Belajar Bahasa Perancis: It’s Worth The Pain!

0
642
Paris-Eiffel
Source: unsplash

Kamu mungkin pernah terpesona dengan orang yang berbahasa Perancis: mungkin pada aksennya yang unik, atau mungkin pada kata-katanya yang terdengar romantis meskipun kamu tak paham artinya apa. Kolumnis kami, Dytha, berbagi pengalamannya belajar Bahasa Perancis dan mengapa di balik semua keribetannya, la langue francaise ternyata punya punya banyak manfaat.

“Bonjour, comment-allez vous?” Pasti kamu pernah dengar kalimat atau minimum salah satu kata dari kalimat tersebut. Bahasa Perancis dikenal sulit untuk dipelajari: sulit untuk diingat, sulit untuk ditulis, dan juga sulit untuk diucapkan. Tapi bukan berarti kesulitan tersebut bisa menjadi penghalang untuk mencoba dan mendalaminya. Simak beberapa alasan mengapa kamu harus belajar bahasa Perancis untuk membantu kamu di masa depan:

Bahasa Perancis adalah bahasa resmi PBB
Berdampingan dengan bahasa Arab, Mandarin, Inggris, Russia dan Spanyol adalah bahasa resmi PBB. Salah satu perbedaan yang cukup signifikan adalah bahwa bahasa resmi untuk bekerja di dalam organisasi tersebut adalah Inggris dan Perancis saja (di luar kantor regional). Jika kamu ingin bekerja di organisasi internasional, maka Perancis bisa jadi salah satu opsi yang kamu pilih. Keenam bahasa di atas tidak hanya digunakan di PBB saja namun organisasi-organisasi yang membawahinya: FAO, UNESCO, IMF, dan lain-lain. Tidak hanya itu, Perancis adalah bahasa resmi 26 negara di dunia!

Bahasa Perancis digunakan di beberapa bidang kerja yang cukup spesifik
Perancis merupakan negara yang sangat terkenal di bidang mode dan pariwisata. Sebagai contoh, kata mode dan couture pun berasal dari bahasa Perancis. Mungkin kamu pernah dengar Michelin étoile? Atau yang disebut dalam bahasa Inggris, Michelin Star, sebuah penghargaan yang sangat bergengsi untuk para chef dan restoran yang dikenal kualitas makanannya. Tentu saja jika kamu ingin menjadi perancang busana atau koki, kamu tidak diharuskan belajar bahasa Perancis hingga mendalam, namun mengenal kata-kata tersebut dapat membantu kamu untuk mendalami bidang yang ingin kamu kuasai.

Tidak hanya untuk bekerja, untuk meneruskan studi ke negara ini pun membutuhkan kemampuan berbicara Perancis. Tingkat bahasa yang dibutuhkan bergantung pada jurusan yang ingin kamu tekuni. Misalnya, beberapa jurusan di bidang sosial biasanya membutuhkan kompetensi bahasa yang lebih dalam bila dibandingkan dengan ilmu sains. Hal tersebut tidak juga menutup kemungkinan adanya jurusan yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar, namun bahasa nasional ini tetap digunakan di luar kelas seperti saat berbicara dengan teman kelas atau dosen. Bila pergi ke Prancis merupakan salah satu dari mimpimu, mungkin sudah waktunya untuk mencoba memulainya sekarang.

Orang Perancis tidak banyak yang bisa berbahasa Inggris

Jean-Baptiste Poquelin (Molière) salah satu penulis terhebat dalam bahasa Prancis dan sastra universal. Sumber: wikipedia
Jean-Baptiste Poquelin (Molière) salah satu penulis terhebat dalam bahasa Prancis dan sastra universal. Sumber: wikipedia

Bahasa Perancis dikenal dengan la langue de Molière. Molière adalah penyair Perancis yang bisa disandingkan dengan Shakespeare. Kedua bahasa ini memiliki sejarah yang sangat panjang dan kompleks, hingga sulit untuk bahasa yang satu mempelajari yang lain.

Pasti kamu pernah dengar stereotip bahwa orang Perancis tidak bisa bahasa Inggris. Well, sejujurnya stereotip itu tidak salah 100%, tinggal di Perancis selama lebih dari 3 tahun membuat saya sadar bahwa hal ini benar adanya. Untuk kota-kota besar seperti di Paris, Lyon atau Nice, kamu dengan cukup mudah bisa menemukan orang-orang yang berbicara bahasa Inggris, namun kasus ini bisa berbeda di kota-kota lain. Entah itu untuk pertukaran pelajar atau liburan, belajar bahasa Perancis ini di tingkat dasar bisa membantu kamu untuk melewati hari-hari dengan lebih mudah.

Tidak lupa juga hal ini berlaku untuk orang yang ingin menetap lama di Perancis. Di luar kehidupan sehari-hari, tinggal di Perancis mengharuskan kamu untuk memiliki apa yang disebut dengan titre de séjour atau residence card. Untuk mendapatkan kartu penduduk, kamu harus melewati proses administrasi di préfécture (kantor administrasi) yang mana tidak satupun pegawai berbicara bahasa Inggris. Hal ini berlaku juga untuk administrasi yang lain seperti untuk membuka akun bank ataupun mendaftar bantuan dari pemerintah untuk tempat tinggal.

Memudahkan kamu belajar bahasa lain
Percayakah kamu kalau dengan mempelajari bahasa Perancis, kamu akan lebih mudah belajar bahasa lain? Bahasa Perancis masuk dalam rumpun bahasa yang sama dengan bahasa Italia, Spanyol dan Portugis. Empat bahasa ini tidak hanya memiliki struktur tata bahasa yang sama, namun juga beberapa kata yang sangat familiar satu dengan yang lainnya.

Globe
Sumber: unsplash

Karena dua bahasa saja tidak cukup
Di era globalisasi, memiliki keterampilan berbahasa di luar bahasa Indonesia bukan lagi menjadi nilai tambah. Hal ini bisa dibilang mulai menjadi suatu kewajiban saat ingin melebarkan sayap di dunia internasional maupun berkarir di perushaan multinasional. Bahasa Inggris tentunya perlu dan merupakan salah satu opsi yang cukup mudah karena dapat diakses lebih mudah dan lebih dikenal di kehidupan sehari-hari. Namun jika kamu memiliki kompetensi untuk berbicara bahasa ketiga, baik itu bahasa Perancis maupun bahasa lainnya, banyak jalan yang bisa terbuka untuk masa depanmu. Banyak informasi baik itu melalui media cetak maupun internet yang hanya tersedia dalam satu bahasa spesifik, dari informasi mengenai universitas, beasiswa, bahkan sampai lapangan pekerjaan.

Hal-hal di atas tentu saja tidak cukup untuk menjabarkan semua alasan kenapa kamu harus mulai belajar bahasa Prancis. Tidak ada salahnya mencoba, biarpun banyak orang bilang bahasa ini sulit, siapa tahu kamu bisa mendapatkan manfaatnya?