ujian, sebelumnya aku belajar sesuai silabus ujian), jadi cukup kewalahan.

Proses pendaftaran

Pendaftaran untuk tahun ajaran 2017/2018 dibuka mulai 15 Oktober sampai 15 Desember 2016. Koordinasi dari sekolah (seperti PDSS untuk pendaftaran SNMPTN) tidak diperlukan, jadi silakan mendaftar secara langsung melalui situs web penerimaan NTU. Untuk mendaftar ke NTU, tidak ada bedanya antara mendaftar menggunakan agen atau mendaftar sendiri. Setelah itu, silakan bayar biaya pendaftaran dan unggah berkas-berkas seperti rapor dan foto. Salah satu kelebihan NTU adalah menerima berkas kita dalam bahasa indonesia, jadi bisa menghemat biaya penerjemahan.

Setelah mendaftar, tunggu sampai sekitar 1 bulan sesudah pendaftaran ditutup (jadi sekitar awal atau pertengahan Januari) untuk pemberitahuan dari kantor penerimaan apa kamu bisa ikut ujian masuk mereka. Kalau belum bisa, silakan mengajukan banding ke mereka melalui email. Kalau sudah bisa ikut, silakan membayar biaya ujian masuk. Penginapan dan transportasi (kalau diperlukan) juga sebaiknya dipesan sesudah kamu membayar biaya ujian masuk. Saranku untuk transportasi dan akomodasi, lebih baik sudah di kota tempat ujian mulai H-1 ujian sampai hari terakhir ujian (ujiannya biasanya 2 hari, kecuali kalau kamu tidak daftar di jurusan-jurusan sains dan teknik, cukup 1 hari), karena untuk kebanyakan orang istirahat di dalam kendaraan kurang nyaman.

Pengumuman hasil seleksi penerimaan bisa diumumkan paling cepat sekitar 1 bulan sesudah ujian (sekitar Maret). Kalau belum diterima, silakan mengajukan banding (semoga tidak perlu). Kalau kamu diterima, silakan unduh surat penawaran penerimaannya (mulai tahun masukku penawaran penerimaan NTU 100 persen online dan tidak ada surat apapun yang datang dari NTU ke rumah terkait hasil seleksi penerimaan), pikirkan matang-matang keputusanmu untuk menerima atau menolak penawaran, klik terima kalau memang mau, isi sejumlah data, dan selesai (tidak ada uang gedung, jadi tidak perlu khawatir belum siap cukup dana sebelum menerima penawaran).

Butuh bantuan?


Update:

Kamu masih bingung? Kamu tidak sendiri. Aku sudah membuatkan untuk kamu FAQ (+ jawaban) tentang proses pendaftaran S1 di NTU. Ayo baca di sini dulu sebelum tanya.


 

Salah satu komitmenku adalah membantu mereka yang masih belum bisa mendapatkan akses informasi, terutama untuk rekan-rekan dari Indonesia yang hendak melanjutkan pendidikan di NTU untuk S1 waktu penuh, jadi jangan segan untuk bertanya melalui komentar, email, atau media sosial lainnya.

Pesan dari Kantor Penerimaan dan Bantuan Keuangan NTU

Mau artikel lain yang juga nggak kalah bagus?
  • Steven (mantan kepala hubungan masyarakat di PINTU (Pelajar Indonesia NTU)) bercerita tentang beberapa kegiatan yang diadakan oleh PINTU: http://bit.ly/2bWwdpS
  • Mau tahu seperti apa kehidupan sehari-hari kuliah di NTU? Baca artikel ini: http://bit.ly/2bWAIkl
  • Kuliah di luar Indonesia mungkin tidak terlalu murah, tapi apa masih mungkin untuk berhemat di luar negeri? Cari tahu di sini: http://bit.ly/2bMk3kG
  • Seperti apa rasanya ambil bagian dalam mempromosikan budaya Indonesia di luar negeri melalui pertunjukan? Baca cerita dari 3 komite pertunjukan budaya yang diadakan mahasiswa Indonesia di NTU: http://bit.ly/2ergjVB

Semua foto dan infografis dibuat atau diambil oleh penulis dan boleh disebarluaskan dengan mencantumkan pembuat/pemilik, kecuali disebutkan sebaliknya.


