Mentorship

Selamat pada mentee dan mentor yang lolos pada seleksi tahun 2017. Seleksi program mentorship selanjutnya akan dibuka pada pertengahan tahun 2018.

Sejak tahun 2012, program Mentorship Indonesia Mengglobal telah mempertemukan puluhan mentee dengan para mentor yang merupakan mahasiswa atau alumni universitas-universitas terbaik di seluruh dunia. Para mentor serta tim Indonesia Mengglobal tidak dibayar dan program ini tidak dipungut biaya.

Program ini dibentuk berdasarkan keyakinan Indonesia Mengglobal bahwa siswa-siswi Indonesia sangat berpotensi untuk belajar di universitas-universitas ternama di dunia. Namun, kebanyakan dari mereka mengalami kendala karena minimnya informasi dan inspirasi saat dihadapkan oleh rumitnya sistem aplikasi universitas di luar negeri. Misalnya, saat diharuskan mengambil tes uji analitis seperti GMAT atau GRE, menulis esai, atau menyertakan surat rekomendasi, banyak yang masih memerlukan bimbingan dari mahasiswa atau alumni Indonesia lain yang telah berhasil melalui proses aplikasi tersebut dengan sukses.

Oleh karena itu, program mentorship dibentuk untuk memberikan informasi dan inspirasi bagi para mentee yang sedang dalam proses aplikasi universitas di luar negeri. Indonesia Mengglobal sangat bangga dengan kesuksesan para mentee sejak tahun 2012 yang telah berhasil diterima di berbagai universitas terkemuka dunia, dan kami yakin bahwa para mentee di tahun-tahun selanjutnya juga akan mencapai kesuksesan serupa.

Target peserta

Program ini diperuntukkan bagi para calon mentee yang bermaksud mengajukan aplikasi tingkat S1 (bachelor), S2 (masters) atau S3 (PhD). Universitas tujuan tidak dibatasi dari sisi lokasi, sehingga calon mentee bisa mendaftar ke universitas di Amerika, Asia, Australia, ataupun Eropa. Kami sadar bahwa proses aplikasi sekolah adalah proses yang sangat personal, karena itu kami akan menjaga kerahasiaan seluruh data pelamar dan identitas mentee yang terpilih.

Program ini juga diperuntukkan bagi mahasiswa ataupun alumni Indonesia yang telah maupun sedang menempuh pendidikan tingkat S1, S2 atau S3 di luar negeri dan ingin berkontribusi sebagai mentor untuk membantu calon mahasiswa lainnya di proses aplikasi universitas.

Proses seleksi mentee dan mentor

Para mentor dan para mentee dipilih melalui proses rekrutmen terbuka yang diselenggarakan setiap tahunnya. Setelah dinyatakan lolos proses rekrutmen, Indonesia mengglobal akan melakukan seleksi berdasarkan kecocokan mentee dan mentor, prestasi akademis dan ekstrakurikuler mentee, kecocokan mentee dengan program yang dilamar, serta komitmen mentee dan mentor terhadap program mentorship.

Struktur program

Program mentorship akan berlangsung selama kurang lebih tiga bulan, dari Juli sampai dengan Oktober, di mana dalam setiap periode dua minggu sekali akan dibahas topik-topik yang berbeda sesuai kebutuhan aplikasi kuliah di luar negeri, seperti memilih sekolah, tes bahasa atau uji analitis (GMAT dan GRE), menulis esai, mendapatkan rekomendasi, beasiswa, dan lain-lain. Metode yang dilakukan adalah seminar jarak jauh dan mengerjakan tugas mandiri. Program mentorship membantu memastikan mentee mempersiapkan aplikasinya secara terorganisir dan sesuai jadwal untuk pada akhirnya didaftarkan untuk periode perkuliahan.

Selain mengenalkan para mentee pada mentor yang telah berhasil diterima di sekolah mereka masing-masing, IM Mentorship juga menyediakan struktur untuk proses persiapan aplikasi sekolah mentee, dan meminta pertanggungjawaban mentee untuk mengerjakan tugas-tugas dalam program Mentorship.