Kerja di Walt Disney World!

0
1623
Kelulusan dari Disney
Hari Kelulusan dari Cultural Representative Program

Seperti banyak anak-anak lain, Disney merupakan bagian besar dari hidup saya. Kebanyakan film dan TV show favorit di masa kecil saya merupakan film Disney, seperti The Lion King dan The Suite Life of Zack and Cody. Ketika saya mendengar bahwa Ian bekerja sebagai Cultural Representative untuk Disney, saya secara otomatis tertarik untuk mendengar ceritanya. Mari simak artikel berikut!

Kita boleh memiliki mimpi setinggi apapun. Seperti saya, mimpi untuk tinggal di luar negeri sudah saya impikan sejak pertama kali menonton High School Musical tahun 2006. Siapa yang tidak mau merasakan hidup di luar negeri? Mencicipi kehidupan di luar negeri adalah impian saya sejak SMA. Entah itu sekolah atau kerja pasti akan saya ambil tanpa ragu kapanpun kesempatan itu muncul. Ditambah melihat teman-teman saya yang menjadi mahasiswa di universitas di luar negeri, membuat saya semakin giat menggapai impian. Namun sampai lulus SMA pun saya belum punya kesempatan melihat secara langsung pemandangan di luar Indonesia.

Impian saya baru tercapai tahun 2018 yang berarti 11 tahun setelah saya lulus SMA. Saya dapat kesempatan untuk kerja di Walt Disney World, Florida sebagai perwakilan budaya (Cultural Representative) dari Indonesia. Siapa yang tidak suka Disney? Dari kecil saya dikasih tontonan Pinocchio, dibelikan buku mewarnai The Little Mermaid, bahkan saya ingat sekali salah satu stasiun TV nasional di Indonesia sering memutar ulang 101 Dalmatians di masa liburan sekolah. Bisa dibilang Disney adalah teman baik saya dari kecil. Waktu saya tahu Disney’s International Program ini, saya langsung buka laptop dan minta bantuan Google untuk cari tahu lebih rinci tentang program ini.

APA SIH CULTURAL REPRESENTATIVE PROGRAM (CRP)?

Program Cultural Representative merupakan salah satu program internasional milik Walt Disney World. Salah satu perusahaan terbesar di dunia ini merekrut beberapa orang dari seluruh benua. Mereka merekrut 2 orang perwakilan budaya dari Indonesia setiap tahunnya untuk bekerja selama 1 tahun. Saya beruntung sekali menjadi salah satu perwakilan untuk tahun 2018/2019.

Work place
Work place

Secara garis besar pekerjaan saya disini adalah berbagi pengetahuan ke pengunjung Disney World tentang Indonesia, seperti sejarah, budaya, geografi, tradisi dan juga tentang satwa liar dan konservasinya di Indonesia. Program ini adalah bagian dari tim edukasi karena tugas saya adalah untuk mendidik pengunjung Walt Disney mengenai Indonesia. Saya sangat menyukainya karena pekerjaan ini tidak berasa seperti bekerja. Bukan hanya saya yang berbagi ilmu, namun juga pengunjung berbagi pengetahuan mengenai negara asalnya.Sejauh ini tidak ada kesulitan yang saya hadapi di tempat kerja. Saya sangat suka pekerjaan ini karena selalu melibatkan keluarga serta anak-anak kecil dari seluruh penjuru dunia. Dari balita sampai kakek-nenek. Hal tersebut membuat pekerjaan saya tidak terasa berat. Menarik bukan?  

TAHAP – TAHAP MELAMAR PEKERJAAN SEBAGAI CRP

Persyaratan untuk bekerja disini tidak susah. Kalau umur kalian sudah 18 tahun ke atas, bisa berbahasa inggris dan sangat fleksibel mau bekerja di hari apapun, kalian sudah bisa melamar pekerjaan ini!