SHARE
Previous articleBelajar Bahasa Baru di Luar Negeri
Next articleIs Studying in the United States the Best Choice?
Eric Valega Prawirodidjojo
Hailing from Madiun, Eric is a product manager in Kudo and a computer science fresh graduate from Nanyang Technological University. His interests on community service brought him to be an English teacher on 2014 in Cambodia as well as a certified first aider in Singapore. When he doesn't get tied up on meetings, he travels around Southeast Asia, listens to classical choral musics, writes on Quora and Flight-Report, and reads anything from PRDs to We Bare Bears' characters. He can be contacted at ericvalegap[at]gmail[dot]com

234 COMMENTS

    • Hai, Taufiq!

      Untuk NTU sendiri aku kurang tahu apa ada batas nilai yang jelas untuk lolos seleksi administrasi dan dipanggil untuk mengikuti ujian masuk. Nilaiku sendiri juga termasuk biasa waktu aku masih di SMA, bahkan di SMA aku belum pernah masuk peringkat 10 besar di kelas (di pelajaran dan semester tertentu ada nilaiku yang hanya mendekati KKM atau di bawah 80). Yang jelas, tidak sedikit anak NTU yang masuk tanpa hasil ujian bahasa inggris terstandar (hasil ujian bahasa Inggris terstandar seperti IELTS atau TOEFL bersifat opsional untuk mendaftar karena tetap saja nanti harus mengikuti ujian masuk untuk pelajaran bahasa Inggris kalau dipanggil untuk mengikuti ujian masuk), kalau maksudmu itu nilai TOEFL iBT.

      Semoga membantu dan semoga sukses untuk pendaftarannya. :)

      Eric

  1. Kak, ada tips untuk belajar A level math sama English ngga ya? Sementara udah bulan Oktober gini dan pelajaran sekolah juga banyak tuntutan

    • Hai, Rais!

      Sambil belajar matematika A level dan bahasa Inggris untuk ujian masuk bisa belajar juga untuk UN, kan? :p Materi matematika buat A level Singapura kalau aku bilang lebih banyak daripada matematika UN SMA, jadi lumayan untuk persiapan. Untuk bahasa Inggris, masalahnya bukan hanya seberapa mampu kamu menjawab 50 soal pilihan ganda UN SMA yang sifatnya sesaat, tapi soal kecakapanmu menggunakan bahasa Inggris. Aku dulu belajar bahasa Inggris terutama waktu persiapan ikut TOEFL iBT (opsional).

      Kalau kamu merasa nyaman dengan persiapan ujian masuk NTU, lanjutkan saja. Kalau tidak, lepaskan. Sudah ada banyak anak yang bisa menyelesaikan keduanya dan ternyata diterima.

      Silakan tanya lagi kalau ada yang masih dirasa bingung.

    • Hai!

      Tidak ada jalur beasiswa karena hanya ada jalur berdasarkan ujian SMA (untuk Indonesia pakai UN SMA). Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa mendaftar untuk beasiswa. Setelah mengisi formulir pendaftaran, kamu nanti diarahkan ke halaman pendaftaranmu, dan ada bagian untuk pendaftaran beasiswa. Setelah itu, isi data, buat esai singkat, selesai. Nanti waktu pengumuman kamu diberitahu juga soal hasil pendaftaran beasiswamu. Kalau lolos, harusnya ada wawancara sebelum kamu bisa dapat (aku tidak dipanggil wawancara).

      Diterima tanpa beasiswa? Masih ada beberapa bantuan keuangan lain, jadi tidak perlu melepas impian hanya karena faktor uang.

      Eric

      • kk eric, akses info baut mendapatkan bantuan dana/keuangan selain beasiswa dari NTU ?dan ke pihak siapa saya harus berkonsltasi??

    • Hai!

      Seperti yang aku katakan ke mas Yudhaifha, bisa. Ada temanku yang dulu sempat belajar di FT UI, sekarang di NTU jurusan teknik material. Yang penting satu: belum pernah ikut ujian masuk NTU seumur hidup. Ujian masuk NTU untuk program S1 hanya bisa diambil sekali seumur hidup, jadi kalau sebelumnya sudah pernah ikut dan gagal, maaf.

      Eric

    • Hai!

      Seerti yang aku katakan ke mas Yudhaifha, bisa. Ada temanku yang dulu sempat belajar di FT UI, sekarang di NTU jurusan teknik material. Yang penting satu: belum pernah ikut ujian masuk NTU seumur hidup. Ujian masuk NTU untuk program S1 hanya bisa diambil sekali seumur hidup, jadi kalau sebelumnya sudah pernah ikut dan gagal, maaf.

