Sekilas Mengenai PETRONAS Education Sponsorship Program

Sekilas Mengenai PETRONAS Education Sponsorship Program

Ingin mendapatkan beasiswa untuk belajar di bidang engineering dan technology? PETRONAS Education Sponsorship Program bisa menjadi jawabannya. Dalam tulisan ini, Grandika Primadani menjelaskan apa yang membuat beasiswa bergengsi ini diincar oleh para pelajar terbaik dari luar negeri. Simak tulisannya supaya tidak ketinggalan tips-tips untuk mendapatkan beasiswa ini!

Universitas Teknologi PETRONAS merupakan salah satu perguruan tinggi private di Malaysia yang menawarkan program beasiswa kepada siswa-siswi lulusan SMA di Indonesia. Program beasiswa ini diberikan sebagai salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) PETRONAS. Semenjak didirikan pada tahun 1997, Universiti Teknologi PETRONAS telah menjelma menjadi salah satu perguruan tinggi terkemuka di Malaysia, khususnya di bidang engineering dan technology. Jadi jangan heran bila setiap tahunnya program beasiswa ini menjadi incaran pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studinya di luar negeri, khususnya di Malaysia.

Hampir setiap tahunnya, ribuan pelajar terbaik dari seluruh pelosok nusantara berlomba-lomba untuk mendapatkan beasiswa prestige ini. Beasiswa yang diberikan merupakan beasiswa penuh (full scholarship) tanpa ada ikatan dinas dengan PETRONAS. Artinya, setelah lulus, penerima beasiswa tidak diharuskan untuk mengabdikan diri di PETRONAS. Jika ingin bekerja di PETRONAS pun, maka graduate harus mendaftar layaknya pelamar kerja pada umunya.

Beasiswa yang diberikan menutup biaya kuliah, uang buku dan laptop, tempat tinggal (hostel), tiket pesawat dan uang jajan tiap bulan. Belum lagi penerima beasiswa berhak memilih fakultas yang mereka idam-idamkan antara lain Petroleum Geoscience, Petroleum Engineering, Chemical Engineering dan Mechanical Engineering. Siapa sih yang engga pengen?

Tentu untuk mendapatkannya ada beberapa tahapan yang harus dilalui untuk mendapatkan PETRONAS Education Sponsorship Program. Tahap pertama adalah seleksi dokumen di mana setiap kandidat diminta untuk mengirimkan dokumen – dokumen terkait seperti ijazah, curriculum vitae, foto kopi raport yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris, dan sertifikat prestasi akademik/non-akademik selama SMA jika ada. Setelah tahap pertama, akan diumumkan nama-nama kandidat yang berhak mengikuti tes wawancara dan tes tulis. Selanjutnya pada tahap akhir, kandidat yang lolos seleksi dokumen dan wawancara diharuskan untuk mengikuti tes kesehatan hingga nantinya didapatkan beberapa nama penerima beasiswa untuk melanjutkan studi S1 di Universiti Teknologi PETRONAS, Malaysia. Jumlah penerima beasiswa bervariasi setiap tahunnya bergantung pada kuota yang telah disepakati oleh PETRONAS.

Untuk bersaing mendapatkan beasiswa PETRONAS tentu dibutuhan strategi. Raldi, penerima beasiswa PETRONAS, yang juga seorang mahasiswa final year Petroleum Engineering, mengungkapkan selain kemampuan akademik, soft skills, leadership skills, serta keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler selama di bangku SMA adalah bekal utama untuk bersaing dengan ribuan kandidat yang lain. Apalagi ketika tahap wawancara, pertanyaan yang diajukan bersifat analytical dan menguji sejauh mana kemampuan berfikir kritis kandidat.

Tertarik mengikuti PETRONAS Education Sponsorship Program? Masih ada kesempatan hingga tanggal 25 Juli untuk mendaftar. Jangan melewatkan kesempatan untuk belajar di world-class engineering university di Malaysia, Universiti Teknologi PETRONAS.

Info mengenai beasiswa selengkapnya dapat diakses di facebook group info beasiswa PETRONAS:  https://www.facebook.com/groups/infokom.utp/

Jika berminat mengikuti program beasiswa PETRONAS, formulir bisa langsung diunduh melalui link berikut : http://www.utp.edu.my/images/stories/docs/International%20Application%20Form%202012.pdf

Adapun link mengenai UTP bisa diakses melalui http://www.utp.edu.my/

Photo Credit: UTP via flickr




===========================================
Grandika S. Primadani is a senior at Universiti Teknologi PETRONAS majoring in Basin and Reservoir studies. He enjoys all aspects of geology and unconventional energy research. Previously, Grandika had a brief industrial internship with TOTAL E&P Indoesie (TEPI). He is serving AAPG in various roles, such as former president of AAPG – UTP – SC; AAPG volunteer for IPTC and OTC Asia, and has received a variety of professional awards, including L. Austin Weeks Grant 2015. In my spare time I'm often reading, running, and strength training.
Posts | Website