Selamat Ulang Tahun ke-2, Indonesia Mengglobal!

Selamat Ulang Tahun ke-2, Indonesia Mengglobal!

Indonesia Mengglobal dibentuk pada tahun 2012. Pada hari ulang tahun ke dua ini kami akan memberikan sedikit gambaran mengenai sejarah terbentuknya Indonesia Mengglobal dan mengundang para pembaca untuk mengulas lebih lanjut seluk beluk Indonesia Mengglobal dan bagaimana kami beroperasi.

Awalnya…

Sekitar bulan Oktober 2011, Veni dalam kapasitasnya sebagai Presiden Indonesian Club at Stanford (ICS) mengusulkan untuk mengadakan one-on-one mentorship di @america Pacific Place Jakarta pada bulan Januari 2012. Acara mentorship ini disambut hangat oleh banyak mentor dan juga mentee. Dari sana, kami menyadari bahwa ada banyak mahasiswa lulusan luar negeri yang antusias untuk membantu dan banyak juga calon mahasiswa yang menghargai pengalaman dan tips yang bisa diberikan oleh mahasiswa lulusan luar negeri ini. Setelah merekrut mentor dan mentee untuk acara tersebut, matching mentor dan mentee pun dilakukan, di mana Stevia, Martin dan beberapa mahasiswa Indonesia lainnya di Stanford ikut membantu. Saat itulah Veni dan Martin berkesempatan membahas tentang pembentukan sebuah situs dengan tujuan memberikan informasi yang bisa membantu teman-teman di Indonesia agar bisa sukses dalam aplikasi mereka ke luar negeri. Tanggal 9 Maret 2012, Indonesia Mengglobal pun resmi diluncurkan bersama dengan artikel pertama yang berisi sambutan editorial.

Dari awalnya, kami berusaha menjadwalkan tulisan secara reguler dimana kami menerbitkan dua atau tiga tulisan setiap minggunya. Kami mulai dengan artikel dari kontributor yang bersekolah di Amerika karena kami memang tidak mempunyai jaringan di luar Amerika. Beberapa kontributor pertama kami adalah Leonard Hartono dan Kevin Soedyatmiko. Mencari kontributor pada saat itu tidaklah gampang. Veni mulai dengan menghubungi teman-temannya, para mentor yang berpartisipasi dalam acara mentorship, dan juga rekan-rekan yang dia kenal dari sebuah konferensi di Washington DC. Martin beruntung berkenalan dengan Andhika Sahadewa (akrab dipanggil Gan Dea) yang menghubungkan dia dengan beberapa temannya yang lain yang bersedia menulis untuk Indonesia Mengglobal.

Berhubung suksesnya acara mentorship bulan Januari, kami kemudian berdiskusi untuk mengadakan acara lanjutan. Stevia, Veni, dan Martin pun berkumpul di sebuah restoran Korea dekat kampus Stanford dan dalam pendiskusian, mendapatkan ilham bahwa sewaktu aplikasi mereka semua mengalami hambatan yang sama yaitu kurangnya sumber informasi (gratis). Inilah yang mencetuskan pengadaan seminar pertama Indonesia Mengglobal ‘Towards a US Higher Education’ di bulan Agustus 2012 yang menghadirkan beberapa kontributor yang berbagi pengalaman mengenai aplikasi sarjana dan pascasarjana. Seminar ini diorganisir oleh Stevia dengan bantuan Donny di tempat, sedangkan Veni dan Martin membantu dari jarak jauh.

Donny dan Stevia kemudian resmi bergabung dengan Indonesia Mengglobal, dan kami mulai melakukan rekrutmen. Dari sini, Indonesia Mengglobal akhirnya berkembang menjadi tim dengan 10 anggota. Liputan kami diperluas untuk mencakup tulisan-tulisan dari benua Australia dan Eropa, difasilitasi dengan bergabungnya Marcella dan Netta. Akun sosial media pun dikelola oleh Christa yang mulai membuat posting yang menarik dan menyebarluaskan kegiatan Indonesia Mengglobal. Monic dan Shila mengadakan outreach event di ITB dan Unpad untuk mensosialisasikan Indonesia Mengglobal di kedua kampus ini. Natasha pun membantu mengadakan acara-acara di Indonesia.

Hingga saat ini, Indonesia Mengglobal telah berpartisipasi dalam berbagai acara mengenai studi di luar negeri, seperti acara info sessionpembekalan ‘Outstanding Students of the World’ yang diselenggarakan oleh Kementrian Luar Negeri, sharing session 6 Juli, dan juga seminar ‘Pursuing US Higher Education‘. Di tahun pertama, kami juga telah berkesempatan berbicara di acara Indonesia Mengajar, Scholarships and Education Expo 2012 oleh FEUI, Sunday Sharing dengan Indonesia Future Leaders, dan juga acara 1-on-1 Coffee Chat yang lebih akrab antara alumni sekolah di AS dan calon pelamar.

