Aplikasi ponsel pintar yang dapat mendukung kegiatan perkuliahan di Auckland, Selandia Baru

3 Aplikasi Ponsel Pintar yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa di Auckland

Ponsel pintar telah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari yang tidak dapat terpisahkan dari sang pengguna. Sebagai mahasiwa/i yang berkuliah di negeri orang, proses adaptasi dengan lingkungan baru tentu akan sangat dipermudah dengan kehadiran aplikasi multi fungsi di ponsel pintar. Berikut 3 aplikasi favorit Siti Octrina Malikah khususnya untuk pembaca yang berkuliah di Auckland, New Zealand.

Bagi para mahasiswa yang akan atau sedang mengenyam pendidikan di Auckland yang juga dikenal sebagai ‘The City of Sails’ atau Kota Layar, ada beberapa aplikasi ponsel pintar yang akan memudahkan hidupmu ketika berkuliah. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan ukurannya pun cenderung kecil sehingga tidak akan memenuhi kuota memori ponsel kamu. Artikel ini akan mengulas tiga (3) aplikasi yang penting untuk kamu miliki, yaitu AT Metro, Learning Management System dan Studentsafe.

Tampilan Aplikasi AT Metro

Tampilan Aplikasi AT Metro

1. AT Metro

Auckland yang merupakan kota metropolitan terbesar di Selandia Baru memiliki tiga moda transportasi umum yang dapat menjadi pilihan yaitu bus, kereta dan feri. Ketiga moda transportasi umum tersebut dikelola oleh perusahaan bernama Auckland Transport yang selama beberapa tahun terakhir telah meluncurkan aplikasi perencana perjalanan. Aplikasi tersebut bertujuan untuk memudahkan pengguna jasa transportasi mendapatkan informasi mengenai jadwal bus, kereta dan feri yang dibutuhkan. Jika kamu merupakan mahasiswa/i di Auckland yang selama ini merencanakan perjalanan dengan menggunakan laman situs https://at.govt.nz/, kamu dapat dengan mudah beralih menggunakan aplikasi AT Metro karena keduanya memiliki desain dan fitur yang sama. Jika kamu baru akan berangkat ke Auckland atau baru saja tiba sehingga tidak familiar dengan penggunaan laman situs tersebut, aplikasi AT Metro ini akan sangat membantu dikarenakan formatnya yang sederhana dan mudah digunakan.

Setelah kamu mengunduh aplikasi AT Metro, kamu dapat menggunakan aplikasi ini tanpa harus membuat akun terlebih dahulu. Untuk mendapatkan informasi moda transportasi yang tepat untuk mencapai tempat tujuanmu, cukup pilih opsi “Journey Planner” lalu isi kolom-kolom yang tersedia seperti tempat asal, tempat tujuan, perkiraan jam dan tanggal keberangkatan. Aplikasi AT Metro akan memberikan berbagai opsi moda transportasi beserta jam keberangkatan dan ongkos yang dibutuhkan. Beberapa varian ongkos pun tertera pada aplikasi ini yaitu ongkos untuk dewasa dan anak-anak jika menggunakan uang tunai serta ongkos untuk dewasa, anak-anak serta pelajar jika menggunakan kartu AT HOP. Aplikasi ini juga memberikan informasi peta komprehensif perjalanan kamu, termasuk mengkalkulasikan durasi dan biaya jika kamu menggunakan lebih dari satu moda transportasi. Contohnya adalah total biaya yang harus dibayar apabila perjalanan dimulai dengan berjalan kaki ke stasiun terdekat dan dilanjutkan dengan kereta dan terakhir dengan bus hingga ke tempat tujuan.

Tampilan salah satu Learning Management System di Auckland yang bernama ‘Canvas by Instructure

2. Learning Management System

Setelah kamu diterima di salah satu universitas di Auckland, carilah informasi menyeluruh terkait proses belajar mengajar di kampus tempat kamu akan menimba ilmu. Biasanya, untuk mendukung kegiatan perkuliahan, universitas di New Zealand memiliki sebuah sistem pendidikan berbasis online yang dikenal sebagai Learning Management System (LMS). LMS adalah sebuah perangkat lunak, sering kali juga tersedia dalam bentuk aplikasi untuk ponsel pintar yang bertujuan untuk membangun hubungan konstruktif antara mahasiswa dengan dosen sehingga proses edukasi dapat berjalan optimal. Aplikasi ini memungkinkan dosen untuk menyampaikan dan membagikan materi perkuliahan. Selain itu, mahasiswa dapat mengunduh tugas-tugas perkuliahan dan melihat nilai ujian serta tugas. Terdapat juga laman untuk berdiskusi antar mahasiswa yang mengambil subjek perkuliahan yang sama.

