Bagaimana cara WNI untuk ikut Pemilu 2014 di luar negeri?

0
703

Ingin ikut Pemilu 2014 tetapi sedang sekolah di luar negeri? Masih tidak yakin dengan cara untuk voting? Kali ini, IM akan memberikan langkah-langkah supaya suara kamu dapat tetap terdaftar untuk bersama-sama memilih Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden kita selama 5 tahun ke depan!

Pemilu tahun ini akan dilaksanakan di Indonesia pada tanggal 9 Juli 2014. Namun, untuk kamu yang berada di luar negeri, tanggalnya dapat berbeda-beda. Sebagai contoh, Pemilihan Umum di Melbourne akan dilaksanakan pada tanggal 5 Juli 2014.

Cara pemilihan pun biasanya ada dua: 1. Memilih secara langsung dengan mendatangi Kedutaan Indonesia di kota dimana kamu berada, atau 2. Memilih dengan menggunakan pos, sehingga tidak usah datang ke Tempat pemilihan Suara (TPS) pada tanggal tersebut.

Namun untuk memilih secara pos, kamu harus mendaftarkan diri sebelum tanggal 10 Juni 2014. Pemilihan secara pos sudah ditutup sekarang, jadi jika belum mendaftar, pemilihan hanya akan dapat dilakukan dengan datang langsung ke TPS.

Langkah-langkah untuk melakukan Pemilu 2014 di luar negeri

1. Kunjungi website: http://www.diasporamemilih.com/tps-luar-negeri dan klik di negara dimana kamu berada sekarang ini.

2. Setiap negara mempunyai tempat TPS masing-masing. Cari TPS yang terdekat dengan domisili kamu.

3. Pastikan kamu sudah terdaftar untuk voting. Pendaftaran bisa dilakukan secara manual maupun melalui online (tergantung negaranya). Sebagai contoh, untuk memilih di Melbourne, kamu bisa mendaftar di website ini: http://www.pplnmelbourne.com.au/daftar/index.html.

4. Make sure kamu sudah mencatat tanggal dan tempat pemilihan yang benar. Pemilu 2014 di luar negeri biasanya dilakukan lebih awal (bukan tanggal 9 Juli seperti di Indonesia).

5. Datang ke TPS pada tanggal yang ditentukan dan coblos pilihanmu!

Bagi yang datang langsung ke TPS untuk vote, dianjurkan untuk datang pagi-pagi. Biasanya kalau coblos pada waktu siang, antreannya sudah sangat panjang.

Walaupun jauh dari tanah air, kita masih tetap bisa berkontribusi untuk masa depan Indonesia. Remember, every vote counts! :)

 

Photo by Eko Angkawidjaja