Tips Berkuliah di Selandia Baru: Rekreasi

0
403
Petualangan di Goat Island ini menghabiskan biaya kurang lebih $130 untuk biaya diving, makan siang, sewa mobil dan bensin

Sebelumnya, Riri telah mengulas tips yang berkaitan dengan akomodasi dan makanan di Selandia Baru. Kali ini, Riri akan memberikan informasi rekreasi ala mahasiswa di negara tersebut. Rekreasi cukup penting untuk mengatasi kejenuhan selama studi dan untuk menyegarkan pikiran. Selandia baru terkenal dengan keindahan alamnya yang begitu menggoda untuk dijelajahi. Akan sangat disayangkan apabila tidak menyempatkan diri untuk menikmati sajian alam dan objek wisata yang berkualitas internasional. Dengan periode perkuliahan di Selandia Baru selama 8 bulan dan waktu libur kurang lebih 4 bulan per tahun yang mencakupi liburan musim panas, liburan musim dingin, dan liburan tengah semester, banyak waktu yang dapat digunakan untuk berpetualang dan berekreasi di Negeri Kiwi! Mari disimak beberapa tips rekreasi ala mahasiswa di Selandia Baru berikut ini.

Rekreasi bagi para penikmat film

Dengan memanfaatkan statusmu sebagai pelajar, kamu bisa menikmati diskon yang sangat lumayan ketika membeli tiket bioskop. Misalnya di Event Cinema, harga tiket regular untuk film 2D bervariasi dari $12-18 tergantung lokasi. Pelajar cukup membayar $10 saja kapanpun dan dimanapun. Kamu hanya perlu mendaftar kartu Cinebuzz for student dengan menunjukkan kartu pelajar dan membayar iuran tahunan sebesar $10. Penawaran untuk pelajar pun tidak berhenti di harga diskon saja. Setiap kali kamu sudah menonton enam kali, kamu akan mendapatkan satu kali sesi nonton gratis. Ada beberapa perusahaan sejenis Event Cinema yang juga memberikan diskon khusus bagi pelajar. Kamu hanya perlu mencari informasi lebih lanjut. Di Selandia Baru, jadwal tayang film mancanegara yang terkini biasanya sedikit terlambat dibandingkan negara-negara di belahan dunia lainnya. Namun demikian, beberapa saat belakangan ini jadwal tayang untuk film-film laris sudah relatif lebih cepat.

Suasana menonton ‘layar tancap’ gartis di Silo Cinema, Auckland.
Suasana menonton ‘layar tancap’ gartis di Silo Cinema, Auckland.

Apakah kamu bosan menonton di bioskop dan ingin mencari suasanya yang berbeda? Apakah kamu tertarik dengan ‘layar tancap’? Jika kamu studi di Auckland, jangan sampai melewatkan kesempatan nonton film gratis di Silo Cinema yang diadakan setiap hari jumat pada musim panas mulai dari jam 9 malam. Kamu dapar mengajak teman sebanyak-banyaknya serta membawa kursi lipat, kantong tidur maupun tikar piknik. Tentunya kegiatan menonton menjadi lebih seru dengan kudapan yang dapat dibawa dari rumah maupun dibeli dari pedagang jajanan pasar yang ada di sekitar lokasi. Layar tancap merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Auckland Council yang bertajuk “Movies in Parks”

Rekreasi bagi para petualang

Petualangan Tongariro Alpine Crossing ketika musim dingin menghabiskan biaya kurang lebih $400 untuk jasa pemandu, sewa alat, tiket bis, makanan dan penginapan selama 4 hari 3 malam.
Petualangan melintasi Tongariro Alpine ketika musim dingin menghabiskan
biaya kurang lebih $400 untuk jasa pemandu, sewa alat, tiket bis,
makanan dan penginapan selama 4 hari 3 malam.

