Drexel University

4
85

Drexel University adalah salah satu universitas swasta yang terletak di kota Philadelphia, Pennsylvania. Sejak didirikan pada tahun 1891, Drexel telah berkembang dari sebuah institut teknologi lokal menjadi universitas riset berkelas internasional dan berkedudukan di antara 100 universitas terbaik di Amerika (versi U.S News & World’s Report). Dengan total populasi mahasiswanya yang mencapai 25.000, Drexel menyediakan 70 program studi S1 dan 100 program S2, S3, dan non-degree.

Program Co-Op

Drexel paling dikenal dengan program co-opnya. Melalui program co-op ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk bekerja secara full-time  selama total 18 bulan saat masih menjalani program S1. Jadi pada saat kelulusan, tidak hanya gelar yang akan diraih melainkan juga pengalaman kerja yang relevan dengan bidang studi dan minat. Karena program ini telah ada selama puluhan tahun, Drexel memiliki koneksi dengan 1,200 perusahaan-perusahaan yang akan merekrut mahasiswa co-op di 35 state dan 35 negara. Perusahaan-perusahaan Fortune 500 seperti Goldman Sachs, J.P Morgan, dan Microsoft juga termasuk dalam jaringan ini. Penghasilan rata-rata mahasiswa dari co-op adalah US$ 2,000/bulan. Lumayan untuk mencukupi biaya kehidupan sehari-hari bukan?

Setiap mahasiswa Drexel yang berpartisipasi dalam program co-op diberikan pilihan untuk menjalani 1 co-op atau 3 co-op. Setiap co-op berlangsung sekitar 6 bulan dan dapat dijalani hanya sekali dalam satu tahun ajaran. Bagi yang memilih hanya 1 co-op, co-op dilaksanakan di tahun ke 3 dan wisuda diadakan di tahun ke-empat. Bagi yang memilih 3 co-op, co-op dilaksanakan di tahun ke 2, 3, dan 4 sehingga wisuda diadakan di tahun ke-lima. Berikut ini adalah contoh jadwal pergantian co-op dan kelas setiap tahunnya:

Source: http://www.drexel.edu/undergrad/coop/coop-options/

Jadi dengan hanya satu co-op, mahasiswa dapat lulus di tahun yang sama dengan teman-teman seangkatan dari SMA dan bisa lebih cepat kerja atau melanjutkan S2. Tetapi dengan 3 co-op, mahasiswa dapat pengalaman kerja dan tambahan uang saku yang lebih banyak walaupun harus lulus setahun setelah teman-teman lainnya. Seperti yang terlihat di tabel di atas, summer vacation untuk program co-op hanya ada di tahun pertama. Di tahun-tahun berikutnya, summer akan selalu diisi dengan kelas atau co-op.

Proses pencarian co-op kurang lebih serupa dengan proses pencarian kerja dalam kehidupan nyata; dari tahap browsing pekerjaan, pengiriman resume, interview, dan penawaran pekerjaan. Sekilas mungkin terdengar membingungkan untuk mahasiswa berusia rata-rata 19-20 tahunan yang belum pernah bekerja secara formal. Untungnya, setengah tahun sebelum memulai co-op pertama, mahasiswa dibekali dengan kelas Co-Op 101. Kelas ini mengajarkan kiat-kiat sukses dalam co-op mulai dari proses pencarian pekerjaan, penulisan resume dan cover letter, interview, dan berbagai etiket profesional lainnya. Keberadaan Career Development Center di kampus juga sangat membantu mahasiswa dalam keberhasilan karir di co-op maupun setelah kelulusan. Selain mengadakan tiga career fair dalam setahun, Career Development Center juga mengadakan workshop-workshop tentang minat dan bakat, pencarian kerja, penulisan resume dan cover letter, kiat-kiat interview, networking hampir setiap minggunya. Lebih dari itu, para career advisor juga melayani konsultasi karir secara one-on-one.