      Eric

    • Hai!

      Bisa. Ada temanku yang dulu sempat belajar di FT UI, sekarang di NTU jurusan teknik material. Yang penting satu: belum pernah ikut ujian masuk NTU seumur hidup. Ujian masuk NTU untuk program S1 hanya bisa diambil sekali seumur hidup, jadi kalau sebelumnya sudah pernah ikut dan gagal, maaf.

      Eric

    • Hai!

      Dari mana kamu tahu ada batasan tepat 80? Kalau memang ada batasan itu pun, kenapa perlu dikhawatirkan? Lagipula, kalau kamu sudah dipanggil untuk ujian masuk, ujiannya yang diperhatikan, bukan rapor. :p

      Eric

    • Hai!

      Nilai kognitif saja. Aku menyarankan kamu langsung lihat formulir pendaftarannya supaya kamu bisa tahu dengan lebih jelas.

      Eric

    • Hai!

      Tautan untuk formulir pendaftaran NTU bisa didapatkan di situs web penerimaan NTU (tidak perlu dicetak, karena seluruh mekanisme pendaftaran sudah bersifat daring). Silakan tunggu hingga sekitar bulan Oktober untuk pendaftaran karena saat ini sudah ditutup (pendaftaran biasanya diadakan mulai awal Oktober sampai pertengahan Desember). Kenapa kamu tidak coba sendiri saja sebelum tanya? 😀

      Eric

  2. kak, pendaftaran terakhir kan 15 desember ya, tapi deadline berkas”nya itu yang sekitar januari kan? Atau 15 desember itu juga? soalnya aku pengen daftar yang ADM tapi belum persiapan requirementnya…

    • Hai! ^^

      Ada opsi bank draft, atau kalau merasa itu merepotkan, selalu ada opsi minta tolong orang lain (misal: sanak saudara) untuk membayar atas nama kamu.

      Eric

    • Hai!

      Ya. Mungkin lain kali kamu mau cek di situs penerjemah bahasa Inggris ke Indonesia tentang arti undergraduate dan graduate. :p

      Eric

    • Hai!

      Kamu harus setidaknya kelas 3 SMA waktu mendaftar karena kamu mendaftar dengan asumsi ujian akhirmu nanti UN Indonesia (nanti kalau sudah di sini diverifikasi ijazah dan SKHUN-nya). Hanya saja, kalau kamu mendaftar waktu kelas 3 SMA, kamu pakai rapor semester 1 sampai 4 (posnya boleh dibaca lagi :D) sambil menunggu hasil UN.

      Eric

    • Hai!

      Tidak pasti beasiswa. Ada yang tanya ke aku lewat surel tentang pendaftaran NTU dan ternyata dia lupa mendaftarkan diri untuk beasiswa. >< Aku daftar untuk beasiswa bersama dengan pendaftaran biasa, tapi diterimanya tanpa tawaran beasiswa.

      Eric

    • Hai!

      Pendaftaran NTU hanya diadakan sekali tiap tahun, mulai Oktober sampai pertengahan Desember untuk pendaftar yang menggunakan UN Indonesia atau akan mengikuti UN Indonesia. Jadwal tahun masuk yang saya tuliskan di pos (posnya boleh dibaca lagi, khususnya bagian proses pendaftaran) kurang lebih sama untuk tiap tahunnya. Walaupun begitu, ketika mendekati perkiraan waktu pendaftaran, silakan cek situs web penerimaan NTU untuk informasi yang sesuai untuk tahun itu.

      Eric

  3. kak kan aku udah apply nih dan aku prestasinya mentok cuman nasional aja.. selain itu kan ambil aku cuma ambil jurusan bidang sosial aja.. kira2 bisa masuk shortlisted gak ?? test yg diminta cuma math ao level dan english kira2.. yang disiapin apa ?? dan dulu kakak belajarnya gimana ? dan situs yang ngeshare contoh soal dimana thanks kak..

    • Hai! ^^

      Biaya kuliah di NTU bervariasi tergantung tahun masuk (asumsi siswa S1 di kebanyakan jurusan untuk tahun masukku S$7850/semester + sedikit biaya tambahan dengan ikut skema tuition grant-nya MOE). Informasi lebih lanjut mengenai biaya dan skema tuition grant bisa didapatkan di situs webnya NTU dan MOE.

      Eric

  4. Hai!

    Saya belum tahu mengenai kemungkinan ijazah D3 diakui, jadi kecuali dikatakan diakui masih menggunakan UN SMA yang berarti mengulang dari awal seperti belum mengikuti program D3.

