Herzlich Willkommen in Deutschland – Selamat Datang di Jerman

Herzlich Willkommen in Deutschland – Selamat Datang di Jerman

Informasi yang saya tuliskan dalam tulisan berikut bukanlah tulisan detail yang memberikan penjelasan bagi Anda untuk bisa melanjutkan kuliah di Jerman. Ini hanyalah informasi umum mengenai jenis perguruan tinggi di Jerman, dan gambaran mengenai apa saja yang harus Anda persiapakan sebelum Anda kuliah ke Jerman secara garis besar.

 Tujuan dari tulisan ini adalah untuk memberikan informasi tambahan bagi Anda yang ingin kuliah ke luar negeri. Jika Anda membutuhkan informasi secara khusus dan spesifik, saya harapkan Anda tidak perlu sungkan-sungkan untuk menghubungi saya. 

Lebih kurang 3 tahun sudah lamanya saya di Jerman. Berbagai macam kesempatan dan manfaat telah saya dapatkan. Berbagai pengalaman telah saya kumpulkan. Dan saya juga ingin Anda sekalian juga bisa mengalaminya. Harapan saya, semoga informasi ini nantinya bisa menjadi salah satu alternatif bagi kelanjutan studi Anda. Dan membuat Indonesia semakin mengglobal tentunya. 

 

“Jerman”, ditulis dalam bahasa ibunya

Bagi Anda siswa lulusan SMA, mahasiswa lulusan S1 maupun S2 yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri, Jerman mungkin bisa Anda jadikan sebagai salah satu negara alternatif untuk melanjutkan pendidikan Anda.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari Lembaga Statistik federal Jerman (2011/2012), saat ini terdapat sebanyak 421 perguruan tinggi di Jerman. Perguruan tinggi ini tersebar di 165 daerah di Jerman, dan jika ditotal terdapat sampai dengan 14.500 jurusan. Jumlah yang sangat besar.

Seperti apa perguruan tinggi di Jerman?

Secara umum terdapat 3 jenis perguruan tinggi

  1. Universitäten
  2. Fachhochschulen
  3. Kunst-, Film- und Musikhochschulen

Universitäten atau Universitas adalah tempat yang tepat jika Anda tertarik terhadap bidang penelitian. Universitäten menawarkan beragam jurusan, kelas dan beragam peluang penelitian bagi Anda. Beberapa Universitäten melakukan spesialisasi khusus di bidang teknik, kedokteran dan pendidikan. Jika Anda nantinya ingin melanjutkan program doktor, maka Universitäten adalah tempat yang tepat bagi Anda.

Fachhochschulen ideal bagi Anda jika Anda menginginkan pendidikan yang lebih dekat dengan praktek di lapangan kerja. Selain belajar di masa perkuliahan, Anda juga akan menjalani semester praktek dan magang.

Bagi Anda yang ingin belajar perfilman, musik atau bahkan seni artistik, maka Kunst-, Film- und Musikhochschulen adalah perguruan tinggi yang tepat bagi Anda. Beragam jurusan seperti Fashion Design, Graphic Arts, Musik Instrumental, bahkan Nyanyian ditawarkan di perguruan tinggi ini. Beberapa perguruan tinggi yang memiliki fokus pada alat media modern mempersiapkan mahasiswa mereka untuk menjadi director, camera operator, dan producer bagi acara televisi maupun film layar lebar. Yang harus diperhatikan jika Anda ingin melanjutkan ke perguruan tinggi jenis ini ialah test penerimaan mahasiswa barunya. Mereka memiliki sistem penerimaan mahasiswa baru yang berbeda dengan dua perguruan tinggi sebelumnya. Disini Anda diminta untuk menunjukkan kemampuan Anda secara langsung pada saat test penerimaan.

Universitas negeri dan swasta

“Math Slide” di Technical University of Munich

Sebagian universitas di Jerman dibiayai oleh pemerintah. Beberapa universitas juga ada yang dibiayai oleh gereja Katolik maupun Protestan. Saat ini terdapat sekitar 80 universitas swasta yang diakui oleh pemerintah. Kebanyakan dari universitas ini adalah Fachhochschule.

Mahasiswa Jerman kebanyakan berkuliah di universitas negeri. Hanya sekitar tiga persen saja yang melanjutkan pendidikannya di universitas swasta. Alasannya dikarenakan oleh biaya sekolah di universitas swasta jauh lebih tinggi dibandingkan dengan universitas negeri. Jika kita bicara kualitas, baik negeri maupun swasta mereka memiliki standar yang sama.