Akademis

Saat ini, Drexel memiliki 12 fakultas yakni Media Arts & Design, Engineering, Business, Arts and Sciences, Information Science and Technology, Medicine, Nursing, Education, Professional Studies, Law, Biomedical Engineering, dan Public Health. Selain memilih program studi utama (major), mahasiswa juga diberi kesempatan untuk menentukan minor yang tidak harus di dalam fakultas program studi utamanya. Contohnya: seorang mahasiswa Chemical Engineering bisa mengambil Management sebagai minor dengan hanya mengambil beberapa mata kuliah lagi di departemen tersebut. Untuk mahasiswa yang ambisius, tersedia juga pilihan jalur akselerasi dimana gelar S1 dan S2 (berikut dengan co-op) dapat diraih dalam waktu 5 tahun.

Dinamika akademis di Drexel berlangsung sangat cepat dan padat karena mengadopsi sistem kalender quarter (bukan semester). Setiap tahun ajaran dibagi dalam 4 quarter yaitu Fall, Winter, Spring, dan Summer. Tiap-tiap quarter ini terdiri dari 10 minggu tatap muka di kelas, 1 minggu ujian akhir, dan 1 minggu libur. Pembelajaran yang sangat dinamis seperti ini membuat pelajar mau tak mau bekerja keras untuk menyelesaikan semua tugas-tugas mingguan, tugas kelompok, dan juga belajar untuk ujian pertengahan yang biasanya berlangsung 2 minggu sekali. Walaupun sangat melelahkan, sistem ini telah membentuk etos dan disiplin kerja yang sangat baik dalam diri mahasiswa. Banyak juga mahasiswa yang mengakui bahwa dengan sistem yang super cepat ini, mereka jadi enggan untuk bolos karena takut ketinggalan terlalu banyak materi pelajaran.

Kegiatan Kampus

Maskot Drexel: Mario the Magnificent Dragon

Dengan  kehidupan akademis yang sangat dinamis dan kesibukan co-op, mahasiswa Drexel masih sangat antusias dalam berorganisasi dan berperan aktif di lingkungan kampus. Keseharian mahasiswa disini tidak berakhir dengan usainya kelas ataupun rush hour traffic sepulang dari co-op, melainkan dengan rapat, penggalangan dana, latihan, dan kegiatan organisasi lainnya. Di Drexel, terdapat sekitar 250 organisasi akademis, olah raga, media, kultural, seni, politik, fraternity/sorority, dan kepedulian sosial yang dijalankan oleh mahasiswa. Jumlah ini selalu bertambah setiap tahunnya karena selalu ada saja minat-minat dan ide-ide baru yang muncul dari kalangan mahasiswa. Untuk semua organisasi-organisasi ini, Student Affairs menyediakan anggaran dan pelatihan kepemimpinan yang diharapkan membantu kesuksesan mahasiswa dalam berorganisasi.

Di waktu senggang dan akhir pekan, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk have fun melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Campus Activities Board (CAB). CAB adalah sebuah wadah dimana mahasiswa dapat menyuarakan ide-ide mereka mengenai acara rekreasi yang mereka inginkan dari kampus. Berdasarkan konsensus dan anggaran, CAB  menyelenggarakan ide-ide ini secara cuma-cuma ataupun dengan biaya rendah untuk mahasiswa Drexel.  Contoh acara-acara menarik yang diadakan CAB adalah ski trip, beach trip, amusement park trip, nonton pertandingan olahraga bareng, pemutaran film, konser, pijat bareng selama minggu ujian, BBQ party, dan masih banyak lagi. 

Philadelphia

Downtown Philadelphia

Philadelphia adalah kota metropolitan terbesar kedua di East Coast dengan populasi sebanyak 1.5 juta. Letaknya sangat strategis: 2 jam dari New York City dan 3 jam dari Washington D.C. Sebagai kota dimana kemerdekaan Amerika dideklarasikan, Philadelphia adalah kota yang kaya akan objek wisata bernilai sejarah. Cerita sejarah Amerika bisa ditelusuri di daerah Old City, dimana terletak makam Benjamin Franklin, gedung dimana konstitusi negara dirumuskan, lonceng lambang kemerdekaan Amerika Serikat, dan puluhan museum bersejarah lainnya. Suasana di Old City Philadelphia ini pun agak mirip dengan suasana tahun 1870an dengan kehadiran jalanan berbatu, kompleks bangunan tua, dan kereta kuda.