Sebagai contoh, University of Auckland menggunakan aplikasi bernama ‘Canvas by Instructure’ sebagai LMS. Aplikasi tersebut dapat diunduh tanpa biaya ke dalam ponsel pintar mahasiswa/i dan memiliki tampilan yang sederhana sehingga memudahkan proses navigasi. Aplikasi tersebut juga tidak membutuhkan memori yang signifikan untuk diunduh sehingga mahasiswa/i tidak membutuhkan waktu lama untuk mengakses data dan informasi yang dibutuhkan melalui ponsel pintar masing-masing. Aplikasi ini memiliki kalender dan daftar pekerjaan mahasiswa/i tersebut dan akan senantiasa mengirimkan pengingat batas akhir pengumpulan tugas atau dimana lokasi kelas sang pengguna aplikasi. Jika kamu ingin berkomunikasi dengan dosen atau teman sekelasmu, aplikasi ini juga mempunyai fitur pengiriman pesan dan dapat digunakan sebagai instrumen untuk melangsungkan diskusi kelompok.

Tampilan aplikasi Studentsafe

3. Studentsafe

Berkuliah di Selandia Baru adalah pengalaman dan petualangan yang menyenangkan, tetapi tentunya akan selalu ada risiko yang perlu dimitigasi termasuk risiko kesehatan maupun keamanan diri sendiri. Maka dari itu, pemahaman mengenai kebijakan asuransi kesehatan patut dimiliki oleh kamu yang ingin maupun sedang berkuliah di negara tersebut. Setiap mahasiswa/i di Selandia Baru mempunyai hak untuk memilih perusahaan asuransi untuk memberikan proteksi sepanjang masa kuliah. Mayoritas universitas di Selandia Baru bekerja sama dengan Studentsafe untuk memberikan perlindungan asuransi kepada mahasiswanya. Dikarenakan skema asuransi Studentsafe yang paling lazim digunakan, artikel ini hanya akan mengulas aplikasi Studentafe saja.

Sama seperti AT Metro dan Canvas by Instructure, aplikasi Studentsafe pun memiliki tampilan yang sederhana, mudah digunakan serta tidak menghabiskan kuota ponsel dikarenakan ukurannya yang kecil. Begitu kamu membuka aplikasi ini, kamu bisa menemukan beberapa opsi seperti kartu darurat, rincian kebijakan asuransi, penyedia jasa kesehatan seperti klinik kampus dan rumah sakit, tata cara melakukan klaim asuransi, pertanyaan yang sering ditanyakan, pemberitahuan perihal keamanan dalam perjalanan dan tips keamanan di Selandia Baru. Aplikasi ini juga memiliki opsi jalan pintas untuk menghubungi nomor pusat layanan bantuan jika kamu memiliki pertanyaan seputar asuransi Studentsafe dan juga layanan darurat ke nomor 111 jika pengguna membutuhkan bantuan medis maupun bantuan darurat lainnya.

Photo provided by JKB Infotech and author.




===========================================
Siti Octrina Malikah, commonly called Riri, is currently studying public policy at the University of Auckland funded by Indonesia Endowment Fund for Education. She has 3 years of experience working in UN Migration Agency, IOM Indonesia, to manage various development-related projects and advocacy, in particular, related to counter trafficking and labour migration initiatives. She also completed her MPP internship at IOM Hong Kong where she provided assistance to the victims of forced labour and sexual exploitation. A few years back, she received a full undergraduate scholarship from PT Indika Energy to study International Relations at Paramadina University where she was honoured as the Best Graduate and Best Bachelor Thesis by the department. She was also trusted to be the National Presidium of Communication Forum for Indonesia’s International Relations Students (FKMHII) in 2011-2012. Do not hesitate to contact her via email sitioctrina@gmail.com
Posts | Facebook | Twitter | LinkedIn