Beberapa hal yang harus Anda persiapkan, jika Anda ingin kuliah ke Jerman adalah :

  1. Kemampuan Bahasa Jerman
  2. Terjemahan Ijazah, STTB dan berbagai macam sertifikat lainnya dalam bahasa Jerman
  3. Pendaftaran ke universitas
  4. Visa
  5. Bukti Jaminan Keuangan
  6. Asuransi Kesehatan

Kemampuan Bahasa Jerman

Bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan Master, atau PhD, saat ini sudah banyak universitas di Jerman yang menawarkan kedua program tersebut dalam Bahasa Inggris. Anda tidak diharuskan untuk bisa berbahasa Jerman. Namun belajar bahasa Jerman bukanlah suatu kerugian karena dalam kehidupan sehari-hari itu akan memudahkan Anda berinteraksi dengan masyarakat di sekitar nantinya.

Sedangkan bagi siswa lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan S1 di Jerman, bahasa Jerman (hampir) merupakan suatu keharusan. Bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan S1 di bidang ilmu sosial dan kedokteran, saya sangat menyarankan Anda untuk memiliki kemampuan bahasa Jerman setinggi dan sesempurna mungkin karena bahasa Jerman yang akan Anda hadapi di masa perkuliahan akan lebih kompleks dibandingkan jurusan teknik dan pengetahuan alam.

Pendaftaran ke Universitas

Jerman memenangkan pertandingan pertamanya di World Cup 2006, Cologne, 9 Juni 2006

Jika Anda ingin mendaftar kuliah ke Jerman, salah satu persyaratan yang harus Anda miliki adalah Hochschulzugangsberechtigung. Bagi Anda lulusan SMA, Hochschulzugangsberechtigung yang dimaksud adalah Ijazah SMA.

Jika Anda bersekolah SMA di salah satu International School di Indonesia, ada kemungkinan bagi Anda untuk kuliah di Jerman langsung tanpa harus melalui Studienkolleg.

Studienkolleg/foundation course adalah sebuah program spesial yang ditawarkan oleh Universitäten dan Fachhochschule. Modul yang telah dipersiapkan oleh mereka sudah terfokus ke dalam beberapa subjek tertentu. Sebagai contoh, jika Anda ingin kuliah di salah satu jurusan Teknik, maka Anda harus mengikuti Studienkolleg T-Kurs. Bagi Anda yang ingin kuliah Kedokteran, Anda harus mengikuti Studienkolleg M-Kurs. Selain M- dan T-kurs, masih terdapat W-,G- dan S-Kurs.

Di akhir Studienkolleg nantinya, Anda mengikuti test ujian akhir yang dinamakan Feststellungsprüfung. Ijazah Feststellungsprüfung ini akan Anda gunakan juga untuk mendaftar ke universitas nantinya.

Sama halnya dengan universitas pada umumnya, pada saat Studienkolleg (pada umumnya) Anda tidak dipungut biaya sekolah. Tapi, selayaknya mahasiswa, Anda akan dipungut biaya retribusi yang relatif terjangkau.

Bukti Jaminan Keuangan

Sebelum Anda mendapatkan visa untuk berangkat kuliah ke Jerman, Anda harus bisa membuktikan bahwa di kemudian hari Anda tidak akan memiliki masalah keuangan. Ada banyak cara untuk membuktikan jaminan keuangan Anda. Beberapa cara yang populer diantaranya beasiswa dan jaminan pribadi. Jaminan pribadi yang saya maksud adalah Anda membuka rekening pribadi atas nama Anda pribadi, kemudian mentransfer sejumlah uang yang disyaratan oleh kedutaan Jerman ke rekening Anda tersebut.

Informasi yang saya tuliskan diatas sangatlah umum. Beberapa universitas atau Negara bagian mungkin memiliki peraturan yang berbeda-beda. Saya ingatkan sekali lagi, jika Anda membutuhkan informasi spesifik, jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi saya secara langsung. Terima Kasih sudah membaca tulisan ini.

Photo Credit: Brandenburger Tor by lukelukeluke, Deutschland by Odin Fotografía, Math Slide by Better Than Bacon, First Game of World Cup by André Gustavo




===========================================
Anggie is an undergraduate student in business engineering at the Karlsruhe Institute for Technology (KIT) in Germany. His interest is in small and medium enterprises. His dream is to develop small and medium enterprises in Indonesia.
Posts | Facebook | Twitter