Ini langkahnya:

  1. Buat akun di website resmi mereka (Disney Careers),
  2. Cari lowongan pekerjaan “Southeast Asia Cultural Representative Program”,
  3. Klik “Apply”,
  4. Masukan biodata kalian ke dalam sistem mereka. Disini kalian diharuskan mengunggah CV dan cover letter yang sudah kalian siapkan khusus untuk program Disney ini,
  5. Selanjutnya tinggal menunggu email dari mereka!
  6. Setelah selesai urusan di website tersebut, kalian akan terima email memberitahukan kalau berkas kalian akan ditinjau terlebih dahulu. Dan dari pengalaman saya, waktu itu saya harus menunggu 2 bulan sampai menerima email untuk ke tahap selanjutnya yaitu Interview.
  7. Tahap interview disini kalian harus mempersiapkan laptop dengan kamera depan dan jaringan internet karena sistemnya video call.
  8. Setelah interview selesai, kalian hanya tunggu waktu saja untuk terima hasil interview. Waktu itu saya harus menunggu hasilnya 1 minggu setelah Interview.
  9. Jika lolos, mereka akan kasih tahu tahap selanjutnya dan jadwal keberangkatan kalian ke Amerika!

Tunggu apa lagi! Mudah kan? Psstt! Mereka buka lowongan pekerjaan ini setiap bulan September, intip terus website mereka setiap harinya di bulan September!

PENGALAMAN DI LUAR KEHIDUPAN KERJA

Ini bagian yang saya suka. Salah satu keuntungan menjadi karyawan Disney adalah kalian bisa mengunjungi Disney World maupun Disneyland California kapanpun selama kalian masih kerja disini dengan gratis. Ini yang paling penting, karena pihak Disney memiliki bis karyawan, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk ke tempat kerja atau ke properti milik Disney di Orlando. Gaji bisa kalian tabung untuk liburan ke negara bagian lainnya seperti California, New York, Washington DC dan banyak lagi.

Memiliki kesempatan untuk hidup di negara ini selama 1 tahun memberikan saya pelajaran banyak. Yang saya dapat disini tentunya saya memiliki banyak teman dari seluruh penjuru dunia. Dan pastinya mereka memiliki bahasa dan budaya yang berbeda. Kami semua disini adalah perantau yang tidak punya keluarga dan keraba. Berteman dengan orang dari berbagai negara mengajarkan saya untuk tidak menghakimi budaya orang lain. Sesungguhnya itu bagian yang paling menyenangkan karena saya bisa mempelajari bahasa dan budaya dari negara lain melalui mereka. Bersosialisasi sambil belajar, seru bukan?

Saya pun masih tidak percaya kalau saya sudah ada di negara ini setelah jerih payah mencari informasi melalui internet sejak SMA tentang beasiswa sekolah dan/atau kesempatan berkarir di luar negeri. Intinya kalau kalian percaya akan suatu hal, dengan bantuan usaha dan doa pasti akan terjadi suatu hari nanti.

Untuk kalian yang memiliki mimpi seperti saya, semangat mencari kesempatan kalian! Pasti kalian akan dapat kesempatan itu. Tinggal tunggu waktunya saja!

SHARE
Previous articleStudying Mandarin at Peking University: Window of Knowledge
Next articleSedang Kuliah di Eropa? Raih Kesempatan Memperoleh Beasiswa Erasmus+!
Ian Rusli
Tumbuh di kota Surakarta. Bisa dibilang perjuangan Alfian Rusli tidak mudah untuk mendapatkan gelar sarjana. Bekerja sambil kuliah sudah tidak asing lagi baginya. Setelah menyelesaikan pendidikan di jurusan Manajemen Aktuaria di Trisakti, Jakarta, pencari beasiswa ini mendapatkan pekerjaan sebagai perwakilan budaya dari Indonesia di salah satu program internasional milik Disney di Orlando, Florida. Saat ini Beliau mencari beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister sambil melanjutkan berkarir di Disney. Di waktu luangnya, Alfian gemar menjelajah internet, menulis dan mendengarkan musik.