MSc Ethnobotany di University of Kent

Forums Pendidikan Berdasarkan Lokasi Pendidikan di Inggris MSc Ethnobotany di University of Kent

This topic contains 1 reply, has 2 voices, and was last updated by Christina Juwita Christina Juwita 2 years ago.

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • #13339
    abdiafrizal
    abdiafrizal
    Member

    Perkenalkan, saya Abdi mahasiswa semester 8 Universitas Brawijaya. Saya dalam tahap penyelesaian studi saya di jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian.
    Saya berencana melanjutkan studi ke Inggris, tepatnya di jurusan Ethnobotany, School of Antropology & Conservation di University of Kent. Dari hasil survei saya selama ini, sepertinya universitas tersebut merupakan satu-satunya dan universitas pertama yang menawarkan program master di bidang etnobotani. Sekilas, etnobotani ialah kajian mengenai hubungan antara tumbuhan dan manusia. Di Indonesia mata kuliah etnobotani biasanya masuk ke jurusan Biologi FMIPA atau Kehutanan. Memang kajian ini lebih menitikberatkan pada bagaimana manusia memanfaatkan, melestarikan, dan status tumbuhan tertentu di suatu suku/ komunitas. Misalnya pemanfaatan tumbuhan tertentu yang dapat diklasifikasikan berdasarkan manfaatnya menjadi tumbuhan pangan, obat, ritual, konstruksi, teknologi lokal dsb.
    Pertimbangan saya memilih University of Kent adalah:
    1. Satu-satunya prodi di Eropa
    2. Dua dosen di sana intens mengadakan penelitian di Indonesia, utamanya penelitian Suku Dayak dan di Maluku
    3. Bekerja sama dengan Royal Botanic Garden, Kew, yang merupakan taman botani dengan koleksi terbanyak
    Saya tertarik mempelajari bidang ini. Yang saya ragu adalah, bagaimana cara kita membandingkan suatu prodi kalau prodi tersebut hanya ada satu-satunya? Selain itu, University of Kent tidak termasuk dalam daftar universitas tujuan untuk beasiswa LPDP, maupun prodinya tidak termasuk unggulan. Rangking University of Kent juga tidak termasuk dalam 200 besar atau 100 besar di dunia.
    Saya stuck di situ. Universitas tersebut menawarkan apa yang saya ingin pelajari, namun di sisi lain reputasi universitasnya kurang memadai. Adakah yang bisa membantu? Atau adakah kiblat untuk ilmu tersebut di universitas di Eropa? Terimakasih 😮

    #13511

    Hi Abdiafrizal,

    Saya kebetulan nggak paham ilmu yang dimaksud jadi nggak bisa komen banyak soal ilmu nya. Tapi dari cerita kamu diatas, sepertinya kamu sudah punya alasan yang cukup kuat untuk memilih universitas tersebut. Kalau soal LPDP, kenapa tidak dicoba dulu? asalkan kamu menuliskan dengan jelas betapa pentingnya kamu memilih jurusan ini dan universitas ini, dan juga bagaimana kamu bisa berkontribusi terhadap Indonesia setelah kamu lulus dari jurusan ini nantinya. Mungkin kamu bisa mulai melakukan kontak dengan dosen yang sedang melakukan penelitian di Indonesia itu.

    Intinya, jangan ragu untuk mencoba, kamu tidak akan tau hasilnya kalau tidak dicoba :) Sukses ya!

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)

You must be logged in to reply to this topic.