Daftar Sekarang untuk Program Mentorship Indonesia Mengglobal!

43
63

“Dalam sebuah acara Indonesia Mengglobal Saya dipertemukan dengan orang Indonesia yang lain yang telah diterima atau telah lulus dari program MBA top. Mereka membantu Saya dalam menulis ulang dan mengedit esai aplikasi MBA Saya, membuat esai Saya lebih tajam, kuat dan padat.”

-Ayu Kartika Dewi, alumni Universitas Airlangga, mengikuti acara Coffee Chat Indonesia Mengglobal, diterima di program MBA Fuqua (Duke), Kellogg (Northwestern), dan Haas (Berkeley).

 

Menimba ilmu di institusi pendidikan terbaik di dunia adalah mimpi banyak orang. Berkuliah di luar negeri bisa mengubah nasib, meluaskan wawasan dan meningkatkan pengalaman. Sayangnya, banyak siswa-siswi Indonesia yang sebenarnya sangat berpotensi mengalami kendala saat menghadapi rumitnya sistem aplikasi kuliah di luar negeri. Saat diharuskan mengambil tes-tes seperti TOEFL, GMAT, atau GRE, menulis esai, atau menyertakan surat rekomendasi, banyak yang masih bertanya-tanya dan memerlukan bimbingan dari orang Indonesia lain yang telah berhasil melalui proses aplikasi tersebut dengan sukses. Sistem pendidikan formal di Indonesia memang tidak diarahkan untuk mempersiapkan lulusannya berkuliah ke luar negeri. Ada banyak institusi lain yang bisa memberikan bimbingan tapi dengan mengenakan biaya yang tidak sedikit, sampai ribuan dolar.

Memenuhi permintaan Anda, dan untuk memberikan bantuan paling nyata agar siswa-siswi Indonesia mendapat pendidikan terbaik di dunia, Indonesia Mengglobal dengan bangga meluncurkan “Program Mentorship Indonesia Mengglobal”.

Dalam Program Mentoring Indonesia Mengglobal, kami ‘mempertemukan’ para mentee yang telah terseleksi dengan mentor yang merupakan mahasiswa atau alumni universitas-universitas terbaik di seluruh dunia secara gratis. Masing-masing mentee akan dipasangkan dengan seorang mentor dengan latar belakang yang sesuai, yang telah berkomitmen memberikan masukan dan saran yang spesifik sesuai dengan latar belakang dan tujuan masing-masing mentee.

Program mentorship akan berlangsung selama kurang lebih tiga bulan, dari Juni sampai dengan September 2013, di mana dalam setiap periode dua mingguan akan dibahas topik-topik yang berbeda sesuai kebutuhan aplikasi kuliah di luar negeri, seperti memilih sekolah, tes-tes standar, menulis esai, mendapatkan rekomendasi, beasiswa, dan lain-lain. Metode yang dilakukan adalah seminar jarak jauh dan mengerjakan tugas mandiri. Program mentorship membantu memastikan mentee mempersiapkan aplikasinya secara terorganisir dan sesuai jadwal untuk pada akhirnya didaftarkan untuk periode perkuliahan 2014.

Program ini terbuka untuk para mentee yang bermaksud memasukkan aplikasi untuk mulai berkuliah pada tahun akademik 2014 untuk tingkat S1 (bachelor), S2 (masters) atau S3 (PhD). Universitas tujuan tidak dibatasi dari sisi lokasi, jadi Anda bisa mendaftar ke universitas di Amerika, Asia, Australia, ataupun Eropa. Kami sadar bahwa proses aplikasi sekolah adalah proses yang sangat personal, karena itu kami akan menjaga kerahasiaan seluruh data pelamar dan identitas mentee yang terpilih. Silakan isi formulir aplikasi mentee.

