Seramah Warga Australia Barat, Setenang Kota Perth

0
2935
Akbar Azmi

Sebuah tulisan menarik dari kontributor Indonesia Mengglobal, Azmi, tentang pengalamannya tinggal di Perth, Australia. Mari kita simak!

* * *

Assalamualaikum Wr.Wb, perkenalkan nama gue Akbar Azmi. Gue kerja di lembaga pemerintahan Konsulat Jenderal Republik Indonesia untuk Perth (KJRI Perth), Australia Barat. Detailnya gue di bagian penerangan, sosial dan budaya (Pensosbud). Kali ini gue mau menjelaskan perihal pekerjaan gue dan kehidupan Kota Perth yang merupakan ibu kota dari negara bagian Australia Barat.

Sekilas tentang KJRI Perth

Mengapa dijuluki Konsulat Jenderal Republik Indonesia bukan Kedutaan Besar Republik Indonesia atau disingkat KBRI? Perlu diketahui bahwa KBRI itu letaknya di pusat atau ibu kota negara setempat, jadi KBRI terletak di Canbera untuk Australia. Untuk negara bagian Australia seperti Australia Barat, perwakilan negara RI setempat dinamakan Konsulat Jenderal Republik Indonesia atau disingkat KJRI. Fungsinya sama sebagai pelayanan dan pemberdayaan kepada Warga Indonesia dan warga setempat. Selain itu, KBRI dan KJRI juga melaksanakan fungsinya sebagai jembatan hubungan antara pemerintah dan stakeholder terkait di wilayah setempat. Berbeda dengan KBRI yang mempunyai fungsi dan atase yang lebih besar sektornya, KJRI hanya mempunyai atase dan juga tidak mempunyai fungsi Politik.  Lalu, KBRI sendiri dipimpin oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes), sedangkan KJRI dipimpin oleh seorang Konsul Jenderal (Konjen)

Baik, jadi pekerjaan gue ini di fungsi Pensosbud meliputi pemberdayaan Masyarakat Indonesia di negara setempat. Mengatur visa pada isu seputar Pensosbud, seperti visa jurnalis dan visa riset bagi warga negara setempat yang berkepentingan ke Indonesia. Selain itu kita mempromosikan budaya dan keterampilan Indonesia yang kaya dan beraneka ragam kepada masyarakat lokal dan Indonesia yang sedang ada di Australia Barat. Jadi, bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang kangen, jangan sungkan untuk main dan datang ke acara yang diselenggarakan oleh Perwakilan Republik Indonesia (RI) setempat. Tak kalah penting, Pensosbud KJRI juga mempromosikan Bahasa Indonesia ke seluruh wilayah di Australia Barat. Ternyata memang Bahasa Indonesia juga salah satu bahasa asing yang diminati oleh Warga Australia Barat selain Mandarin, Jepang dan Perancis. Untuk mempromosikan Bahasa Indonesia, KJRI biasanya mengunjungi sekolah-sekolah setempat yang mengajarkan Bahasa Indonesia tersebut. Jadi KJRI juga dekat dengan murid-murid ataupun guru-guru yang senantiasa antusias dengan Bahasa Indonesia. Selain dengan cara tersebut, KJRI juga membuka les atau program belajar Bahasa Indonesia dengan Stakeholder terkait yang concern dengan hal ini.

Perth dan masyarakat Indonesia

Masyarakat Indonesia di Perth merupakan salah satu masyarakat yang aktif dalam menyelenggarakan acara. Gak salah sih, kurang lebih ada 70 organisasi masyarakat yang aktif dari latar belakang agama, adat ataupun profesi. Dalam setahun bisa banyak makan gratis bagi mahasiswa yang sedang studi atau bekerja disini, itung-itung irit dan bisa menabung. Selain itu, pasti makanan yang tersedia juga makanan khas Indonesia, jadi enggak bakalan kangen banget dengan masakan kampung halaman. Oh iya, disini juga cukup mudah untuk mencari bahan-bahan makanan Indonesia, karena banyak juga toko-toko asia yang pasti jual produk lokal Indonesia.

1070B897-5731-43A2-BA4F-3BBD067CEBB1

Kesan awal yang pasti kalian rasakan untuk Kota Perth adalah kota ini begitu sepi, berbeda dengan Melbourne atau Sydney. Warga disini juga ramah, kalau kalian pagi-pagi iseng untuk jalan keluar sekedar melihat pemandangan dan menghirup udara yang sangat segar dari Kota Perth, kalian mungkin akan disapa “Good Morning, Mate!”. Orang Australia sangat mainstream untuk menggunakan kata mate dalam menyapa. Warga disini juga cukup disiplin dalam mentaati peraturan-peraturan yang berlaku dan juga pastinya baik. Pengalaman gue, kadang suka lupa gitu menaruh barang disuatu tempat atau jatuh. Setiap barang gue ilang kaya handphone, kunci mobil atau kunci rumah pasti kalau dia warga sini pasti dikasih tahu atau dikembalikan ke pihak berwenang kaya satpam atau resepsionis. Jadi aman banget, kejadian ini juga gak sesekali aja sih. Cukup exicted dengan orang-orang disini karena kejadian itu.

Biaya hidup, transportasi dan gaya hidup

Oh iya, untuk biaya hidup itu cukup murah dibandingkan kota besar seperti Melbourne ataupun Sydney. Untuk rumah, apartemen, kos-kosan atau tempat tinggal itu biasanya perminggunya sekitar 100 – 500 Australian Dolar (AUD). Kalau untuk makanan sendiri di restaurant biasanya sekitar 5 – 25 AUD. Kalian juga bisa beli bahan-bahan dasar atau mentah di supermarket kalau ingin murah dengan masak sendiri. Kalian akan sering menemukan harga murah bahan-bahan tersebut di supermarket setiap hari selasa atau rabu.

