Donny Eryastha sedang mempresentasikan pengalamannya bersekolah di Harvard pada Airlangga School of Diplomacy, Universitas Airlangga Surabaya

INDONESIA MENGGLOBAL GOES TO SURABAYA

Pada tanggal 29 November 2014 lalu Indonesia Mengglobal khusus datang ke kota Surabaya untuk event Airlangga School of Diplomacy di Universitas Airlangga Surabaya. Tema seminar kali ini adalah “Pursuing Graduate Study Abroad”. Acara ini merupakan salah satu program kerja dari Campus Representative Indonesia Mengglobal di Surabaya, Nadia Hartono.

Peserta terlihat serius menyimak presentasi Donny

Dalam acara ini, Donny Eryastha mewakili Indonesia Mengglobal sebagai pembicara. Ia memiliki latar belakang kuliah di jurusan Manajemen dan lulus dari program Master of Public Administration in International Development S2. Donny mengawali presentasinya dengan pemutaran video mengenai pengalamannya bersekolah di Harvard Kennedy School. Setelah itu, ia bercerita mengenai persiapan aplikasi S2 dan bagaimana ia berhasil melawan mitos-mitos yang berkembang di masyarakat. Mitos-mitos yang selama ini beredar adalah siswa harus memiliki peringkat cum laude, anak orang terkenal, mendapat surat rekomendasi dari orang terkenal seperti presiden, dan mendapat beasiswa/bisa membiayai diri sendiri  untuk diterima di sekolah terbaik. Namun, pada kenyataannya, Donny diterima di Harvard tanpa memenuhi satu pun mitos di atas. Selebihnya, Donny juga bercerita tentang apa yang membuatnya ingin bersekolah di Harvard. Because it’s Harvard and because it’s the Kennedy School.

Setelah itu, Donny juga memberikan essay clinic yang merupakan kumpulan tips-tips jitu menulis personal essay untuk keperluan aplikasi sekolah S-2 di luar negeri. Pemaparan yang interaktif, peserta disajikan dengan 3 essay lalu peserta diminta untuk mengidentifikasi kelemahan dan keunggulan masing-masing esai. Dalam sesi ini, Donny menjelaskan bahwa seringkali pelamar terjebak untuk tidak menjawab sesuai dengan pertanyaan dan format yang diminta, seperti melebihi jumlah maksimal kata-kata yang dapat dipergunakan dan kurang to the point sehingga terlalu teknis, bertele-tele dan pemilihan kata yang boring. Dengan adanya sesi essay clinic, maka diharapkan agar peserta dapat mempertajam kemampuan menulis sekaligus menyesuaikan konten tulisan sedemikan rupa sehingga sesuai dengan apa yang diharapkan admissions committee.

Peserta menerima goodie bag dari EducationUSA yang merupakan salah satu supporter acara

Udara panas Surabaya tidak menyurutkan semangat ratusan teman-teman yang hadir pada seminar Indonesia Mengglobal. Hal ini ditunjukkan dengan antusiasme dari pendengar saat sesi tanya jawab. Jika kamu berminat mengundang Indonesia Mengglobal bicara di kampusmu, silakan isi formulir ini. See you guys!

*Foto disediakan oleh penulis




===========================================
Nadia Hartono is an International Relations student at Universitas Airlangga, and is also an English teacher at EF Surabaya. She has always been passionate about world affairs and history, especially issues regarding peace and security. She is also involved in the Model UN team and happens to be the president of Airlangga Model UN Club. Nadia often considers herself a ‘news junkie’ since in utero. When she isn’t glued to New York Times or CNN, she spends time playing piano, reading novels, and trying very hard not to be the worst singer.
Posts | Facebook | Twitter | Quora | LinkedIn