Selandia Baru adalah negara yang sangat cocok bagi para petualang karena keindahan alamnya. Sayangnya, biaya yang kamu akan keluarkan tidak lah sedikit. Oleh karena itu, tips efektif dalam mencari akomodasi dan makanan yang saya berikan sebelumnya berperan penting dalam urusan menabung demi terwujudnya rencana jalan-jalanmu. Hindari pengeluaran yang tidak perlu, cermat dalam menyusun anggaran dan rencanakan petualanganmu dengan matang. Beberapa tips yang bisa kamu gunakan:

  • Belilah tiket bis pulang pergi sekaligus karena total harganya akan lebih murah daripada ketika kamu hanya membeli satu kali jalan saja.
  • Bepergian dengan teman-teman secara berkelompok cenderung lebih baik dan lebih murah dibandingkan jika kamu pergi sendiri. Secara berkelompok artinya bisa saling berbagi makanan untuk menekan pengeluaran belanja bahan makanan, berbagi biaya bensin apabila menyewa mobil sendiri dan tentunya kalian bisa saling menjaga dan melindungi.
Berpergian dengan berkelompok akan lebih murah karena bisa berbagi biaya sewa mobil dan bensin
Berpergian secara berkelompok akan lebih murah
karena dapat berbagi biaya sewa mobil dan bensin
  • Menginaplah di hostel atau penginapan untuk wisatawan beransel. Saya memiliki kartu anggota Youth Hostel Association (YHA) sehingga mendapatkan diskon 10% di lebih dari 40 hostel di Selandia Baru hanya dengan membayar iuran sebesar $25 per tahun. Kartu ini tidak hanya memberikan diskon penginapan tetapi juga diskon transportasi, program-program rekreasi, makanan dan minuman, perlengkapan berkemah dan mendaki gunung. Silahkan cek di situs resmi YHA untuk mendapatkan informasi lebih lanjut
  • Masaklah makananmu sendiri. Di setiap hostel selalu disediakan dapur lengkap dengan segala perlengkapan memasak. Kamu hanya perlu membeli bahan makanan di supermarket atau minimarket terdekat.

Referensi untuk rekreasi murah atau gratis lainnya

Selain karena keindahan alamnya, Selandia Baru juga terkenal dengan berbagai aktivitas pemicu adrenalin atau yang lebih dikenal dengan istilah olahraga ekstrim seperti arung jeram, terjun payung dan terjun lenting. Kalau dari pengalaman saya, biasanya pemerintah setiap kota besar atau kota wisata di Selandia Baru selalu menyediakan panduan resmi bagi para turis. Salah satu contohnya adalah Free Official Guide 2017: Auckland A-Z yang dapat ditemukan di bandara atau di berbagai tempat wisata di Auckland. Panduan ini tidak hanya memberikan informasi wisata, tetapi juga menyediakan banyak kupon diskon objek wisata, makanan dan minuman, foto dan video serta diskon untuk mencoba berbagai olahraga ekstrim tersebut.

Bertualang di Selandia Baru juga tidak harus keluar kota dan menghabiskan banyak biaya serta waktu. Ada banyak lokasi wisata yang cukup dekat dengan kota-kota yang umumnya menjadi tempat studi para pelajar. Saya biasanya merujuk pada artikel terkait seperti 30 of the Best Free Things To Do in Auckland, Wellington Free Things To Do, 17 Free or Cheap Things To Do in Dunedin, 21 Free Things To Do in Christchurch.

Ayo bergegas kemas barangmu dan bertualang!

NB: Seluruh nominal uang pada artikel ini menggunakan New Zealand Dollar.

Sumber foto: The Urban List dan milik pribadi

SHARE
Previous article7 Surprising Things I Found When Studying At HKBU!
Next articleInternship in Washington DC? It’s Not Impossible After All!
Siti Octrina Malikah, commonly called Riri, is currently a Case Manager at PathFinders Limited Hong Kong which focus on helping vulnerable migrant mothers and children. In 2017, she completed her Master of Public Policy at the University of Auckland funded by Indonesia Endowment Fund for Education. She has 3 years of experience working in UN Migration Agency, IOM Indonesia, to manage various development-related projects and advocacy, in particular, related to counter trafficking and labour migration initiatives. She also completed her MPP internship at IOM Hong Kong where she provided assistance to the victims of forced labour and sexual exploitation. Do not hesitate to contact her via email sitioctrina@gmail.com