Kami juga mengundang mahasiswa dan alumni asal Indonesia yang memiliki pengalaman berkuliah di luar negeri pada tingkat S1 (bachelor), S2 (masters) atau S3 (PhD) untuk menjadi mentor dan ikut serta dalam upaya bersama mencerdaskan anak bangsa. Silakan isi formulir aplikasi mentor.

Indonesia mengglobal akan melakukan seleksi berdasarkan kecocokan mentee dan mentor, prestasi akademis dan ekstrakurikuler mentee, kecocokan mentee dengan program yang dilamar, serta komitmen mentee dan mentor terhadap program mentorship. Aplikasi dibuka sampai dengan tanggal 12 Juni 2013, pukul 17.00 WIB, dan yang terpilih akan diumumkan pada 19 Juni 2013. Siapapun bisa memantau perkembangan proses seleksi dan program mentorship melalui thread tentang program mentorship di forum Indonesia Mengglobal.

Jangan lewatkan kesempatan ini. Ambillah langkah pertama untuk mewujudkan mimpimu berkuliah di institusi pendidikan terbaik di dunia : )

 

  • Anonymous

    Hi moderator, how do I know if my application is already submitted? Thanks.

    • Indonesia Mengglobal

      If you’ve hit the submit button, we receive your application. Don’t worry : )

  • Dewi

    Maaf nih moderator, saya berminat untuk mengikuti kegiatan ini, apa boleh kita ikut namun sebenarnya saya masih dalam proses aplikasi beasiswa..well…saya sebenarnya sangat tertarik untuk ikut program ini. Apalagi ke luar negeri,,,,

    • Indonesia Mengglobal

      Tentu saja boleh : )

  • sumbarang selah

    Hi moderator, how could you limit the applicant? how many mentees will be taken?what are the criteria to be chosen?

    • Indonesia Mengglobal

      Hi Sumbarang, seperti sudah disebutkan di atas, Indonesia mengglobal akan melakukan seleksi berdasarkan kecocokan mentee dan mentor, prestasi akademis dan ekstrakurikuler mentee, kecocokan mentee dengan program yang dilamar, serta komitmen mentee dan mentor terhadap program mentorship.

      • sumbarang selah

        yap, so, what is the best criteria for short essay?

  • Pingback: Program Mentorship Indonesia Mengglobal | GUAdalaJUARA!()

  • Himawan

    Bolehkah ikut hanya agar bisa memenuhi kualifikasi TOEFL atau GMAT? (Ada banyak kursus yang mensyaratkan peserta pelatihan harus memenuhi nilai TOEFL tertentu, misal 425).

    • Indonesia Mengglobal

      Seperti yang sudah tertera di atas, program ini terbuka hanya untuk para mentee yang bermaksud memasukkan aplikasi untuk mulai berkuliah pada tahun akademik 2014.

  • geszen

    metodenya seminar jarak jauh dan mengerjakan tugas mandiri berarti melalui online ya ?

    • Indonesia Mengglobal

      Yup : )

  • kalau mau apply yang 2015 *karena baru lulus tahun segitu* nggak bisa ikutan ya? :'(

    • Indonesia Mengglobal

      Tahun depan ya : )

  • kalau saya masih binggung tentang negara dan universitas yang dituju, apakah boleh apply? soalnya di formulir aplikasi mentee ada kolom tersebut

    • Indonesia Mengglobal

      Tentu saja boleh : ) Silakan isi saja dulu. Memilih sekolah dan negara adalah salah satu topik yang akan dibicarakan dalam mentorship, jadi masih mungkin diubah.

  • Handono Warih

    aku mau tanya, sekarang aku sedang menempuh pendidikan s1 dan baru smester 2 tetapi saya mempunyai cita2 untuk dapat berkuliah di Harvard or stamford *dengan beasiswa* hehehe. dan memang itu sangat sulit, tetapi aku akan berusaha. lalu apakah saya dapat mengikuti acara tersebut untuk dapat prepare dari sekarang, karena universitas yg mau saya tuju untuk program master sangat berat ?
    terimakasih
    Handono Warih

    • Indonesia Mengglobal

      Seperti yang sudah dijelaskan beberapa kali di halaman ini, kamu bisa ikut kalau kamu akan mendaftar sekolah tahun ini (akan mulai sekolah di luar negeri tahun depan).

