UCAS: Cara Mendaftar Kuliah S1 ke Inggris

0
664
Ingin melanjutkan kuliah S1 ke Inggris? (Source: HCID)

Sekitar 3 bulan lagi pendaftaran perkuliahan ke Inggris akan dibuka loh. Tahukah kamu jika pendaftaran kuliah di Inggris biasanya serentak dilakukan pada bulan September atau Oktober setiap tahunnya dan kita diharuskan mendaftar melalui Universities & Colleges Admissions Service (UCAS). Nah, sudah sejauh mana persiapan kamu? Artikel dari Hotcourses Indonesia berikut ini akan sangat membantu proses persiapan kamu berkuliah ke Inggris. Yuk kita simak!

* * *

Semua pendaftaran ke program Strata 1 (S1) di Inggris dilakukan via Universities & Colleges Admissions Service (UCAS). Jika kamu mendaftar melalui agen pendidikan maka mereka akan membantu kamu mengurus pendaftaran, tetapi pendaftaran tersebut juga tetap akan dilakukan melalui UCAS. Jika kamu ingin mendaftar sendiri, pelajari terlebih dahulu tentang proses pendaftaran UCAS.

Beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mendaftar melalui UCAS

1. Biaya pendaftaran

Ada ratusan jurusan yang tersedia di Inggris yang bisa menjadi pilihan kamu. Saat melakukan pendaftaran, kamu bisa memilih hingga 5 program studi. Namun, khusus untuk program kedokteran, kedokteran gigi dan kedokteran hewan, kamu hanya diperbolehkan memilih maksimal 4 program studi. Jika kamu hanya mendaftar untuk satu program studi, biaya pendaftarannya adalah £18 GBP dan jika kamu memutuskan untuk mendaftar di lebih dari satu program studi, biaya pendaftarannya adalah £24 GBP.

2. Kapan sebaiknya mendaftar

Pada umumnya, perkuliahan S1 di Inggris dimulai setiap bulan September/Oktober. Tetapi ada juga program-program tertentu yang dimulai di bulan Januari dan Mei. Untuk melihat kalender akademik dimulainya perkuliahan, kamu bisa menemukan informasi ini dengan mengakses situs resmi universitas di bagian ‘admission’, atau membaca brosur resmi universitas tujuan kamu.

Tips penting seputar waktu pendaftaran:

  • Penting untuk diketahui, jika kamu ingin mencoba jalur beasiswa, umumnya kamu disarankan untuk mendaftar sebelum 15 Januari pukul 18.00 waktu UK.
  • Jika kamu ingin berkuliah di Oxford atau Cambridge, kamu hanya diperbolehkan memilih salah satunya pada saat pendaftaran (tidak bisa mendaftar untuk kedua universitas tersebut). Jika salah satu dari universitas ini adalah tujuan kamu maka kamu harus mendaftar sebelum 15 Oktober setahun sebelum perkuliahan dimulai. Misalnya kamu ingin kuliah di tahun 2020, maka kamu perlu mendaftar sebelum 15 Oktober 2019 pukul 18.00 waktu UK.
  • Jika kamu mendaftar untuk jurusan kedokteran, kedokteran gigi dan kedokteran hewan, disarankan untuk mendaftar sebelum 15 Oktober jam 18.00 waktu UK setahun sebelum perkuliahan dimulai.

3. Memilih program studi

Pastikan kamu telah memilih program studi yang kamu inginkan sebelum memulai proses pendaftaran. Tidak hanya itu, sebaiknya kamu juga sudah mempersiapkan dan memenuhi semua persyaratan pendaftaran dari program studi pilihan. Untuk mendapatkan informasi mengenai persyaratan pendaftaran, kamu bisa melihatnya di situs resmi universitas di bagian ‘admission’, atau membaca brosur resmi universitas.

Perhatikan juga apakah program studi yang kamu inginkan mensyaratkanmu untuk mengikuti ujian masuk. Jika iya, pastikan kamu mencatat tanggalnya dan mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian masuk tersebut sebaik-baiknya.

4. Dokumen yang perlu dipersiapkan sebelum mendaftar

Ada beberapa dokumen yang umumnya perlu dipersiapkan sebelum kamu mendaftar ke universitas impianmu, yaitu sebagai berikut:

IELTS

Sertifikat IELTS (International English Language Testing System) sangat diperlukan untuk mendaftar ke program S1 di Inggris. Biasanya diperlukan skor IELTS minimal 4.0 hingga 5.0 untuk program foundation (persiapan kuliah), 5.5 hingga 6.0 untuk program sarjana, dan 6.5 atau 7.0 untuk program pascasarjana.