    Eric

    • Hai! ^^

      Tidak ada berkas tambahan, cuma tambah isi nilai akhir ijazah SMP, info tentang kegiatan non-akademik kamu, dan esai pendek. Batas akhir untuk pendaftaran beasiswanya NTU sama dengan batas akhir pendaftaran tanpa beasiswa (masa pendaftaran untuk masuk Agustus 2016 diperkirakan sekitar Oktober sampai pertengahan Desember 2015).

      Eric

  5. Mas, kalo mau masuk NTU yang penting belum pernah ikut ujianya kan?? Kalo yang udah dua tahun lulus SMA gimana?? Tetep pake nilai UN pas lulus SMA nya??

    • Hai! ^^

      Alurnya sama persis seperti yang aku sebutkan, kecuali kalau sudah ikut UN kamu isi nilai UN. Semua persyaratan lain tidak berubah.

      Eric

    • Hai! :p

      Pendaftaran dibuka setiap tahun, tapi untuk tahun masuk 2015 dengan kualifikasi UN Indonesia sudah tidak bisa. Kebetulan saja Sabtu dan Minggu lalu (7-8/2) ujian masuk NTU bagi mereka yang terpilih untuk mengikuti ujian masuk. Kamu mungkin mau mendaftarkan diri untuk tahun masuk 2016 –> pendaftaran dibuka mulai sekitar Oktober 2015.

      Eric

    • Hai! :)

      Asumsi semua sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pendaftaran daring tersedia mulai awal Oktober sampai pertengahan Desember. Kamu mungkin mau memeriksa situs web NTU untuk informasi lebih lanjut.

      Eric

  6. Pendaftaran kapan ? Syarat2 gimana ? Biaya berapa ?
    Aku sekarang duduk kls 3 smk bentar lagi mau lulus aku ingin lanjutkan kuliah NTU di singapore tapi gatau caranya mendaftar disana itu . Balas ..
    Makasiih

  7. Pendaftaran kapan ? Syarat2 gimana ? Biaya berapa ?
    Aku sekarang duduk kls 3 smk bentar lagi mau lulus aku ingin lanjutkan kuliah NTU di singapore tapi gatau caranya mendaftar disana itu . Balas ..
    Makasiih

    • Hai! :p
      Klau daftar untuk masuk tahun ini sudah tidak bisa, tapi daftar tahun ini bisa (perkiraan nanti Oktober sampai pertengahan Desember 2015), tapi masuknya sekitar Agustus 2016. 😀

      Eric

    • Hai!

      NTU mensyaratkan nilai setidaknya 80 untuk kebanyakan pelajaran, tapi bukan berarti harus >= 80 untuk semua pelajaran semua semester. Untuk tahu saja, ada beberapa nilai 70-an di raporku untuk pelajaran yang di-UN-kan (waktu kamu mengisi formulir pendaftaran nanti hanya diminta pelajaran yang masuk dalam UN sesuai jurusanmu).

      Eric

  8. hallo gan.. nih saya mau tanya sebenarnya apa tamatan smk bisa apply ke NTU jg ya???
    soalnya saya baru nerima email dari NTU katanya tamatan SMK tidak di terima .. JADI YANG MANA BENAR NIH .
    mohon di balas ya..

    • Saya mohon maaf waktu itu untuk komentar sebelumnya saya salah baca pertanyaan, dikira apa yang sudah kuliah bisa.

      Pendaftar dari SMK tidak bisa mendaftar dikarenakan struktur kurikulum yang berbeda.

      Saya mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan semoga membantu.

      Eric

  9. kak.. terus persiapan b.inggris dan math a-level itu gimana yha..
    kursus kah??
    atau gimana y?
    kakak sndri dulu persiapan b-inggris dengan math itu gimana..

  10. halo kak, saya sudah tes di NTU, dan soalnya, lumayan greget, untungnya gak se greget di contoh soal, masih bingung, kapan pengumuman tesnya y??, makasih k

  11. Haloo Kak ! Ak baru kelas X nih, tahun ajaran 2014-2015 tertarik masuk NTU jurusan Komunikasi . Mohon sarannya kak, ^_^.Persiapan TOEFL kira2 butuh waktu smpe brp bulan/tahun ?? Bedanya mendaftar sebelum UN dan sesudah UN apa kak ? Trims.

