Kuliah di Aarhus University dengan Strategic Scholarship

0
85

Banyak yang tidak tahu kalau Aarhus University (AU) menawarkan kesempatan beasiswa untuk mahasiswa yang berminat kuliah di Denmark. Berikut akan saya coba jelaskan mengenaibeasiswa yang ditawarkan Aarhus Universty untuk program pendidikan pascasarjana.

Cerita saya di Denmark bermulai ketika di tahun 2014 Aarhus University mempunyai program beasiswa“Strategic Scholarship for Indonesia and Chinese Students in 2014”. Bisa ditebak dari namanya kalau beasiswa ini ditujukan khusus untuk mahasiswa dari Indonesia dan Tiongkok, dengan tujuan untuk menjalin hubungan kerjasama AUdengan universitas-universitas di kedua negara tersebut. Beasiswa ini hanya untuk program master yang bahasa pengantarnya menggunakan bahasa Inggris di empat fakultas, yakni Arts, Business and Social Science, Science and Technoogy, dan Health. Beasiswa ini meliputi biaya pendidikan di luar buku serta tunjangan hidup tiap bulan.

Namun, di tahun 2015 kemarin, program ini berganti nama menjadi ”Strategic Scholarship” dan memperluas sasaran penerima beasiswa, yakni pelajar dari seluruh negara kecuali negara anggota Non-EU/EEA dan Swiss. Jika saya bandingkan, sebenarnya tidak ada perbedaan yang berarti dalam hal persyaratan pendaftaran jika dibandingkan dengan program beasiswa yang saya terima di tahun 2014. Dibawah ini akan saya jelaskan kriteria beasiswa, serta proses pendaftaran.

Kriteria beasiswa

–     Seleksi berdasarkan kualifikasi akademik dan diperuntukkan khusus untuk program master yang menggunakan bahasa inggris. jangan khawatir karena mayoritas program master yang ditawarkan AUmenggunakan bahasa pengantar jadi banyak pilihan jurusannya tidak sempit. Untuk melihat jurusan yang ditawarkan bisa klik link ini

–    Beasiswa meliputi bebas biaya kuliah dan biaya tunjangan hidup selama maksimum 23 bulan masa pendidikan. Harap diperhatikan beasiswa tidak mencakup biaya tiket pesawat, dan biaya pengurusan visa

–    Proses aplikasi beasiwa digabung dengan proses penerimaan mahasiswa baru. Jadi calon mahasiswa mendaftar ke AU, dan jika diterima baru di-review dari dokumen aplikasi ke universitas apakah mahasiswa tersebut layak beasiswa atau tidak. Calon mahasiswa tidak bisa menyatakan kalau ia mengajukan aplikasi beasiswa saat mendaftar ke universitas. Fun fact, di tahun 2015 kemarin, ada satu mahasiswi asal Indonesia yang mendaftar ke AUtanpa tahu mengenai program beasiswa. So you can imagine how happy she was when she received not only an acceptance letter to the university but also a scholarship offer 😀

–    Beasiswa bersifat terbatas sehingga tidak semua mahasiswa yang mendaftar dan memiliki kualifikasi yang diperlukan akan mendapat tawaran beasiswa.

–    Untuk mempertahankan beasiswa, setiap semester mahasiswa hanya diwajibkan lulus minimal 30 ECTS (satuan kredit yang dipakai di Denmark). Sebagai gambaran, satu mata kuliah biasanya bernilai 5 atau 10 ECTS.

–    Beasiswa ini tidak mengikat, sehingga setelah lulus penerima beasiswa boleh menetap dan bekerja di Denmark maupun pulang kenegara asal.

Proses pendaftaran

–    Di tahun 2015 kemarin, proses penerimaan mahasiswa baru dibuka sekitar bulan November dengan dealine pendaftaraan di pertengahan bulan Januari. Mungkin tahun ini berubah jadi baiknya rajin-rajin mengunjungi website kandidat.au.dk/en untuk tetap up-to-date

–    List dokumen yang diperlukan dalam proses pendaftaran bisa dilihat di sini.

–    Semua proses aplikasi dilakukan secara online.

Pendidikan dan kegiatan kebudayaan Denmark

–    Tidak hanya kondusif, Denmark juga merupakan salah satu negara teraman di dunia, dan Aarhus University sendiri sempat berada di jajaran “Top 100 University in the World menurut QS University World Ranking di tahun 2014, dan saat ini menduduki peringkat 107 (still not bad at all!).

–    Aarhus University sendiri terletak di kota Aarhus yang merupakan kota terbesar kedua setelah Copenhagen. FYI, baru-baru ini  Aarhus dinobatkan oleh New York Times sebagai destinasi yang harus dikunjungi di tahun 2016! Selain itu, di tahun 2017 nanti kota Aarhus juga menjadi salah satu European Capital of Culture. Aarhus juga terkenal sebagai kota pelajar, dan tempat diselenggarakannya salah student event terbesar di wilayah Skandinavia, yaitu Kapsejladsen yang diselenggarakan setiap musim semi.

Semoga informasi ini bisa memperluas scholarship database yang teman-teman kumpulkan. Held og lykke!

 

Images courtesy of Alfan Rezani