Wawancara dengan Nadia Putri Utami – JASSO Scholarship di Tsukuba University

Wawancara dengan Nadia Putri Utami – JASSO Scholarship di Tsukuba University

Indonesia Mengglobal yang diwakili Ricky Tjok berkesempatan mewawancarai Nadia Putri Utami, seorang mahasiswi S1 Tsukuba University, Jepang yang sedang mendalami Agro-biological Resource Science di School of Life and Environmental Sciences. Semasa studi, Nadia mendapat beasiswa JASSO yang juga dikenal dengan nama ‘Monbukagakusho for privately-financed international students’.

Tsukuba University mempunyai kerjasama yang cukup erat dengan dua universitas Indonesia – IPB dan UGM, terutama dalam jurusan yang didalami Nadia. Pendaftaran masuk ke Tsukuba University melalui dua tahap, yaitu (1) screening process, dan (2) wawancara melalui Skype. Screening process memerlukan terjemahan raport, nilai TOEFL IBT, financial plan, dan study plan yang semuanya perlu dikirimkan langsung ke Jepang. Wawancara tahap kedua diadakan sekitar satu bulan setelah screening process dan mencakup pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan jurusan yang akan diambil.

Menurut Nadia, Jepang memberikan banyak beasiswa terutama kepada murid-murid yang datang dari Asia. Pendaftaran untuk beasiswa ini pada dasarnya ada dua tahap. Seorang murid pertama-tama mendaftar untuk beasiswa universitas. Kalau seandainya tidak lolos tetapi diterima di sekolah Jepang, murid ini kemudian bisa mendaftar untuk JASSO scholarship yang persyaratannya meliputi rekomendasi dari sensei dan esai.

Saran Nadia kepada para pembaca Indonesia Mengglobal adalah untuk tidak melewatkan kesempatan mendaftar ke program Global 30 karena tidak ada ruginya. Pendaftaran program ini diadakan pada bulan Januari, sebelum UAS atau ujian SBMPTN Tulis jadi meskipun mendaftar, seorang murid tidak akan kehilangan kesempatan untuk mengikuti ujian sekolah di Indonesia.

Tonton video wawancara lengkap bersama Nadia di akun youtube Indonesia Mengglobal. Semoga teman-teman bisa terinspirasi mendaftar beasiswa ke Jepang!

Photo Credit: Tsukuba University’s Quadrangle via Wikipedia




===========================================
Indonesia Mengglobal consists of a group of Indonesian students/alumni who are excited to share our study-abroad experiences. We hold a high regard for the value of our education and believe that a high-quality global education should be easily accessible to everyone in Indonesia.
Posts | Website | Facebook | Twitter