Visiting University of Southern California

0
1177
Gambar diambil dari www.usc.edu

Bulan September yang lalu, saya berkesempatan mengunjungi University of Southern California (USC) di Los Angeles, Amerika Serikat. Universitas yang telah berdiri sejak tahun 1880 ini adalah universitas riset swasta tertua di California, dan mempunyai jumlah mahasiswa internasional terbanyak di Amerika Serikat. Tak heran, USC menjadi salah satu tujuan yang cukup populer bagi mahasiswa Indonesia yang ingin belajar di kota Los Angeles.

Di USC, saya bertemu dengan mahasiswa-mahasiswi Indonesia, yang juga merupakan anggota dari USC ASIS. Mereka adalah William, Jessica, Adhi, dan Fredric. USC ASIS sendiri adalah organisasi kemahasiswaan bagi siswa Indonesia yang bersekolah di USC. Mereka mengajak saya berjalan-jalan keliling kampus, sambil bercerita tentang pengalaman mereka kuliah di USC. Ketika berkeliling kampus USC, saya juga bertemu dengan beberapa mahasiswa Indonesia yang sedang berdisuksi di Trojan Lounge. Trojan Lounge adalah salah satu ruangan belajar / berdiskusi yang tersedia di kampus USC, dan cukup populer bagi mahasiswa Indonesia. Rupanya, jumlah mahasiswa Indonesia disini cukup banyak, ada sekitar 200 orang, baik itu di tingkat sarjana maupun pasca sarjana.

Selama berkeliling kampus USC, saya berkesempatan secara langsung melihat gedung-gedung sekolah di USC yang bergengsi, misalnya  Thornton School of School Music, Annenberg School of Communication, Dornsife School of Letters and Sciences, School of Cinematic Arts, termasuk dua sekolah yang paling populer di kalangan mahasiswa Indonesia yaitu Leventhal School of Accounting dan Marshall School of Business. Menariknya, menurut Jessica, tiap minggu nya ada berbagai kantor firma akuntan terkenal yang mengadakan job fair di Leventhal School of Accounting, sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan sangat terbuka lebar!

Jika kamu ingin bersekolah di negara bagian California, kamu bisa menjadikan USC sebagai pilihan sekolah kamu. Lebih lengkapnya, tonton yuk video perjalanan saya keliling USC dibawah ini!

Terima kasih kepada William Utomo, Jessica Yaury, Adhi Sosrodjojo, dan Fredric Tanuwijoyo dari USC ASIS yang telah meluangkan waktunya untuk mengajak Indonesia Mengglobal jalan – jalan keliling kampus USC :)