Disini mungkin kalian bakalan sering melihat bule-bule yang gak pakai alas kaki. Bukan berarti dia tidak punya uang atau bagaimana, tetapi ada istilah beach culture, istilah tersebut karena rata-rata kota Australia banyak yang di pesisir pantai, oleh karena itu banyak yang suka tidak pakai alas kaki alias “nyeker”. Kota Perth paling enak itu sebagai kota untuk mencari ketenangan dan menikmati masa-masa pensiun atau tua. Meskipun Kota Perth cukup moderen, tetapi kalian akan melihat bangunan-bangunan tua. Gaya arsitektur disini cukup unik, karena bangunan tua dirawat, kalaupun memang diperbaharui gaya bangunan lamanya tidak akan dihilangkan, justru dicampur (klasik-moderen). Disini juga kalian bakalan lebih sering melihat orang-orang tua ketimbang muda, karena memang Kota Perth ini nyaman untuk orang-orang lansia. Fasilitas umumnya lengkap untuk orang-orang lansia atau penyandang disabilitas.

Apa yang bisa dikunjungi?

17BC2836-14FF-4E22-AD43-25AD6A05525E

Pemandangan terdekat dari Kota Perth adalah swan river. Disini kalian bakalan ngeliat sungai yang lebar dan tentu bersih di pesisirnya. Airnya tidak tawar melainkan asin, saya sudah coba sendiri dengan meminumnya (hehe). Tapi kalian harus hati-hati untuk berenang di swan river ini, ada beberapa spot  yang tidak boleh karena ada ubur-ubur yang dapat menyengat anda dan mungkin bisa mengakibatkan kematian. Di swan river kalian bisa melihat angsa hitam yang sebagai salah satu lambang di bendera Australia Barat. Kalau kalian beruntung kalian akan menemukan lumba-lumba yang sedang berdansa di sungai ini. Bagi kalian yang suka Kangguru kalian gausah jauh-jauh, tinggal ke Pulau Heirrison yang terletak sangat dekat dengan Kota Perth ini, atau kalian bisa kebun binatang Caversham dengan membayar 35 AUD dan tidak hanya melihat kangguru saja, kalian bisa bertemu dan bersentuhan dengan Koala ataupun binatang khas Australia lainnya. Untuk melihat indahnya Kota Perth kalian bisa ke Kings Park and Botanic Garden. Seperti namanya, taman ini berada di bukit yang cukup tinggi dan disinilah kalian bisa melihat pemandangan tersebut. Kota Perth juga terkenal karena Blue Boat House nya. Kalian bisa ketempat tersebut dengan menggunakan bus transperth.

C2A88BDC-B16C-45D5-A177-356DF4CD4F85

Kalau mau jalan-jalan jauh, kalian bisa menggunakan kereta atau bus. Kalian beli kartu transperth  dengan harga kartunya yaitu 10 AUD. Rekomendasi gue, kalian bisa ke Kota Freemantle, sebuah kota tua dekat Perth yang isinya juga banyak menjual barang-barang khas Australia Barat. Destinasi lainnya kalian bisa naik kapal ferry ke Pulau Rottnest dengan bayar 60 – 80 AUD. Disitu kalian akan menemukan binatang lucu Quoka, binatang khas Australia. Selain itu kalian juga bisa menyewa mobil seharga 25 – 40 AUD perhari, dengan deposit 100 – 200 AUD untuk bisa menuju destinasi wisata pantai Lancelin atau Pinnacle yang berisi batuan-batuan yang unik, spot yang bagus untuk foto. Untuk sampai disana kalian butuh waktu 2-3 jam. Jalanan disini tidak macet dan tol atau highway  disini gratis, tapi kalian harus mematuhi rambu-rambu yang ada atau kalian bisa kena denda yang cukup banyak. Disini banyak kamera yang memantau pengendara mobil ataupun motor. Oh iya kalian tidak perlu khawatir, untuk mengendarai mobil disini kalian bisa translate sim Indonesia kalian di KJRI Perth dengan membayar 30 AUD, atau kalian bisa menggunakan SIM Internasional kalian. Harga bensin disini dinamis, tapi kalian akan menemukan harga bensin paling murah yaitu pada hari Senin.

Kota ini memiliki 4 musim, tetapi sayangnya kalian tidak akan menemukan salju ketika musim dingin di kota ini. Toko-toko di kota akan tutup pukul jam 5 sore, selain hari sabtu dan jumat (Thank God its Friday/TGIF) yang tutup pukul 09 atau 10 Malam. Untuk di daerah sekitarnya seperti suburb Victoria Park atau Cannington toko akan tutup jam 9 malam hanya pada hari Kamis.

29364373-E444-4FF9-8636-B002BE26721DBegitulah kurang-lebih cerita singkat kehidupan di Kota Perth, kalian bisa menemukan rasa tenang dan nyaman di kota ini. Banyak tawaran yang menarik dalam kota ini. Kalian akan mendapatkan kenikmatan dari pengalaman kalian sendiri nantinya apabila kalian sudah menginjak kota ini. Saran saya ketika kalian ada disini adalah YOLO (You’re Only Live Once). Terima kasih sudah membaca cerita singkat dari Ibu kota Australia Barat. Have a nice day mate.

Wassalamualaikum Wr. Wb. Cheers!

* * *

Foto milik Akbar Azmi