  12. kak, adakah daftar nama peserta yang lolos seleksi dan diterima di NTU tahun ini (2015)? atau pengumuman hanya disampaikan langsung kepada peserta?

  13. Hi nama saya Alberth. Saya sekarang sedang menjalani program S-1 Teknik Elektro. Saya sedang mencari2 beasiswa untuk program S-2. Syarat2 beasiswa d NTU apa ya ka? Saya tertariknya d jurusan IT

  14. Kak mau tanya kalo ekstensi di NTU bisa gak yah? kalo bisa, ada beasiswa ekstensi gak ya? saya mahasiswa tingkat akhir D-III Pengelolaan Hutan di Universitas Gadjah Mada.

    Makasih ya kak

  15. Kak mau tanya kalo masuk melalu jalur non akademik nya bisa kak?? Terus cara nya gimana tuh kak… Kebetulan bahasa inggris ku jugq belom memungkinkan kak.. Sebelumnya makasih kak:)

  16. hai eric
    anak sy sering banget membicarakan NTU, ngebet banget ingin kuliah disana (skrg klas 1 SMA) tp sy kuatir ttg biayanya.
    apa ada program beasiswa di NTU ? kl ada bgm cara dan sistemnya ?

  17. Hai!
    saya meminta tolong kepada kak eric apa saja syarat yang saya butuhkan untuk bisa diterima di NTU untuk program S1 tahun 2016/2017.
    Dan saya juga meminta tolong kepada ka eric untuk memberitahukan bagaimana tata cara registrasi pendaftaran mahasiswa baru di NTU.

    terima kasih.

  18. saya muhammad indjra dije. saya ingin bertanya untuk informasi kuliah di NUS atau NTU apakah masih dibuka pendaftarannya?

  19. kak, aku mau ambil Sistem Komputer S1, kalau mau ambil kuliah 1 tahun langsung ke NTU bisa? atau s2 kesana dpt beasiswa syaratnya apa aja ya? terimakasih

  20. Kak pelajaran disana menggunakan bahasa inggris semua atau ada yang menggunakan bahasa mandarin lalu jurusan kakak apa ya

  21. kak, kapan pendaftaran untuk 2016/2017 nya dibuka?
    aku pengen banget masuk NTU nih, gimana caranya ya?

  22. Kak eric, saya memang kepikiran buat sekolah di NTU. Saya akan lulus SMA tahun depan. Jadi saya harus ikut yang di bulan Oktober tahun ini ya? Itu daftarnya di website NTU sendiri? Yang harus saya lakukan pertama apa ya kak?

  23. Kak, kalau tentang TOEFL/IELTS-nya, tesnya nanti di awal tahun depan kalau lulus, atau sertifikat hasil IELTS-nya langsung dilampirkan saat pendaftaran di bulan oktober nanti? Buat jaga-jaga soalnya biar ada persiapan yang maksimal sebelum tes. Terima kasih kak’.

  24. Kak, aku mau nanya dong, kalau mau daftar itu jadi tunggu kita pegang nilai UN atau pas SMA 3 udah boleh daftar? Aku 2016 juli baru lulus SMA jadi kalau mau daftar kira2 tahun ajaran brp ya?

  25. hai kak!
    saya sekolah di smk yang masa didiknya selama 4 tahun. memangnya smk benar benar tidak bisa masuk ntu?
    terima kasih sebelumnya :)

  26. Kak, aku lulusan MA tahun 2015. Minta saran dong buat buku persiapan uee, minat aku di jurusan fisika dan matematika, teknik mesin dan teknik elektro dan elektronika. Terima kasih

  27. Kak mendingan pakai agen apa nggak? Nilaiku selama 3 semester pertama naik, tapi semester ke empat agak turun, tapi masih masuk 50 besar sekolahku, sekolahku sekolah yg favorit di kota saya. Ada nilai nimimal toefl ibt? berapa ya kak kira-kira? kira kira ada program beassiwa tidak? terus persyaratan lainnya bagaimana? terimakasih

  28. kak, saya kan tahun ini sudah kelas 3smk. saya jurusan multimedia di sekolah it. jurusan sistem informasi ada di NTU ga kak ? sama perkiraan biaya berapa ya ? :)

    • adik saya juga mendapat beasiswa ini dan saat ini saya dan keluarga curiga karena setelah dilacak tidak ada jawaban yang pasti. apakah beasiswa yang diterima rekan anda adalah yang deadline untuk sign-in tanggal 19 agustus di singapura? karena untuk kelas 2015/2016 orientasi sudah dimulai tanggal 3 agustus. karena itu kami curiga, apakah ini beasiswa sungguhan atau palsu.

