Bersekolah di HKU Adalah Keputusan Terbaik Saya

3
282

Jika kalian mendengar kata “Hong Kong”, mungkin yang terlintas dalam pikiran kalian adalah shopping, Dim Sum, atau Disneyland. Namun, tak banyak yang mengetahui kalau Hong Kong merupakan tuan rumah dari 3 universitas yang termasuk dalam 50 universitas terbaik di dunia, berdasarkan ranking terbaru dari QS World University Ranking.

Awalnya, banyak yang mempertanyakan keputusanku untuk melanjutkan studi di Hong Kong. Tetapi, setelah menjalani kuliah di University of Hong Kong (HKU) selama satu setengah tahun disini, aku sadar bahwa Hong Kong memiliki keunikan dan nilai tambahnya sendiri, yang akan aku share untuk kalian semua.

 

Hong Kong: world in one city

Hong Kong dikenal sebagai salah satu kota yang paling internasional di Asia. Kita dapat menemukan pelajar dari berbagai negara di Hong Kong. Nah, sebagai mahasiswa, menurut aku hal ini sangat penting. Selain memiliki teman dari berbagai negara, aku pun bisa mempelajari budaya dan peluang-peluang yang ada di negara mereka. Dan sebagai masyarakat dunia di jaman globalisasi, hal ini dapat membantu kita untuk menjadi lebih siap untuk bekerja dengan atau dalam lingkungan internasional.

Mungkin sulit untuk dipercaya, tetapi kalian dapat menemukan mahasiswa dari hampir 80 negara di HKU! Aku sendiri telah memiliki teman dari dari Mesir, Thailand, Inggris, Vietnam, Austria, Pakistan, dan lain lain. Bukan hanya keren, tapi memiliki teman dari berbagai negara telah membuka wawasanku mengenai keadaan ekonomi dan politik dari negara-negara lain tanpa bias dari media.

 

HKU: university for the curious minds

Tetapi aku sadar bahwa memiliki wawasan yang lebih luas saja tidak cukup. Aku sendiri bercita-cita untuk menjadi seorang Entrepreneur, dan memiliki bisnis food and beverage. Karena itu, aku memilih jurusan Food and Nutritional Science. Setelah mulai berkuliah, aku baru mengetahui bahwa aku dapat mengambil pelajaran dari jurusan dan fakultas lain. Akhirnya, sekarang aku mengambil satu major dan satu minor tambahan, yaitu Finance dan Marketing. Banyak orang yang bingung ketika mendengar jurusan yang aku ambil saat ini, “Jadi, jurusan loe yang mana? Masa tiga-tiganya? Kok bisa?”. Di HKU, hal ini cukup umum, thanks to kurikulum yang fleksibel. Kita hanya diwajibkan untuk mengambil mata kuliah pokok, dan sisanya itu up to us. Maka, jangan heran kalau kalian menemukan orang yang kuliah ekonomi dan filosofi, akunting dan jurnalisme, ataupun marketing dan politik.

Intinya, bagi kalian yang memang suka belajar hal baru, aku bisa bilang kalau HKU memang tempat yang perfect buat kalian. Pelajaran dari 10 fakultas lainnya dapat kalian ambil sesuai minat kalian. Pelajaran bahasa, seni, ilmu sosial, bahkan kedokteran dapat kalian ambil. Tentu saja, kalian juga dapat memilih untuk fokus ke bidang kalian. It’s your decision.

Either way, kita tetap akan dibekali dengan sedikit ilmu dari bidang-bidang lainnya. HKU memiliki sistem “Common Core” dimana kita diwajibkan untuk mengambil 6 pelajaran dari bidang science, global issues, humanities, dan china studies. Karena banyaknya pilihan pelajaran yang disediakan, kita bisa pilih yang sesuai dengan minat kita!

 

University is not just about studying

Tapi, yang namanya kuliah itu tak lepas dari kehidupan sosial dan kegiatan diluar pelajaran. Banyak yang bilang kalau kuliah merupakan masa-masa terbaik yang tidak boleh disia-siakan. And I totally agree with that!

Aku sendiri terlibat dalam beberapa kegiatan non-akademis, baik di dalam maupun di luar universitas. Aku pernah join paduan suara, kelompok consulting mahasiswa, dan komite hall. Percaya atau tidak, ada sekitar 100 perkumpulan dan klub di HKU! Ada klub music, kelompok keagamaan, pecinta manga dan anime, himpunan mahasiswa jurusan, dan masih banyak lainnya! Jadi, jangan takut kalau kalian tidak bisa menemukan aktifitas yang kalian minati. Kalau ternyata tidak ada yang cocok, kalian bisa mengajukan untuk membuat klub atau acara kalian sendiri juga. Contohnya, banyak temanku yang passionnya itu dalam melayani melalui service trip. Ada yang mengoordinir trip ke Nepal, Vietnam, dan Kamboja, semuanya didukung oleh HKU.

Kalau aku sendiri mungkin tidak terlalu tertarik dalam bidang itu. Sekarang aku aktif sebagai student ambassador – dimana aku bisa membuat event seperti acara valentine, mid-autumn festival, atau hanya sekedar nobar. Tidak berhenti disana, aku juga memiliki kesempatan untuk mewakili sekolah saat menemui delegasi dan mahasiswa yang berkunjung ke HKU. Tahun lalu, aku bahkan diberi kesempatan untuk pergi ke Korea Selatan dan mewakili HKU untuk mengunjungi sekolah dan universitas disana!

 

Hong Kong for further study? Why not?

Cukup mengejutkan, bukan? Jika kalian belum pernah dengar atau tahu tentang Hong Kong dan HKU sebelumnya, jangan malu. Wong di kalangan universitas saja HKU dijuluki sebagai Asia’s best kept secret kok.

Tentu saja, masih banyak aspek lainnya yang mungkin belum bisa ku cover dalam artikel ini. Jika kalian ingin tahu lebih lanjut mengenai HKU, kalian bisa mengunjungi website HKU di http://www.hku.hk atau blog dari mahasiswa HKU di http://www.als.hku.hk/hkudos/.

Hope to see you here in HKU!

 

Photos are courtesy of the author.

SHARE
Previous articleMenjadi Siswa Muslim di Amerika Serikat
Next articleChoose your education with an end goal in mind
Friska
Friska is a devout eater and full-time foodie that is blessed with a cooperative body. Joking aside, she is a full time student at the University of Hong Kong, studying double major in Food & Nutritional Science and Finance with a minor in Marketing. Apart from her studies, she is now taking an active role as a Student Ambassador of HKU and as the internal affairs officer for PPI-HK. She is passionate about marketing, strategy, finance, and most importantly, food. In her leisure time, she could be found exploring new places and eating.
  • Nicma Faneri

    Kak minta kontak kakak dong, aku mau tanya2

  • Triwulan Agustien

    Halo, perkenalkan nama aku wulan mahasiswa semester 5 di ipb. Aku mau nanya2 soal HKU boleh kak? Boleh minta kontaknya kak? Terimakasih:)

  • Wibisono S. Wardhono

    Halo, salam kenal buat Mbak Friska, saya berencana untuk apply HKPFS untuk mengambil PhD di HKU, apakah mbak Friska memiliki informasi terkait dengan peluang atau pengalaman mahasiswa asal Indonesia yang mengambil program PhD di HKU? Terima kasih sebelumnya … Sukses selalu … :)