Mengenal Beasiswa Erasmus Mundus Action 2

1
596
Erasmus Mundus Indonesia

“Banyak jalan menuju Roma”, itulah salah satu peribahasa pedoman saya dalam mencari peluang beasiswa. Contohnya adalah salah satu beasiswa bergengsi untuk bersekolah di Eropa, beasiswa Erasmus Mundus (EM). Banyak yang mengenal beasiswa EM sebagai beasiswa paska sarjana dimana perkuliahan ditempuh di minimal tiga kampus di tiga negara berbeda. Dan jarang yang mengetahui adanya peluang lainnya termasuk beasiswa pertukaran pelajar dan kuliah di satu universitas saja dengan beasiswa ini. Well, I will introduce you to Erasmus Mundus Scholarship Action 2, specifically for LOTUS Unlimited program.

Beasiswa EM terbagi menjadi dua action projects: Action 1-EM Joint Programmes dan Action 2-EM Partnership. Untuk Action 1, kita memilih dulu program yang diinginkan. Masing-masing program sudah terdapat list universitas yang terdaftar di konsorsium program. Dalam masa studi, minimal kita kuliah di tiga universitas di tiga negara berbeda. List program EM Action 1 dapat di cek di sini. In the meantime, Action 2 menawarkan beasiswa program paska sarjana, pertukarang pelajar (satu atau dua semester), dan pertukaran staf (satu bulan). Sebelum mendaftar EM Action 2, pastikan kita tahu terlebih dahulu kita termasuk di Target Group berapa karena ada beberapa Target Group dalam EM Action 2 ini. Target Group  merupakan kategori pendaftar beasiswa. Hal ini dikarenakan Action 2 terjalin melalui program kerjasama dengan beberapa universitas partner. But no worry, everyone has the chance to get this scholarship.

Target Group 1 (TG1) ditujukan untuk mahasiswa atau alumni dari universitas yang termasuk dalam partner universities. Misalnya untuk program LOTUS Unlimited yang merupakan program kerjasama dengan ITB dan UGM di Indonesia. Mahasiswa atau alumni ITB dan UGM termasuk di TG1 untuk program LOTUS Unlimited. Target Group 2 (TG2) ditujukan untuk khalayak umum dari semua universitas yang bukan universitas partnership di TG1. Selain itu, terdapat juga Target Group 3 (TG3) untuk pendaftar dengan keadaan khusus. Misalnya berasal dari daerah yang terkena bencana alam, poverty, dll dan harus menyertakan bukti “keadaan” tersebut. Berbeda dengan Action 1, dengan Action 2 kita hanya berkuliah di satu kampus di satu negara selama masa studi (jadi tidak pindah negara). Universitas yang dapat dipilih hanya beberapa universitas Uni Eropa yang ada di list partnership aja. In addition, program studi yang dipilih bebas asalkan terdapat di universitas konsorsium program. Plus, kita familiar dengan teaching language-nya serta apakah program yang kita inginkan itu masih dibuka atau tidak. Besarnya jumlah nominal beasiswa yang diperoleh sama, baik untuk Action 1 maupun 2.

 

Taken from LOTUS Unlimited’s Website

Program LOTUS Unlimited sendiri merupakan program lanjutan dari LOTUS I, II, dan III sejak tahun 2010. Saya sendiri merupakan awardee LOTUS II pada tahun 2012. Sembilan universitas di Eropa dan sebelas universitas di Asia tergabung dalam project ini dengan Ghent University sebagai koordinator program. As mentioned before, ITB and UGM are partner universities from Indonesia.

Pendaftaran program LOTUS Unlimited biasanya dibuka pada bulan Oktober dan ditutup pada bulan Februari dan dilakukan secara online melalui website-nya di sini. Pendaftar tidak perlu mengirim berkas harcopy persyaratan aplikasi ke Ghent, Belgium. Kita diminta untuk mendaftar dengan email dan password yang akan digunakan untuk login ke akun kita di website tersebut. Kita memiliki kesempatan untuk memilih dua program studi di dua universitas berbeda. Sebagai contohnya, saya memilih program studi Services Engineering and Management di University of Porto sebagai pilihan pertama dan program studi Information Systems di Uppsala University sebagai pilihan kedua. Karena dua pilihan tersebut, tentu saja motivation letter yang harus di-submit pun sejumlah dua dan berbeda sesuai program studi yang didaftar.

Nantinya pengumuman dilakukan melalui email sekitar bulan Maret- April dengan hasil: main list,reserved list, dan rejected.Para main listers akan diminta untuk menerima tawaran beasiswa melalui akun LOTUS-nya. Jadi para reserved listers masih bisa harap-harap cemas jika ada main listers yang mengundurkan diri.

Untuk yang kurang sreg dengan program studi yang ditawarkan universitas-universitas di program LOTUS Unlimited, tak perlu bersedih karena masih terdapat beberapa program EM Action 2 lainnya. Daftar lengkap program beasiswa EM Action 2 yang ditawarkan bisa dicek di link ini. Jadi tunggu apa lagi? Go grab this opportunity and Europe is waiting for you :) 

SHARE
Previous articleLife as an ex-International Student
Next articleSeberapa Pentingnya Sih Reputasi Universitas Pilihanmu?
Nabila Asad
Nabila As'ad holds a Bachelor of Engineering degree from Bandung Institute of Technology. She is now enjoying her Erasmus life while studying at University of Porto. She is an awardee of Erasmus Mundus scholarship. Living her life as a dedicated student on her weekdays and a lost traveler on the weekend, she loves to share her life and experience in Europe, especially in Portugal and about the Erasmus Mundus scholarship, on her blog at bhellabhello.wordpress.com. She falls in love with teaching, talking to strangers, CouchSurfing, and getting lost. Feel free to poke her anytime or say hi when you bump into her someday.
  • Bambang Sidharta

    Permisi numpang tanya..Saya dapat LOA dari Universitas Twente..tapi saya terlambat untuk mengapply beasiswa dari Neso Nuffic Indonesia (OTS, STUNED, NFP dll)..untuk beasiswa dari Indonesia pun sudah tidak eligible di segi umur..Kira-kira dengan Erasmus + Action 2 dan target 2, apakah bisa mendapatkan funding utk master saya, secara Universitas TWente tidak termasuk partnership dalam beberapa program EM Action 2..Apakah EM bisa funding utk master kita di Eropa di luar universitas yg termasuk partnership?