  29. Kak saya dr semarang.. Mau coba daftar NTU jurusan Sastra Inggris.. Saya skrg duduk kls Xll, stelah kita dinyatakan terpilih&lolos kita langsuhng flight singapur mengikuti ujian tes or gimana? Saya masih bingung di bagian akomondasi dan tes stelah ketrima .. Merci

    • Hai, kita sama nih aku juga rencana mau ngambil jurusan itu di NTU, boleh minta kontaknya gak biar bisa share info?

  30. Mas saya Rizky Ramadhan saya sudah lu2s di Teknik informatika ub kalau say ingin mendaftar NTU apa web site resmi pendaftarannya mas? Saya berminat ambil ilkomnya

  31. Hi !

    Saya sudah lulus s1 di salah satu sekolah tinggi di Pekanbaru. Rencana untuk mengambil s1 dgn jurusan berbeda di sg. Apakah ada kemungkinan untuk mendapatkan beasiswa ? Dan atau tution fee or tuition grant ?
    Terimakasih

    • saya baru mau UN 2016, bagaiman prosedurnya untuk mendapqatkan Beasiswa di NTU , dan kiat kiatnya untuk memperlancar? mohon arahannya , trims

  32. Selamat sore kakak,
    bagaimana caranya mendaftar untuk progam S-2 dan apakah progam NBS itu diwajibkan membuat thesis untuk progam coursework?
    Terima Kasih

  33. Maaf mau bertanya boleh untuk informasi tentang beasiswa untuk melanjutkan S2 di kampus ini apa saja yang diperlukan sebagai kelengkapan persyaratan untuk memenuhi syarat dikapus tersebut ? tolong diinfokan ya, terima kasih !!!

  34. Kak, mau nanya. Kalau masuk NTU untuk jurusan fashion designer itu, nilai apa aja yang dilihat ? Terus kalau mau masuk NTU tanpa seritifat Inggris berstandar itu bisa ga ? Untuk tahun ini , pembukaan pendaftaran juga dari tinggal 1 Oktober ? Makasih sebelumnya

  35. apa cuma lulusan sma doang yg bisa daftar masuk NTU ka ? gimana dengan lulusan smk ? untuk syarat beasiswa NTU apa aja ya ka ?
    terimakasih

  36. Saya lulusan SMK Farmasi Penabur tahun 2007, kira2 bisa masuk gak ya??
    oh iya..yg kamu share program beasiswa ntu atau reguler?
    trimakasih banyak udah mau share

  37. kak sya binggung , kalau mau masuk nanyang hrus ambil A lvl kah ( IGCSE) , kalau saya tidak mengambil IGCSE saya dapat masuk daftar tidak? saya sudah kelas 3 sma dan saya sangat berminat dan berharap dapat masuk ke NTU tetapi saya binggung bagaimana caranya . Kkak kkak tolong bantu saya

  38. hai kak, sya sudah h-2 test masuk ntu dengan mata pelajaran yang diujikan mat,inggris,fisika . Kalo berkaca dari tahun wktu kaka tes dulu apa soalnya susah sperti yang rumor beredar? Sama minta tipsnya juga ya ka buat baik sebelum tes dan waktu tes besok. Thx 😀

  39. Kak, saya baru aja selesai entrance exam ntu hari ini yg diadain di smuki dan so hard! Tahun tahun lalu kirakira berapa org yg ketrima di ntu ya? Just curious apa saya masih ada chance untuk masuk HAHA thanks kak(:

  40. Permisi kalo untuk lulusan SMK bagaimana Kak ? saya ingin meneruskan belajar di computer science nya NUS . Kalo bisa bagi pengalamannya dong waktu daftar terus + bayarnya bagaiamana , terima kasih

  41. Kak, aku skrg kls 11 dan berencana msk NTU utk thn pel.2017/2018. Aku mau nanya kalo kaka sendiri sekolah di NTU butuh biaya brp ya? Dan kalo ambil design materi yg di test apa saja ya? Please reply ya kak i hope you read this. Thanks a lot.

