U.S. Green Card: Sebuah Panduan A-Z

9
7164
Source: http://rachelheller.org/wp-content/uploads/2014/06/IMG_03011.jpg

Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan lewat personal blog saya, maupun oleh teman-teman saya di berbagai media sosial adalah “Bagaimana cara mendapatkan U.S. Green Card (bisa disebut “Green Card” saja) atau U.S. Permanent Resident? Apakah mungkin status Permanent Resident ini didapatkan bila tidak melalui pernikahan? Apakah kita kehilangan status kewarganegaraan Indonesia bila kita memiliki U.S. Green Card?”

Di artikel ini, saya akan mencoba untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan diatas, lengkap dengan rincian biaya yang kira-kira perlu kita sediakan. Tapi sebelumnya, mari kita mengerti pengertian dari U.S. Green Card itu sendiri.

Source: http://www.uscis.gov/sites/default/files/images/newestPRCfront.jpg

1. Apa sebenarnya arti dari US Green Card?

Green Card atau United States Permanent Residence adalah status keimigrasian yang mengizinkan penerimanya untuk hidup secara permanent dan bekerja secara komersil dan legal di Amerika Serikat. Kartu ini disebut Green Card karena warna fisik kartu itu sendiri adalah hijau (green). Pemegang Green Card tetap berstatus warga negara asal mereka. Jadi, walaupun saya, misalnya, berstatus Permanen Resident di Amerika Serikat, saya tetap warga negara Indonesia. Tidak seperti status warga negara, Green Card memiliki batas masa berlaku yang bervariasi, tergantung tahap keimigrasian seseorang. Masa berlaku ini dimulai dari 2 tahun, 5 tahun, dan bahkan ada yang 10 tahun. Para pemegang Green Card harus menunggu selama kira-kira 7 tahun dalam status Permanent Resident sebelum bisa mengganti status kewarganegaraannya menjadi warga negara Amerika Serikat. Proses pergantian kewarganegaraan ini disebut proses ‘naturalization’. Indonesia tidak mengizinkan warga negaranya memiliki dua status kewarganegaraan (dual citizenship), jadi bila seseorang berganti status menjadi warga negara Amerika Serikat, orang tersebut tidak lagi warga negara Indonesia.

2. Apa sih bedanya status Permanent Residence dan Warga Negara?

Salah satu perbedaan mendasar antara status Permanent Residence dan Warga Negara adalah boleh/tidaknya seseorang ikut serta dalam pemilihan umum. Permanent Residence tidak memiliki hak untuk ikut ambil bagian memilih dalam pemilu Amerika Serikat. Walaupun Permanent Residents dan warga negara Amerika sama-sama membayar pajak penghasilan kepada pemerintah Amerika, ada manfaat-manfaat (benefits) yang hanya bisa didapatkan oleh warga negara. Lowongan pekerjaan di kantor-kantor pemerintahan juga pada umumnya hanya dikhususkan kepada warga negara saja.

Bekerja dan tinggal di Amerika Serikat merupakan impian bagi sebagian orang. Saya tahu ada beberapa teman yang mencoba melamar pekerjaan ke Amerika Serikat dengan harapan dapat disponsori visa-nya oleh perusahaan tempat mereka melamar. Menurut pengalaman saya, sangat kecil kemungkinan suatu perusahaan merekrut tenaga kerja diluar Amerika – karena mensponsori visa bukan perkara mudah, maupun perkara murah. Secara logis, lebih mudah bagi suatu perusahaan untuk merekrut tenaga kerja yang memang sudah tinggal di Amerika Serikat. Namun jangan sedih maupun putus asa dan nestapa, ada perusahaan-perusahaan berskala international di Indonesia yang mengirimkan tenaga kerjanya untuk bekerja di salah satu kantor cabang mereka di Amerika Serikat dalam jangka waktu tertentu, bisa sampai tahunan – tergantung kontrak dengan perusahaan tersebut. Salah satu contohnya adalah Price Waterhouse Cooper.

3. Nah, bagaimana caranya (dan berapa biaya) mengurus aplikasi Green Card?

Cara lain untuk mendapatkan kartu izin tinggal bila tidak lewat pernikahan antar-bangsa adalah dengan mendaftar di program Electronic Diversity Visa Lottery, atau bisa juga disebut dengan Green Card Lottery. Program ini merupakan program resmi dari Pemerintah Amerika Serikat tanpa dipungut biaya, yang bertujuan untuk menjaga keragaman populasi imigran di Amerika. Link resmi untuk Green Card Lottery ini adalah https://www.dvlottery.state.gov– diluar dari link ini, program Green Card Lottery lainnya adalah penipuan berbayar. Apabila kita terpilih sebagai pemenang Green Card Lottery, kita harus terbang ke Amerika Serikat dalam jangka waktu 6 bulan. Semua biaya ditanggung pribadi. Kita harus membawa uang yang cukup untuk beberapa bulan untuk membayar sewa apartment dan kebutuhan sehari-hari sampai mendapat pekerjaan. Jadi meskipun kita sudah dianugerahi status Green Card, masih banyak biaya yang harus dikeluarkan. Contoh estimasi biaya 3 bulan pertama (bila dalam kurun waktu 3 bulan belum mendapat pekerjaan):

