Wawancara Indonesia Mengglobal dengan Andri Taruna – University of Arizona

0
143

Tim Indonesia Mengglobal diwakili Christina Juwita mengadakan interview bersama Andri Taruna, mahasiswa program master di bidang Soil, Water dan Environmental Science pada University of Arizona, Amerika Serikat dan juga penerima beasiswa Fulbright tahun 2012.  University of Arizona adalah universitas yang publikasinya paling banyak dikutip oleh ilmuwan lain di bidang Environmental Science.

Saat ini Andri sedang sibuk menulis tesis untuk mengejar wisuda di bulan Mei dan juga mengerjakan riset bersama mahasiswa pascasarjana dari Jepang. Fokus riset Andri adalah di bidang mikrobiologi.

Impian Andri untuk sekolah di luar negeri bermula dari saat Andri masih duduk di bangku S1. Saat kuliah,  Andri sering membaca publikasi dari universitas – universitas luar negeri yang kemudian membuatnya bertekad untuk melanjutkan sekolah di luar negeri, walaupun IPK nya saat itu masih pas – pasan. Tambahan lagi, Andri pernah mengikuti seminar internasional dimana Ia bertemu dengan rekan – rekan dari berbagai penjuru dunia, yang semakin memperkuat tekadnya untuk sekolah di luar negeri untuk mengembangkan pengetahuan nya sebagai ilmuwan.

Setelah lulus kuliah S1, Andri mendaftar ke berbagai program beasiswa namun terus menerus gagal selama 2 tahun berturut – turut. Tanpa pantang menyerah, Andri terus berusaha, hingga akhirnya diterima di dua beasiswa sekaligus, yaitu Fulbright dan VLIR – UOS pada tahun 2012. Perjalanan Andri mendapatkan beasiswa tidak mudah, namun Andri tidak pantang menyerah walaupun mempunyai IPK S1 yang rendah dan skor TOEFL yang awalnya rendah.

Tonton video wawancara lengkap bersama Andri di akun youtube Indonesia Mengglobal yang sangat inspiratif dan bisa memberikan dorongan bagi kamu yang bermimpi sekolah di luar negeri dan mengejar beasiswa!

Jangan lupa, subscribe agar tidak ketinggalan video – video wawancara ataupun campus visit lainnya!

Photo Credit: University of Arizona via Wikipedia