  42. Kak, saya mau tanya. Nilai rapor yang dilihat hanya mata pelajaran yang di-UN-kan atau semua mata pelajaran? Terimakasih

  43. Kak,, itu kalau mau lanjut s1 gimana caranya
    Terus buat pendaftaran tahun ajaran 2016/2017 kapan bukanya??
    Tolong info nya ya

  44. Permisi kakak, apakah ada kualifikasi nilai UN minimum dalam pendaftaran di NTU? Atau hanya SKHUN saja yang dibutuhkan? Untuk tahun 2017/2018 pendaftaran dibuka kira2 kpn ya? terima kasih sbelumnya

  45. Hi Eric, I’m Rachel from Kudo Technology Indonesia.

    Kudo is a Startup company and we ease people who have no access to the internet to do online transaction. so, through Kudo, people can do online transaction in cash.

    i would like to ask you about NTU, can i get your email address ?

    thank you so much :)

  46. Kalau di sini ada pejuang undergraduate NTU, bisa pm id line ke gue untuk ikut join ke grup line Pejuang NTU. Kita bisa sharing pengalaman dan berbagi informasi tentang NTU di sana dan mungkin bisa ketemu jodoh hehehe :p

    Selamat berjuang.

  47. halo kak, aku mau tanya. di NTU ada jurusan sastra inggris? dan boleh bocoran kira-kira jika lulus sampai ke tahap wawancara apa yang biasanya ditanyakan? terima kasih kak^^

  48. Halo kak, kalau untuk masuk medical school nya NTU, aku punya kesempatan masuk ga ya? Karena katanya kan untuk masuk ke kedokteran NTU atau NUS susah banget.. Thank you.. :)

  49. Hallo eric…maap mau tny anak tante skr klas 3sma 2016, info dong pendaftaran di buka mulai kpn dan sampai kpn ya? Makasih infonya eric…tante mau tny byk sebenarnya…kami di sby

  50. hi kak mau tnya. kalau anak ips kan ujiannya berbeda dengan anak ipa. nah aku uda nyari buku2 ao level itu kok ga ada ya. Kalau untuk buku ao biasanya pesen dimana kak? thx

  51. Halo kak eric! aku mau tanya kak tentang pengalaman kakak waktu isi form masuk NTU ehehehe. Nanti waktu kita isi formnya sekalian harus nulis essay 300 kata ya kak? boleh bagi tips2 untuk writing essay nya jg gak? thank you :)

    • Rapor 4 dalam arti total selama SMA nanti cuma total dapat 4 apa baru ada 4? Setahuku akselerasi harusnya tetap total dapat 6.

      Untuk daftar NTU buat yang belum lulus UN cukup rapor semester 1 – 4.

      Eric

  52. kak, mau nanya. untuk beasiswa s1 kalo yang non organisasi bisa tidak? dan kalau tidak bisa untuk uang kuliah regulernya berapa ya?

  53. Hallo ka
    Saya berencana kuliah di nus
    Yang saya mau tanyakan
    1. MTL Exemption Letter itu apa ya ka ? Dan apakah ada formatnya?
    2. Criminal record itu apa?
    3. Pada saat oktober saya sudah tes toefl ibt namun hasilnya belum mencukupi, dan rencananya saya mau ambil ielts nya saja. Apakah boleh sertifikat nya menyusul?
    Ohya ka, jujur aja aku juga bukan anak yang pintar, apakah masih ada peluang untuk diterima nya?
    Terimakasih sebelumnya, mohon bantuan nya

  54. Kak, saya berminat untuk mencoba apply NTU ADM. saya ada sedikit kebingungan dalam meng-apply admission (yang khusus buat ADMnya) . kira kira ada gak kontak alumni/pelajar NTU ADM yang dari indonesia yang bisa menolong saya ? thankyou kak.

  55. Halo kak, saya mau tanya apabila seandainya tidak diterima di NTU kan kata kakak boleh ajukan surat banding. Itu formatnya seperti apa ya?

  56. Kak Eric , saya mau tanya kalau saya gk punya kartu kredit , dan di daerah saya gk bisa bank draft, bagaimana ya saya cara bayar application fee dari ntu kak??, dan kak buku rekomendasi untuk prepare test ntu apa ya kak?? , kakak alumni dari ntu ya kak?? . kak toloog bantu saya kak…

  57. Kak, document ku sudah terkumpul semua. Tetapi gimana ya cara membayar biaya pendaftaran melalui visa? Lalu, setelah membayar biaya pendaftaran langsung masukin document nya aja ya di lembar website yg sudah disediakan? Atau harus menunggu konfirmasi penerimaan pembayarannya?Terimakasih kak.