Tiket (pulang pergi): $1,200
Sewa apartment 3 bulan dan deposito (biasanya 1 bulan sewa): ($500 x 3) + $500 = $2000
Kebutuhan sehari-hari selama 3 bulan : $1000 x 3 = $3000
Total: 1,200 + 2000 + 3000 = $6200
Konversi ke Rupiah : $6200 x 13,000 = Rp. 80,600,000,*

*Biaya tersebut diatas merupakan estimasi biaya hidup di kota-kota kecil, bukan kota metropolitan seperti New York atau Los Angeles yang notabene jauh lebih mahal.

Jadi seperti kita lihat, bahkan bila kita sudah mendapatkan Green Card Lottery, biaya yang harus dipersiapkan juga tinggi.

Dan yang terakhir adalah datang dengan status pelajar, lalu setelah tinggal di Amerika Serikat selama 2 tahun, menghubungi pengacara imigrasi untuk membantu merubah status menjadi Permanent Residence. Hal ini memang menelan biaya, namun sangat mungkin dilakukan. Sebagai gambaran, konsultasi dengan pengacara imigrasi di kota kecil semacam Lexington, Kentucky kira-kira $350.00/ jam atau (350 x 13000) Rp. 4,550,000/jam.

Demikian gambaran realistis tentang proses Green Card. Informasi ini saya dapatkan berdasarkan pengalaman pribadi, informasi dari beberapa website lain (saya cantumkan dibawah artikel), berdasarkan wawancara saya dengan beberapa pemenang Green Card Lottery di Indonesia, dan seorang pengacara teman suami saya (jadi saya gak bayar soalnya temennya suami. heheLumayan.)

Tidak ada yang salah bila seseorang ingin tinggal dan bekerja di negara lain semacam Amerika Serikat. Di negara manapun kita tinggal, pasti ada sesuatu yang kita bisa pelajari dan kita bawa kembali ke negeri kita untuk memajukan bangsa. Bahkan, menurut opini saya, cara terbaik untuk mengenal bangsa kita sendiri adalah dengan melihat bangsa kita dari sudut pandang baru sehingga kita bisa mengidentifikasi dengan lebih baik hal-hal apa saja yang kita bisa tingkatkan di Indonesia. Seperti ada pepatah mengatakan, dunia tidak selebar daun kelor.

You’re welcome!

Sumber lainnya:

1. http://www.nolo.com/legal-encyclopedia/difference-between-us-green-card-us-citizenship.html

2. http://www.alllaw.com/articles/nolo/us-immigration/permanent-resident-vs-citizen-difference.html

3. http://en.wikipedia.org/wiki/Diversity_Immigrant_Visa

Content Edited by Artricia Rasyid

Photo Credit: WordPress

 

SHARE
Previous articleCROSSING THE BRIDGE OF “NO, I CAN’T BE A MULTIDISCIPLINARY PERSON”: PART 3
Next articleBeing Sick Abroad: My Story and Tips
Kitty Sitompul-Nieman
Kitty Sitompul-Nieman is an award winning intercultural professional with a blend of experiences in teaching, writing, interpreting, and public speaking in international and diverse platforms. A Fulbright scholarship grantee for the Community College International Development program, Kitty has eight years of experience in English as a Second Language (ESL) teaching and management, as well as three years experience in Indonesian-English consecutive and simultaneous interpretation. She currently lives in Lexington, Kentucky, USA with her husband, Clay Nieman. They both enjoy hanging out at Buffalo Wild Wings. More of her writings can be found at her personal blog www.KittySitompul.wordpress.com.
  • Eka Arief Setyawan

    Mau tanya dong, kan katanya kalo sudah terpilih menang Green Card lottery itu syaratnya harus ke Amerika selama 6 bulan. Nah maksudnya 6 bulan itu untuk apa? Apakah hanya syarat atau gimana? Dan kalo misalnya lebih dari 6 bulan disana juga boleh kan? Terima kasih

    • Kitty Sitompul-Nieman

      Artinya, bila kamu diumumkan sebagai pemenang US Green Card, misalnya pada bulan Januari, kamu punya waktu 6 bulan untuk meninggalkan Indonesia. Jadi kamu paling lambat meninggalkan Indonesia bulan Juli..

