Tips and Trik Mendapatkan Kerja di Kanada sebagai Internasional Student

0
1623
Saat menang IG Case Competition
Saat menang IG Case Competition

Siapa yang tidak mengingikan berkerja di negara maju seperti Kanada. Banyak sekali pengalaman yang akan Anda dapat dengan bekerja di negara maju dan merupakan pengalaman yang sangat berharga. Tentunya, hal ini tidaklah mudah untuk dicapai perlu kemauan dan semangat dari diri sendiri untuk bisa meraih kesuksesan di negara orang. Sebagai international student di negara orang atau imigran, tentunya membutuhkan usaha lebih dibanding mereka yang sudah lahir dan tumbuh besar di Kanada. Yuk simak tips and Trik dari mereka student-student dari Indonesia yang sudah berpengalaman dan berhasil mendapatkan pekerjaan di Kanada.

  1. Volunteer 
Memulai pengalaman kerja dan membangun relasi dari mengikuti volunteer merupakan tahap awal dari perjalanan Anda. (sumber: wastatepta.org)
Memulai pengalaman kerja dan membangun relasi dari mengikuti volunteer merupakan tahap awal dari perjalanan Anda. (sumber: wastatepta.org)

Volunteer atau kegiatan bekerja sukarela adalah tahap pertama yang biasanya dilakukan student untuk mendapatkan pengalaman bekerja di Kanada. Kegiatan ini juga memberikan peluang untuk student agar bisa bersosialisasi dengan student dari berbagai negara. Volunteer juga bisa menjadi media student untuk mengetahui lebih dalam bidang apa yang diminati.  Volunteer merupakan salah satu trik untuk mempermudah student untuk mencari perkerjaan di Kanada. Karena dengan menjadi volunteer internasional student akan mendaptkan “Canadian Experience”. Pengalaman selama volunteer inilah yang nanti akan dilihat dan dipertimbangkan oleh employeer Kanada dalam proses seleksi mereka. Karena ketika mencari pekerjaan, employeer akan melihat dan mempertimbangkan “Canadian Experience” dalam proses seleksi mereka. Dengan memperbanyak pengalaman volunteer secara langsung student telah membangun Canadian Experience mereka.

  1. Membangun Relasi dengan Dosen
MISA Dinner
Pada saat Management Information System student networking dinner

Mengapa membangun relasi dengan dosen itu penting? Karena Dosen bisa membantu student dalam membagikan informasi mengenai volunteering dan peluang kerja di kampus. Jadilah student atau mahasiswa yang pro-aktif agar Anda tampil lebih unggul di antara murid-murid yang lain dan menjadi perhatian para Dosen. Jika dosen mengetahui dan mengenal kita lebih dekat, besar kemungkinan kita bisa bekerja dengan dosen tersebut sebagai researcher atau assisten dosen. Hal ini dapat menjadi pengalaman dan point lebih Anda ketika mencari kerja.

  1. Tidak Malu untuk memulai dari Bawah

Mendapatkan pekerjaan sesuai bidang yang kita minati merupakan impian semua orang. Akan tetapi kita harus mulai dari bawah untuk bisa mencapai sesuatu yang kita inginkan. Sebagai contoh, banyak internasional student yang memulai pengalamanannya dari bekerja part-time di kampus, restorant, perpustakaan, bahkan di supermarket. Sebagai internasional student di Kanada, Anda diperbolehkan untuk bekerja 20 jam per-minggu. Dengan berkerja part-time Anda tidak hanya mendapatkan pengalaman tetapi juga tambahan uang saku.