  58. Kak saya siswi akaslerasi sistem sks sehingga hanya ada 4 sem dan utk skrg saya baru punya rapot 2 sem apakah saya masih bisa apply ka

  59. Kalau dari jurusan ips bisa nggak ya? Soalnya mulai dari smp aku sudah pengen masuk nanyang, nilaiku juga cenderung ke jurusan ipa. Tapi setelah masuk sma aku di masukkan ke ips. Sekolahku nggak mengijinkan siswanya pindah jurusan

  60. Halo kak, aku ada minat untuk daftar ke NTU untuk tahun depan ini. Aku mau tanya, kalo mau ikut seleksinya ini apa harus datang ke universitasnya langsung atau via online aja? ada syarat TOEFL minimumnya juga nggak, dan berapa? Pendaftaran ini apa termasuk beasiswa atau tidak? Sebaiknya daftar beasiswa dulu atau lolos seleksi univ nya dulu? Terima kasih

  61. Putra saya ingin mengikuti program beasiswa untuk ASEAN ke NTU. Tadi saya buka web NTU untuk scholarship undergraduate programme, syarat applicants-nya adalah sebagai berikut:

    Applicants with the following qualifications:
    Singapore-Cambridge GCE ‘A’ level
    Diploma awarded by a polytechnic in Singapore
    NUS High School Diploma
    IB Diploma

    Itu maksudnya apa ya, Kak?
    apakah harus ikut Pre-University 1,2,3 di Singapore dulu atau bisa dari tingkat SMA?

  62. Kk sy xenon baru kelas 10 sih mau tanya ttg nilai rapot…krn sy jurusan Mia, apa semua pelajaran harus A gitu? Krn untuk pelajaran bukan sain nilai sy rata_ rata B. Apa sy bisa lulus verifikasi rapot kk? Tolong jawab ya kk

  63. Kak aku ingin masuk NTU tetapi semester 1-3 nilai saya kurang memuaskan dikarenakan saya belajar kalkulus kelas 10-11, saya cuman suka matematika dan fisika, apakah masih ada harapah saya masuk NTU?

  64. HALOO KAK,saya mau tanya kalo sudah lulus 1 tahun masih ikut UEE atau tidak ? kalau nilai UN saya kurang memuaskan apakah saya boleh memilih mengikuti UEE saja daripada mengisi nilai UN ? karna dari beberapa web NTU dan NUS ada yang mengakatan, bagi siswa yang sudah lulus dan memiliki nilai UN tidak perlu mengikuti UEE. itu bagaimana ya ??? mohon bantuannya kak……………

    Anggini

  65. Halo kak, aku mau nanya dong, aku kan udh 2 tahun lulus, jadi mungkin mau coba tahun depan masih bisa gak? soalnya, aku gamau ikutan sbmptn lagi, udh 2 kali nyoba masih gagal:( kalo mau ikut tahun depan kira2 tanggal berapa ya kak buka pendaftaran, dan syarat2 yg udh lulus apa aja, terima kasih kak sebelumnya.

  66. pak eric, kalau mau melanjutkan sekolah sma ke singapore untuk sekolah government nya bagaimana langkah2 nya ya pak?
    terimakasih

  67. Ka mau tanya, bagaimana dengan persiapan ujian untuk masuk NTU nya? yang terkenal sulit. Lalu ka bagaimana jika ingin mengajukan beasiswa bagaimana prosedur nya. Mohon bantuanya ka

  68. kak, saya sudah lulus sma tahun ini dan sayangnya nilai UN saya kurang memuaskan tetapi nilai rapor saya di atas 85. Apakah ada harapan untuk lolos administrasi NTU jurusan Chemical and biomolecular engineering dan apakah benar CBE sangat sulit untuk di masuki. mohon jawabannya ya, kak

  69. Bang Eric saya mau bertanya Saya masih kuliah D 3 dan ingin melanjutkan kuliah saya untuk S-1 nya apakah ada kelas extensi di NTU? terimakasih

  70. Hai kak Eric. Perkenalkan saya Juan Ronald dari Pontianak. Untungnya, saya shortlisted untuk ikut Entrance Examination. Nah, untuk Entrance Examination, saya bakalan ngerjain soal Math A Level, Physics, dan English.

    Utk pelajaran seperti Math A Level dan Physics, itu sudah disediakan silabus nyaa oleh NTU. Apakah cukup jika hanya mempelajari silabus tersebut untuk lolos Entrance Exam nya?

    Terimakasih kak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here