  • hai, mau berbagi pengalaman. kami pemenang green card lottery 2014 dan sejak okt-14 bermukim di san francisco. pengalaman dan cerita2 kami mengenai green card lottery, pindah ke as, dan tinggal di sf bisa dibaca di sini: http://www.ceritasf.com. semoga bermanfaat!

  • Yuli Astuti

    Kisah Sukses Suami saya menjadi TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk
    Agusdin Subiantoro yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku deputi
    penempatan BNP2TKI no hp beliau 0853-1115-1157

    kisah cerita saya awal jadi TKI
    Perkenalkan Nama Suami Saya Kurniawan Asal Temanggung Jateng.
    Disini saya akan bercerita kisah sukses Suami yang menjadi kenyataan mimpi Beliau.
    KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM.

    Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi Keluarga saya
    yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya
    perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Suami Saya lahir di salah satu
    kampung terpencil di kota Temanggung Provinsi Jawa Tengah, dimana
    struktur tanah tempat kelahiran dia adalah pegunungan dengan mata
    pencaharian masyarakat sekitar petani dan beternak. Pengorbanan keluarga
    yang selama mendidik, membina dan membiayai hidup saya selama ini tak
    cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua suami saya menjadi
    petani, suami saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang
    terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya
    lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi
    lulusan Diploma dan Strata 1.
    Pada pertengahan tahun 2011 saya
    bertemu dengan seorang teman lama di Jalan Raya Kranggan No. 36
    Temanggung Jawa Tengah. Dia memperkenalkan saya dengan salah satu
    pejabat BNP2TKI PUSAT, Beliau adalah Deputi Penempatan BNP2TKI, Agusdin
    Subiantoro. Alamat BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta
    Selatan 12770.
    Saya diberikan No Kontak Hp Beliau, dan saya mencoba
    menghubungi tepat jam 5 sore, singkat cerita saya’pun menyampaikan
    maksud tujuan saya, bahwa sudah lama suami saya mengimpikan bisa bekerja
    di japang. Beliaupun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan
    dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu
    membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat
    Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya
    kirim ke kantor beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan
    murni sebesar Rp. 6.000.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang
    akhirnya suami saya bisa menginjakkan kaki dinegeri sakura japang.

    Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2
    minggu lamanya, suami saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang.
    Makna yang terkandung didalamnya sangat luar biasa dirasakan oleh suami
    saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total
    karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala
    suami saya masih belum begitu yakin apakah dia bisa berangkat Ke Jepang
    dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya
    di bidang industri.
    Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat
    itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan
    pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya.
    Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekatpun suami saya belum
    pernah sama sekali.Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas
    Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan kami, rasa haru
    dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat suami saya di
    izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan suami saya
    diantar oleh paman saya, kami saling berpelukan dan mohon salam dan
    restu dari orang tua dan keluarga.
    MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG.

    Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang,suami saya dijemput oleh petugas IMM
    Japan yang ada di sana, dan dia diantar ke Training Centre Yatsuka
    Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan
    penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti suami saya anda bisa,
    Hubungi Bpk Deputi Penempatan BNP2TKI, Agusdin Subiantoro Ini No Contak
    HP Beliau: 0853-1115-1157 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda
    untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.
    TERIMA KASIH

  • Woro

    Hmmm…sepertinya saya sudah dapat jawabannya :)

    http://www.magazineusa.com/us/info/show.aspx?unit=immigration&doc=50

  • angel

    Haii mau nanya dong pas masukin pendaftaran kan ada confirmation number. Itu apa ya ?

  • luky Hidayat

    Saya mau nanya? kebetulan saya baru saja habis kontrak kerja di kapal pesiar dan saya tinggal di darat us saat ini,
    status saya sekarang illegal sebenarnya karena saya hanya punya visa laut. Adakah cara agar saya mendapatkan working permit atau merubah menjadi visa kerja didarat atau apapun itu agar saya menjadi legal.. terima kasih

  • Fitri

    Hai, mau tanya apa wni dan wni bisa menikah di Amerika, kebetulan pacar saya wni yg tinggal di amerika 15 tahun dan sudah dapat greend card. Rencananya tahun ini kami akn menikah di amerika dan kemungkinan saya pun akan tinggal di sana. Yang mau saya tanyakan bagaimana prosedur dan hukumnya ? saya ingin mengobrol ini email saya juliana031013@gmail.com

  • Banyak pemohon Visa Amerika, ketakutan sebelum mengajukan, ada baiknya membaca artikel pengalaman dan pengetahuan, seputar Visa Amerika, seperti Artikel ini yang sangat bermanfaat bagi calon pemohon, untuk informasi lebih banyak sebagai pengetahuan, silahkan kunjungi juga blog UVC
    http://www.usvisaconsultan.blogspot.com
    semoga bermanfaat
    salam
    Harry Salim