Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti Summer Internship?

0
201

Tepat sebulan sebelum liburan musim panas atau libur tengah tahun, teman-teman Indonesia Mengglobal (IM) yang saat ini masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa pasti sudah memiliki rencana bagaimana mengisinya. Ada yang akan berlibur ke suatu tempat sebagai hadiah kerja keras dalam belajar. Namun ada pula yang ingin memanfaatkan masa itu untuk menambah pengalaman baru. Bagi teman-teman yang sudah menjadwalkan ikut kegiatan internship atau magang kerja ketika musim panas kali ini, sebelumnya saya ucapkan selamat. Karena, dijamin teman-teman akan mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan tersebut.

Liburan teman-teman kali ini akan menjadi sangat produktif dan banyak hal yang akan dapat dipelajari ketika mengikuti program summer internship. Lupakan bangun siang, bersantai di rumah, bermain computer game atau menonton serial Goblin, Korea. Jangan berharap juga untuk duduk-duduk manis bercengkrama dengan hewan peliharaan kesayanganmu, membuang waktu bermalas-malasan tidak jelas sambil menunggu jam makan siang atau makan malam.

Isilah liburan teman-teman dengan sesuatu yang bermanfaat dan menambah skill teman-teman. Melalui summer internship, teman-teman akan meningkatkan interpersonal skill, teamwork skill; menambah koneksi dari industri yang kita tekuni; menambah teman; hingga menambah nilai untuk portofolio dan resume kita. Hal ini sangat penting karena bakal menjadi bekal ketika teman-teman mencari kerja di kemudian hari.

Walaupun mengikuti program summer internship memang belum seberapa populer bagi pelajar atau mahasiswa Indonesia yang bersekolah di dalam negeri, namun bagi mahasiswa atau pelajar asing ataupun Indonesia yang menuntut ilmu di luar negeri, mengikuti program summer internship adalah hal yang sangat wajar dan bahkan direkomendasikan oleh pihak kampus atau sekolah karena menimbang manfaatnya yang begitu besar.

Apa saja sih yang perlu disiapkan untuk mengikuti program summer internship di dalam dan di luar negeri?

Carilah perusahaan yang sesuai

Mencari perusahaan untuk summer internship tidak boleh kita remehkan karena kegiatan tersebut akan menjadi bagian dari resume teman-teman yang akan dibawa ketika melamar kerja di kemudian hari. Bahkan banyak juga yang berawal dari anak magang dan menjadi pegawai tetap. Faktanya, 70% dari perusahaan mengambil anak magang mereka untuk dijadikan pegawai tetap dan menganggap bahwa internship adalah proses interviu yang baru (sumber: internships.com).

companies-1024x681-1024x681
Image from elgenahearts.com

Jadi, sangatlah penting untuk memilih perusahaan dan bidang yang teman-teman minati, bukan hanya melihat melalui lowongan pekerjaan yang ada. Teman-teman harus sangat selektif untuk memilih perusahan mana yang akan teman-teman jadikan labuhan untuk belajar dan menimba ilmu.

Jangan ragu berinisiatif mengontak perusahaan yang teman-teman suka dan menawarkan skill dan kontribusi apa yang teman-teman bisa tawarkan ke perusahaan tersebut, karena perusahaan sangat menghargai sifat teman-teman yang berbakat dan pro-aktif.

Lengkapi dokumen pribadimu

Terutama bagi teman-teman IM yang hendak mengikuti program summer internship di luar negeri atau di negara yang berbeda dengan domisili kalian. Untuk magang di luar negeri, yang pasti teman-teman membutuhkan paspor yang masih valid minimum sampai 6 bulan ke depan.

Selain paspor, jangan lupa untuk mengurus visa yang digunakan untuk magang. Perlu diketahui bahwa untuk magang di luar negeri, digunakan visa khusus untuk magang. Misalnya untuk melakukan summer internship di Hong Kong, teman-teman membutuhkan Hong Kong Training Visa; untuk melakukan program summer internship di Australia, teman-teman harus memiliki Work and Holiday Visa, jadi jangan sekali-kali untuk menggunakan Tourist Visa untuk melakukan magang di luar negeri ya.

Pelajari budaya kerja negara tempat magang

Berbicara tentang budaya kerja, tentulah sangatlah luas. Mulai dari cara komunikasi dengan kolega, jam kerja, senioritas, hingga cara kerja. Sebagai contoh, di negara Barat seperi negara-negara di Eropa atau Amerika, setiap kolega bersikap ramah satu dengan yang lain tanpa melihat unsur senioritas. Bisa saja teman-teman yang sedang dalam kondisi sebagai anak magang, duduk berdiskusi bersama pemilik perusahaan dan saling bertukar pikiran. Orang-orang yang lebih senior pun kita panggil dengan nama, bukan dengan sebutan bapak atau ibu. Hal ini jarang terjadi apabila teman-teman magang di negara Asia seperti Indonesia, Jepang, atau Korea yang masih sangat kental dengan unsur senioritas. Jangankan berdiskusi dan bercanda bersama, terkadang kolega junior cukup merasa enggan untuk makan bersama dengan pemilik perusahaan atau dengan senior dengan pangkat yang lebih tinggi.