    • Mungkin Handono bisa baca-baca dulu tulisan di Indonesia Mengglobal untuk sementara untuk mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan. Di samping itu, anda juga dapat mengikuti perkembangan program mentorship di forum kami, dimana para mentor akan berbagi tips-tips dan saran-saran. Acara mentorship sifatnya memang lebih ditargetkan ke pelajar tahun akhir karena materi yang dibahas memang lebih spesifik ke aplikasinya sendiri.

  • juliana

    hai.. aku mau tanya, kalo lulusan D3 itu gimana ya di luar negeri? apa bisa langsung ngambil master apa gimana? makasih.

    • Indonesia Mengglobal

      Seperti hanya di Indonesia, kalau mau S2 kamu harus bergelar S1 dulu.

  • Amarilis Nurdita Pawestri

    hai, mau tanya nih. tapi kalo belum tes toefl dll gimana ?
    apa bisa ikutan ?

    • Indonesia Mengglobal

      Boleh dong. Silakan daftar saja dulu : )

  • Yuliana Jemie

    Sy lulusan D3 Bahasa Inggris di Indonesia. Sy ingin melanjutkan S1 di luar negeri, apakah bisa memperoleh beasiswa?

    • Indonesia Mengglobal

      Hi Yuliana, kamu bisa bisa coba baca-baca dulu berbagai artikel tentang beasiswa yang ada di website ini : )

  • ‘Novia Agatha II

    ini di adakan di jakarta ya?
    kalau memang terpilih, tanggal berapa kah dimulainya mentorship program ini?

    karena saya niatnya, mau ke singapore ambil kelas bahasa level 5 dulu. selama 2 bulan. stlh itu emang ada sekolah bahasa lain yg saya inginkan. namun, jika program ini dapat disesuaikan dg jadwal saya, maka setelah Agustus, apakah bisa?

    dan jika tidak bisa,
    berapa lamakah harus menunggu jawaban bahwa aplikasi kita memang di tolak?
    karena sekolah bahasa inggris level 5 yg akan saya masuki itu dimulai tgl 1 july.
    jd, jika memang di tolak, apakah bisa tolong di beri tahu paling telat pertengahan juni?

    trims..

    • Donny Eryastha

      Hi Novia,

      Seperti yang sudah tertulis di atas: Program mentorship akan berlangsung selama kurang lebih tiga bulan, dari Juni sampai dengan September 2013, di mana dalam setiap periode dua mingguan akan dibahas topik-topik yang berbeda sesuai kebutuhan aplikasi kuliah di luar negeri, seperti memilih sekolah, tes-tes standar, menulis esai, mendapatkan rekomendasi, beasiswa, dan lain-lain. Metode yang dilakukan adalah seminar jarak jauh dan mengerjakan tugas mandiri.

      Seperti yang juga sudah tertulis di atas: yang terpilih akan diumumkan pada 19 Juni 2013.

  • reza

    Hi.. Salam kenal saya reza lulusan DIII Administrasi keuangan UNPAD dan S1 Akuntansi Unpas.

    Saat ini sedang mencari beasiswa untuk overseas study MBA. Saya telah memiliki IELTS 6, TOEFL 512, and recommendation letter.

    Yang saya tanyakan adalah :

    1. Apakah dgn lulusan perguruan tinggi swasta mendapat perlakuan khusus di luar negeri sbg ?

    2. Untuk program MBA, apa saja persyaratannya? Salah satu syarat yang saya ketahui GMAT, GRE etc. Dimana saya dpt kursus atau mempelajari GMAT dan GRE serta test certificate asli yg berlaku untuk dunia international ?

