Program Mentorship Indonesia Mengglobal 2018: Ayo Daftar!

0
11479

Setelah sukses dengan program mentorship tahun lalu, Indonesia Mengglobal kembali menghadirkan Program Mentorship di tahun 2018. Dalam program ini kami akan memasangkan 40 orang calon mahasiswa (mentee) dengan mahasiswa atau alumni (mentor) yang memiliki latar belakang kepentingan studi yang sesuai dan telah berkomitmen memberikan waktu, tenaga, dan saran untuk aplikasi sekolah dan beasiswa di berbagai sekolah impian di luar negeri.

Program Mentorship merupakan inisiatif Indonesia Mengglobal yang bertujuan untuk mengatasi hambatan terbesar yang dihadapi oleh calon mahasiswa Indonesia ketika melamar sekolah atau beasiswa ke universitas di luar negeri, yaitu kurangnya informasi dan inspirasi. Saat diharuskan mengambil tes-tes seperti TOEFL, GMAT, atau GRE, menulis esai, atau menyertakan surat rekomendasi, banyak yang masih bertanya-tanya dan memerlukan bimbingan dari orang Indonesia lain yang telah berhasil melalui proses aplikasi tersebut dengan sukses. Sistem pendidikan formal di Indonesia memang tidak diarahkan untuk mempersiapkan lulusannya berkuliah ke luar negeri. Ada banyak institusi lain yang bisa memberikan bimbingan tapi dengan mengenakan biaya yang tidak sedikit, sampai ribuan dolar.

Kami berharap program Mentorship Indonesia Mengglobal akan dapat memfasilitasi kebutuhan calon mahasiswa agar mereka yang memiliki keinginan dan tekad untuk bekerja keras dapat memperoleh bimbingan langsung dari mahasiswa atau alumni secara cuma-cuma (gratis). Kami juga sangat bangga dengan kesuksesan para mentee dari program Mentorship periode sebelumnya yang telah berhasil diterima di berbagai universitas terkemuka dunia,

Berikut adalah testimoni mentee sebelumnya tentang pengalaman mereka mengikuti program Mentorship:

“I was informed by many that IM may help me to sharpen my plan for study and get the milestones I need to start crawling. Besides its structured and well-conducted system, this mentorship works really well as it motivated me to have stronger commitment for the targets set by my own.”

  • Nisa Vidya Yuniarti (Mentee Indonesia Mengglobal, 2016)

 

“Bagiku, program mentorship IM menjadi pertolongan yang datang tepat pada waktunya. Program ini hadir di kala aku sangat membutuhkan bantuan dan bimbingan untuk mempersiapkan aplikasiku. Aku jadi lebih tahu bagaimana cara menulis personal statement yang mampu memperlihatkan keunggulanku dan kebutuhanku secara jelas.”

  • Sorang Saragih (Mentee Indonesia Mengglobal, 2015)

 

“Not only did I get a ‘Graduate Admission 101’ from him [my mentor], I also learned a lot of life lessons and changed into a better person because of him … For your information, IM crews always try their best to bring you the perfect match.”

  • Marcella Suta (Mentee Indonesia Mengglobal, 2015)

 

“In 2015, I joined the Indonesia Mengglobal (IM) mentorship program. There, I found so many people who were willing to help each other … a very supportive mentor and friends who helped me throughout the application preparation … Through several Skype meetings and assignments, IM mentees learned many different ways to know who they are and what their goals are.”

  • Immanuel Sanka (Mentee Indonesia Mengglobal, 2015)

 

Kami yakin bahwa para mentee tahun ini akan mencapai kesuksesan serupa. Untuk itu, ayo daftar!

 

Informasi Untuk Mentee

Dalam waktu beberapa bulan ke depan, para mentee akan mengerjakan tugas secara online serta memperoleh bimbingan dari para mentor dalam persiapan melamar ke universitas dan program studi impian mereka.