Biaya hidup di kota Philadelphia yang masih sangat terjangkau berhasil menarik anak-anak muda, mahasiswa maupun profesional, untuk tinggal di Philadelphia. Misalnya, tidak perlu menyetir jika hanya berpergian di dalam kota Philadelphia karena kendaraan umum berupa bis dan subway mencakup seluruh pelosok kota. Harga kebutuhan sehari-hari, sewa apartemen, dan pajak di kota ini juga  masih lebih rendah dibandingkan dengan kota-kota metropolitan terdekat seperti New York dan Washington D.C.

Soal makanan, Philadelphia menyajikan pilihan kuliner yang beragam dan bersahabat dengan kantong. Food truck yang biasanya mangkal di daerah kampus dan perkantoran sudah jadi langganan mahasiswa Drexel sehari-hari. Pada umumnya, food truck ini tidak hanya menyediakan kuliner lokal seperti pretzel, hoagie, cheesesteak, tetapi juga kuliner internasional termasuk Chinese, Mexican, Korean, Vietnamese dan Middle Eastern. Selain itu, rasa kangen akan kuliner negeri sendiri pun mudah sekali diobati di Philadelphia. Caranya? Kunjungi saja daerah South Philadelphia dimana terdapat beberapa restoran dan toko yang menjual masakan dan produk Indonesia.

Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran bagi teman-teman Indonesia Mengglobal tentang kehidupan di Drexel University. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan meninggalkan comment di bawah ini atau di forum.

 

Photo credits: Drexel Main Building via Drexel University, Drexel Dragon via Drexel I-school, Downtown Philadelphia via Drexel ELC

SHARE
Previous articleKuliah Dengan Beasiswa Dari Kementerian Pendidikan Perancis
Next articleLife in Tokyo University
Fransisca Simanullang
Fransisca Simanullang earned her Bachelor of Science in Business and Engineering from Drexel University with a concentration in Operations and Supply Chain Management. During her undergraduate career, she worked as a processing assistant for Drexel's Enrollment Management, completed her co-op assignment with PJM Interconnection, and served as the secretary of Drexel Indonesian Students Association. Out of her passion to promote Indonesian culture, she regularly performs traditional dances across the Delaware Valley region with the Indonesian Culture Club.
  • Mahasiswa

    Hi salam kenal, saya ada pertanyaan soal co-op. Di tempat saya juga ada program co-op dengan durasi 12 – 15 bulan. Yang jadi pertanyaanya adalah bagaimana mungkin international student yang hanya punya quota 12 bulan kerja bisa co-op? Apa student yang co-op bisa mendapatkan ekstensi? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    • Fransisca Simanullang

      Hi Mahasiswa – International student juga bisa partisipasi dalam program co-op. Setelah jatah CPT 12 bulan tersebut habis dengan co-op yang kedua, untuk co-op yang ketiga international student bisa either: 1)Co-op di US tapi harus pekerjaan yg unpaid (i.e: research, non-profit, etc), 2) Co-op di luar US, 3) Tetap ambil paid co-op di US dengan menggunakan jatah OPT yg seharusnya digunakan setelah lulus . Yang saya lihat paling sering sih selama ini #2. Semoga mencerahkan!

  • penanya

    selamat malam. saya ingin bertanya, jadi, berapa kira2 biaya livingcost yang dikeluarkan dalam sebulan ? terimakasih

  • novita

    Hi, salam kenal. Saya punya pertanyaan : apakah bisa transfer student dari college yang baru mulai masuk pada tahun ke-3 mengikuti program co-op?