  • reza

    Hi.. Salam kenal saya reza lulusan DIII Administrasi keuangan UNPAD dan S1 Akuntansi Unpas.

    Saat ini sedang mencari beasiswa untuk overseas study MBA. Saya telah memiliki IELTS 6, TOEFL 512, and recommendation letter.

    Yang saya tanyakan adalah :

    1. Apakah dgn lulusan perguruan tinggi swasta mendapat perlakuan khusus di luar negeri sbg ?

    2. Untuk program MBA, apa saja persyaratannya? Salah satu syarat yang saya ketahui GMAT, GRE etc. Dimana saya dpt kursus atau mempelajari GMAT dan GRE serta test certificate asli yg berlaku untuk dunia international ?

    • Donny Eryastha

      Hi Reza,
      1. Ini untuk melamar sekolah atau program mentorship? Untuk kedua-duanya, yang diperhitungkan bukan negeri atau swasta, tapi reputasi sekolah dan prestasi kamu sendiri.
      2. Sekali lagi, ini persyaratan untuk sekolah atau mentorship? Program mentorship tidak mengharuskan sudah mengambil GMAT. Unutk tempat kursus, Saya coba ketik ‘tempat kursus GMAT’ di Google dan muncul banyak jawaban. Tes GMAT dan GRE itu juga diakui secara internasional. Tempat tesnya bisa kamu coba Google juga.

      • reza

        Trim’s atas sarannya.

        Salam hormat maaf saya berminat akan tetapi saya masih kesulitan dgn persyaratan yg ditentukan oleh Prof di Swinburne yg mengharuskan saya untuk mengikuti test interview namun harus disertakan LOA, Recommendation letter, essay “Global Economics”, GMAT, GRE, IELTS, working experience min 5 years etc.

        Saya smpat ajukan prmohonan LOA namun dapat email yg tertera bahwa unconditional?

        • Donny Eryastha

          Terus terang Saya gak ngerti kamu ini rencananya mau daftar apa dan siapa yang memberi syarat-syarat ini. Intinya, mau daftar sekolah memang ada syarat-syarat yang harus dienuhi. Saran Saya, kamu kunjungi dulu website sekolah dengan seksama. Artikel ini tentang program mentorship. Baca dulu juga artikelnya.

  • fadly agustimahir

    hai, salam kenal, saya Fadly. tadi baru saja selesai isi aplikasi untuk program mentorship-nya. Semoga bisa diterima. Walaupun bahasa Inggrisnya masih pas-pasan. 😀

  • Dido Sujaya

    Halo semua, sebelumnya terimakasih kepada indonesia mengglobal atas dibukanya program mentorship, sangat membantu sekali, terutama untuk kami di daerah luar Jawa, saat ini memang sedang butuh bantuan untuk dapat LOA dari Universitas target.. :)

    • fadly agustimahir

      eh om dido, akhirnya datang juga. mimpi kita masih hidup, kawan. :)

  • hanes

    wah udah tutup??
    baru tahu, bagaimana ini??

  • Nesha Chang

    Dear moderator,
    kapan ya info accepted applicants-nya di umumin? soalnya ini udah lewat tgl 19 juni dan masih belum ada info. danke : )

    • Donny Eryastha

      Sudah diumumkan sejak tanggal 19 yang lalu. Silakan cek email forum, Twitter dan Facebook Indonesia Mengglobal.

  • Pingback: Selamat Ulang Tahun ke-2, Indonesia Mengglobal! | Indonesia Mengglobal()

  • erwin andriano sianturi

    selamat pagi?
    saya lulusan smk-ti 2011,dan saya ingin kuliah diluar negri ,cara untuk mendapatkan beasiswa tsb gmna pak@donnyeryastha:disqus .appakah kuliah disana membatasi umur?trimakassih

  • Pingback: Crowdfunding Indonesia Mengglobal’s Inaugural Scholarship Fund | Indonesia Mengglobal()