3-ways-business-culture-differs-1280x720
Image from raconteur.net

Contoh lain adalah masalah jam kerja. Untuk beberapa negara Asia, biasanya anak magang atau pegawai junior akan menunggu atasan mereka untuk pulang terlebih dahulu sebelum mereka meninggalkan kantor walaupun pekerjaan mereka telah tuntas. Hal ini pun sangat berbeda dengan negara-negara Barat seperti Australia atau Amerika yang sedikit banyak lebih mengutamakan hasil pekerjaan dari pada unsur kesopanan untuk menunggu atasan pulang terlebih dahulu.

Hal ini dapat dipelajari dengan banyak membaca ataupun melakukan riset mengenai budaya general dan budaya kerja dari negara tujuan summer internship.

Riset tentang tempat kerjamu

Sebelum memulai program summer internship, alangkah baiknya apabila teman-teman IM melakukan riset mengenai tempat kerja teman-teman, mulai dari bisnis yang dilakukan, informasi produk atau servis, trend terkini, siapa saja yang berkecimpung di dalam perusahaan, hingga award-award yang pernah dimenangkan oleh perusahaan (jika ada).

Selain informasi tentang seputar perusahaan, teman-teman juga harus melakukan secara detail riset untuk mengetahui lokasi di mana perusahaan itu berada, bagaimana menuju ke perusahaan dari tempat tinggal teman-teman, ada apa saja di sekitar perusahaan, bahkan di mana tempat beli kopi bagi teman-teman pecinta kopi, tentunya sangat penting. Perlu diperhatikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menuju perusahaan untuk menghindari keterlambatan ketika program summer internship berlangsung.

Persiapkan tabungan

Ingatlah kalau teman-teman IM akan berangkat untuk magang kerja, bukan untuk bekerja sebagai full time employee, di mana setidaknya teman-teman harus mempersiapkan tabungan yang cukup. Terutama bagi teman-teman yang akan melakukan summer internship di negara lain atau di kota lain, di mana teman-teman harus mempersiapkan tiket pesawat dan biaya hidup. Memang ada beberapa perusahaan yang menyediakan fasilitas akomodasi atau uang saku, namun biasanya jumlahnya tidak sebesar gaji dari pegawai tetap, jadi bersiaplah untuk mengambil budget dari tabungan teman-teman. Anggap saja sebagai investasi untuk karir teman-teman di masa mendatang, karena bekal yang diterima dari program summer internship ini pasti bermanfaat dan tak ternilai.

Berkemas yang perlu

Siapa dari teman-teman yang biasa berkemas satu hari sebelum hari keberangkatan ketika bepergian? Sepertinya saya sebagai penulis harus mengaku karena saya memang melakukan hal ini dulunya. Namun seiring waktu berjalan, saya belajar untuk lebih organized menyiapkan barang bawaan kurang lebih 3-7 hari sebelum keberangkatan, karena saya menyadari bahwa mudahnya untuk melupakan banyak hal apabila kita berkemas dengan tergesa-gesa sehari sebelumnya atau bahkan beberapa jam sebelum pesawat tinggal landas.

blog_4-packing-smart
Image from cdn.shopify.com

Persiapan ini wajib dilakukan untuk teman-teman yang melakukan program summer internship di kota lain atau negara di luar domisili. Perhatikan cuaca, karena ini sangat berpengaruh kepada baju yang akan teman-teman siapkan. Selain itu, pastikan teman-teman membawa satu setel baju formal untuk hari pertama summer internship untuk memberikan kesan yang professional. Untuk keperluan magang, siapkan juga laptop, agenda atau notes, alat tulis, dan tas formal untuk ke kantor. Gunakan sepatu yang nyaman namun masih tetap formal untuk hari pertama magangmu.

Siapkan mental

Setelah semuanya sudah siap, saatnya memantapkan hati untuk mengikuti program summer internship. Bersiaplah untuk beradaptasi di tempat yang baru, berkenalan dengan kolega dan membangun networking dengan orang-orang yang kalian temui karena teman-teman mungkin tidak menyadari apabila kepribadian yang menyenangkan juga akan membuahkan hasil yang bagus juga. Siapa tahu perusahaan tempat magang kalian menawarkan untuk menjadikan teman-teman sebagai pegawai tetap mereka.

Jangan lupa bersikap pro-aktif ketika mengikuti program summer internship dan belajarlah sebanyak-banyaknya dan mengasumsikan diri sebagai pegawai tetap karena kerja kerasmu akan terbayar di kemudian hari. Bertanyalah apabila ada yang tidak dimengerti ketika program magang berlangsung dan yang terpenting jadilah diri sendiri.

Persiapan-persiapan tersebut di atas yang perlu disiapkan untuk mengikuti program summer internship. Cukup mudah kan?.

Kami mengimbau teman-teman pembaca IM yang masih bingung untuk mengisi waktu liburan musim panas atau libur tengah tahun, untuk mengisi dengan kegiatan yang bermanfaat seperti mengikuti program summer internship. Bagi teman-teman yang sudah menemukan perusahaan tempat magang dan tinggal beberapa langkah lagi untuk mempersiapkan program summer internship-nya, kami ucapkan semoga sukses!

Akhir kata, semoga bisa membantu dan apabila ada pertanyaan mengenai seputar persiapan untuk program summer internship atau mengenai program summer internship apa yang tersedia dan cocok untuk teman-teman, silahkan menghubungi saya via email (florensiawiyono@gmail.com) atau Linkedin (https://id.linkedin.com/in/florensiawiyonodaryanto)