Personal Statement

Personal statement adalah kesempatan yang harus kamu gunakan sebaik-baiknya untuk memperkenalkan versi terbaik dari dirimu kepada universitas. Kamu harus memberikan kesan baik yang bisa meyakinkan universitas untuk menerima kamu sebagai mahasiswa. Peran personal statement ini sangat penting dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan kamu dalam proses pendaftaran.

UCAS akan memintamu untuk menuliskan personal statement di kolom yang tersedia di situs webnya. Namun, tentu saja kamu dapat mengetiknya di ms. words terlebih dahulu dan mengedit personal statement kamu sebaik-baiknya. Lalu setelah kamu yakin dengan tulisan tersebut, kamu bisa menyalinnya ke kolom yang telah disediakan UCAS.

Beberapa kaidah yang perlu kamu patuhi dalam menulis personal statement antara lain:

  • Minimal 1000 karakter, maksimal 4000 karakter (termasuk spasi), atau 47 baris teks
  • Dituliskan dalam bahasa Inggris

Yang perlu kamu tuliskan dalam personal statement:

  • Alasan kamu memilih jurusan dan universitas tersebut
  • Apa yang membuatmu merasa cocok mengambil jurusan itu
  • Keahlian, prestasi dan pengalaman yang relevan (bisa termasuk perlombaan dan sertifikat yang kamu peroleh, kegiatan ekstrakurikuler yang pernah kamu ikuti)
  • Mengapa kamu ingin kuliah di Inggris dan bukan di Indonesia
  • Akan lebih baik lagi jika kamu bisa menuliskan rencana kamu setelah lulus, dan bagaimana kamu bisa memanfaatkan ilmu dan keahlian yang kamu pelajari setelah kuliah.

Cara mendaftar melalui UCAS

  1. Pertama-tama, akses situs web UCAS. Kamu perlu mendaftar terlebih dahulu dengan cara klik sign in di sudut kanan atas situs web UCAS, lalu kamu hanya perlu mengikuti petunjuk yang diberikan.
  1. Setelah berhasil sign in, kamu akan menerima email dari UCAS untuk verifikasi akun. Catat username kamu karena ini tidak akan ditampilkan di email dan agar kamu tidak lupa. Setelah itu, verifikasi akun kamu lewat email dengan mengikuti petunjuk yang dikirim ke email kamu.
  1. Setelah verifikasi berhasil, kamu akan masuk ke halaman ‘Welcome’. Di halaman inilah kamu akan mengisi semua data pribadi, riwayat pendidikan, riwayat kerja (jika ada), program studi yang ingin dipilih, personal statement, referensi dan keterangan pembayaran. Di bagian referensi, kamu perlu mengisi informasi pemberi referensi (misalnya kepala sekolah) dan pastikan kamu mengisi alamat email dan nomor telepon pemberi referensi yang aktif, karena UCAS akan menghubungi mereka secara langsung untuk mengirimkan referensi.

Cara mengisi riwayat pendidikan bisa ditonton pada video ini:

Cara mengisi kolom personal statement:

  1. Setelah semua lengkap, kamu bisa melunasi biaya pendaftaran sesuai dengan keterangan yang diberikan. Setelah itu, kamu bisa melacak perkembangan status pendaftaran kamu di bagian ‘Track Your Application’. Untuk melacak, kamu perlu memasukkan personal ID. Kamu bisa memperoleh personal ID di halaman ‘welcome’ setelah sign in.

Cara melunasi biaya pendaftaran:

  1. Jika aplikasi kamu diterima, kamu akan menerima letter of acceptance (LoA) atau penawaran tempat. Ada 2 jenis penawaran tempat: Unconditional Offer yang berarti kamu telah diterima, dan Conditional Offer yang berarti surat penerimaan bersyarat, dimana kamu baru akan diterima jika memenuhi syarat tertentu (misal nilai tes IELTS atau ujian masuk).
  1. Kemudian, kamu bisa mengkonfirmasi bahwa kamu menerima LoA tersebut yang berarti kamu menerima penawaran dari jurusan/universitas tersebut. Selanjutnya kamu dapat mengikuti petunjuk UCAS untuk langkah berikutnya.

Ini istilah penting yang sering muncul sewaktu pendaftaran:

Selamat melakukan pengisian aplikasi kuliahmu!

Click here for brochures of universities worldwide
Click here for brochures of universities worldwide