Kami mengundang calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan dibawah ini untuk mendaftar sebagai mentee:

  • Akan mendaftar sekolah untuk application cycle di tahun 2018/2019 (bukan tahun masuk)
  • Sudah mengambil dan memenuhi persyaratan minimum tes bahasa sesuai kebutuhan program. Untuk program berbahasa inggris, persyaratan minimal adalah IELTS ≥6.5 atau TOEFL IBT ≥79
  • Berkomitmen untuk mengikuti peraturan and jadwal Program Mentorship Indonesia Mengglobal

Berhubung adanya keterbatasan slot untuk penerimaan mentee tahun ini, para pendaftar akan diseleksi berdasarkan beberapa kriteria berikut:

  1. Prestasi Akademis and Non-Akademis.
  2. Potensi level komitmen selama program berdasarkan pengalaman interpersonal.

Rangkaian seleksi program Mentorship 2018 terdiri atas beberapa tahapan dengan jadwal sebagai berikut:

Pendaftaran 1 – 31 Mei 2018
Pengumuman hasil seleksi administrasi 9 Juni 2018
Sosialisasi jadwal wawancara 12 Juni 2018
Pelaksanaan tahap wawancara 20 Juni – 11 Juli 2018
Pengumuman hasil wawancara 22 Juli 2018
Pengumuman mentee dan mentor terpilih 29 Juli 2018
Program Mentorship 2018 dimulai 1 Agustus 2018

 

Kini saatnya wujudkan mimpimu! Dapatkan kesempatan bimbingan persiapan aplikasi studi di luar negeri langsung dan eksklusif dari mahasiswa/alumni universitas-universitas terbaik dunia, tanpa dipungut biaya.

Pendaftaran dibuka secara online dari 1 Mei hingga 31 Mei 2018 pukul 23.59 WIB. Untuk mendaftar sebagai mentee, silahkan mengisi formulir pendaftaran dalam tautan ini.

 

Informasi Untuk Mentor

Kami mengundang para mahasiswa dan alumni universitas luar negeri untuk mendaftar sebagai mentorPara mentor telah terbukti memiliki pengaruh dan dampak yang besar atas kesuksesan aplikasi para menteeTak lupa kami ingin mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada semua mentor yang telah berpartisipasi pada program sebelumnya. Anda semua telah memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan pendidikan tunas bangsa Indonesia. Anda merupakan wujud dari pernyataan “Pendidikan berkualitas adalah tanggung jawab kita semua”. Oleh karena itu, kami sangat mendorong para mentor sebelumnya untuk kembali mendaftar dalam Program Mentorship Indonesia Mengglobal tahun 2018 ini.

Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan bergabung untuk pertama kalinya sebagai mentor, program ini akan memastikan bahwa bimbingan Anda akan diarahkan secara terstruktur dan komprehensif, sehingga memaksimalkan pembahasan seluruh komponen aplikasi yang penting. Tim kami juga berusaha sekuat tenaga untuk memfasilitasi interaksi antara Anda dengan mentee Anda.

Berikut beberapa testimoni dari para mentor sebelumnya tentang pengalaman mereka mengikuti Program Mentorship:

“I am grateful to be a part of Indonesia Mengglobal as a mentor. For me, this platform is a real action to contribute for Indonesia … produces smiles — smiles that can appear from good news that your mentee is accepted in a scholarship or in his/her dream university … a place to share your happiness by sharing your story to people and encouraging them to catch their dreams. Indonesia Mengglobal is about sharing and helping each other catch dreams … proves that you don’t need to see each other to take care of each other.”

  • Erbi Setiawan (Mentor Indonesia Mengglobal)

“Mentorship provides a powerful basis for Indonesians to be more confident competing in an international environment. I love hearing various motivations of mentees studying abroad & help them to achieve that!”  

  • Hafida Fahmiasari (Mentor Indonesia Mengglobal)

“Mentorship successfully cater the needs of Indonesians aspiring to study abroad. I was very impressed by the level of detail and attention put into the program by the organizers. I love meeting such ambitious mentees! Also, a great way to use my experience to help others achieve their goals!”

  • Nacitta Kanyandara (Mentor Indonesia Mengglobal)

Daftarkan dirimu sebagai mentor Program Mentorship 2018 & ayo bersama-sama bantu lebih banyak anak muda Indonesia meraih mimpi untuk menembus universitas ternama dunia!

Pendaftaran dibuka secara online dari 1 Mei hingga 31 Mei 2018 pukul 23.59 WIB. Untuk mendaftar sebagai mentor, silahkan mengisi formulir pendaftaran dalam tautan ini.