Selain itu, Indonesia Mengglobal juga meluncurkan Program Mentorship Indonesia Mengglobal pertama pada bulan Juni 2012. Program ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para mentor dan mentee, dan merupakan salah satu program dengan wujud paling nyata dalam membantu calon mahasiswa Indonesia aplikasi ke luar negeri. Dalam program mentorship pertama ini, kami menerima 15 mentee yang berkualifikasi tinggi dan beraspirasi untuk belajar di negara-negara di berbagai belahan dunia.

Karena tulisan-tulisan kontributor kami yang berkualitas, kami pun dihubungi oleh banyak media massa yang sekarang menjadi partner kami, seperti Harian Kompas, the Jakarta GlobeEducationUSA, dan juga US-Indonesia Joint Council on Higher Education Partnership. Sampai sekarang, kami masih aktif mensindikasi tulisan kontributor kami di situs partner dengan harapan lebih banyak teman-teman bisa mendapatkan manfaat dari tulisan-tulisan ini.

Kinerja Indonesia Mengglobal…

Indonesia Mengglobal adalah sebuah tim yang unik karena hampir semua aktivitas kami dilakukan dari jarak jauh. Kami sekarang mempunyai 18 anggota yang tersebar di 6 kota di Indonesia dan Amerika. Setiap anggota bekerja secara mandiri dari lokasinya. Oleh karena itu, kami menggunakan banyak perangkat online untuk memfasilitasi kinerja kami, di antaranya:

Komunikasi: webmail, Skype, Google Hangout, Quip
Sosial Media: Facebook, Twitter, YouTube, SlideShare, HootSuite
Project Management dan penulisan draf: Asana, Google Drive, Dropbox
Website & Traffic Management: WordPress, MailChimp, Jotform, GoDaddy

Tidak ada satu anggota pun dalam Indonesia Mengglobal yang telah bertatap muka dengan semua anggota lainnya. Martin hanya pernah bertemu dengan Veni dan Stevia, dan tidak ada anggota tim yang pernah berjumpa dengan Netta sehingga kami menduga dia mungkin hanyalah karakter fiktif ; )

Editor Indonesia Mengglobal berusaha sebisa mungkin untuk menyajikan tulisan-tulisan menarik secara reguler. Kalau anda simak dengan seksama, anda akan melihat bahwa tulisan dari kontributor di benua Amerika, Eropa, dan Australia muncul dalam interval yang teratur, yaitu setiap sepuluh hari. Ini memastikan adanya keragaman tulisan untuk semua pembaca.

Satu tahun mendatang…

Kami baru saja mengadakan rekrutment untuk tahun 2014 dimana 8 anggota baru bergabung dengan tim kami, membawa total anggota aktif menjadi 14. Ricky dan Wisnu bergabung sebagai social media managers dengan kelebihan masing-masing untuk mempersembahkan posting yang unik dan lebih menarik lagi kepada para pengikut sosial media kami. Andrego membawa keahliannya dalam perihal teknis untuk mengembangkan situs Indonesia Mengglobal. Elfina, Sarah, dan Alvi masing-masing akan membantu upaya sosialisasi kami di kampus ITB, Unpad, dan UI. Dan akhirnya, Robyn dan Heru akan berperan sebagai editor membawakan tulisan-tulisan dari kontributor Amerika Utara. Dalam satu tahun mendatang ini, kami telah merencanakan berbagai kegiatan yang tidak sabar ingin kami implementasikan. Kami tentu saja akan terus menerbitkan tulisan-tulisan berkualitas para kontributor yang menjadi keunikan dan kelebihan situs kami. Program mentorship juga akan kami teruskan tahun ini. Kami juga berencana untuk meluncurkan sebuah database beasiswa yang akan memberikan informasi terbaru mengenai beasiswa kepada pembaca Indonesia Mengglobal. Kami berharap semua kegiatan ini akhirnya akan bisa membantu lebih banyak pelamar dari Indonesia mencapai impian mereka.

Apresiasi kepada para kontributor…

Indonesia Mengglobal tidaklah mungkin bisa mencapai kesuksesan hari ini tanpa kontributor-kontributor kami. Tulisan-tulisan mereka sejak awal sudah menjadi tulang punggung kesinambungan situs kami. Jadi kepada para kontributor, terima kasih atas jasa anda mempenakan tulisan ataupun meluangkan waktu untuk menjadi speaker dalam acara-acara kami. Indonesia Mengglobal hanyalah sebuah sarana untuk menebarkan inspirasi dan informasi mengenai studi di luar negeri, dan ini tidak lain bersumber dari anda. Kami segenap tim Indonesia Mengglobal ingin mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada anda!




===========================================
Indonesia Mengglobal consists of a group of Indonesian students/alumni who are excited to share our study-abroad experiences. We hold a high regard for the value of our education and believe that a high-quality global education should be easily accessible to everyone in Indonesia.
Posts | Website | Facebook | Twitter