  1. Membuat resume sesuai standar dan mengikuti mock interview
Membuat resume dan mengikuti simulasi interview akan sangat membantu Anda untuk mempersiapkan skill dan mental Anda. (sumber : monster.com)
Membuat resume dan mengikuti simulasi interview akan sangat membantu Anda untuk mempersiapkan skill dan mental Anda. (sumber : monster.com)

Resume yang Anda pernah buat di Indonesia pasti memiliki standar yang berbeda dengan resume di Kanada. Maka dari itu Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan Career Advisor untuk membantu Anda dalam proses penyusunan resume, agar resume Anda lebih menonjolkan pengalaman dan kualifikasi yang diperlukan dalam pekerjaan. Anda bisa mengetahui informasi mengenai pekerjaan yang tersedia di market saat ini dan pekerjaan apa yang kira-kira cocok dengan pengalaman Anda dari Carrer Advisor. Selain itu, Anda bisa mengikuti mock interview atau simulasi interview kerja yang akan melatih dan membangun kerpercayaan diri Anda sebelum menghadapi interview saat melamar kerja.

  1. Menghadiri Career Fair
Hadirilah setiap career fair di daerah Kampus atau kota Anda agar wawasan Anda mengenai kulifikasi di perusahaan yang Anda incar bisa Anda lengkapi. (sumber : glassdoor.com)
Hadirilah setiap career fair di daerah Kampus atau kota Anda agar wawasan Anda mengenai kulifikasi di perusahaan yang Anda incar bisa Anda lengkapi. (sumber : glassdoor.com)

Setiap kampus di Kanada biasanya mengelar acara Career Fair dengan mendatangkan beberapa employer atau perusahaan-perusahaan dari berbagai macam industri. Di acara inilah Anda dapat mengetahui pekerjaan yang tersedia atau perusahaan apakah yang sedang menerima pegawai saat itu. Anda dapat menanyakan posisi apa yang sedang tersedia dan menanyakan pula kualifikasi apa yang diperlukan untuk posisi tersebut. Anda juga perlu mencoba untuk mendatangi booth atau perusahaan yang menarik untuk Anda dan mulai menyesuiakan kualifikasi pekerjaan tersebut.

  1. Memperkaya Ilmu dan Pengalaman dengan menghadiri Free Workshop 
Tambah skill dan ilmu Anda dengan mengikuti workshop-workshop yang diadakan di Kampus (sumber : hail.to)
Tambah skill dan ilmu Anda dengan mengikuti workshop-workshop yang diadakan di Kampus (sumber : hail.to)

Di Kanada banyak sekali workshop gratis yang dapat Anda hadiri untuk menambah soft dan hard skill untuk menambah point saat Anda melamar pekerjaan. Workshop ini biasanya diadakan oleh asosisasi-asosiasi atau program-program kuliah di Kampus. Sebagai contoh, jika jurusan yang Anda pilih adalah engineering (Teknik) akan banyak workshop mengenai topik engineering dan bidang-bidang yang berkaitan. Anda juga perlu rajin mencari informasi dari komunitas-komintas dibidang kuliah atau minat Anda.

Jika Anda tertarik untuk melanjutkan sekolah mulai dari SMA dan Kuliah juga bisa mulai dari belajar Bahasa Inggris di Kanada atau ada program-program lain, Anda bisa mencari info lebih banyak dengan Kami Salak Education Consulting di website www.kuliahkanada.com. Jika Anda ingin berdiskusi lebih lanjut, Anda bisa mengisi informasi Anda disini link : https://mailchi.mp/8c28e57a7794/kuliahdikanada.

SHARE
Previous articleStudent Conference 101: From Preparation to Presentation!
Next articleBuat Apa Aktif di Persatuan Pelajar Indonesia Saat Studi di Luar Negeri?
Erha Andik
Erha Andika berangkat ke Kanada pada umur 17 tahun ke Winnipeg, Manitoba untuk melanjutkan Pendidikan tinggi. Selama kuliah, Erha sempat menjadi President di Indonesian Student Group of Winnipeg dan juga Vice President di Management Information System Association. Setelah lulus, Erha berkarir di bidang Business Development di industry drone di berbagai perusahaan teknologi terkemuka di Kanada di dunia. Saat ini juga Erha sedang mengembangkan Salak Education Consulting untuk membantu murid-murid Indonesia yang berminat untuk melanjutkan kuliah di Kanada. Berbagai tips dan cerita sudah dibagikan di blog Erha di website-nya. Untuk menghubungi Erha dan bertanya mengenai kemungkinan kuliah di Kanada bias hubungi info@kuliahkanada.com.