Presentasi Indonesia Mengglobal untuk Indonesia Mengajar

Presentasi Indonesia Mengglobal untuk Indonesia Mengajar

Pada hari Jumat, 16 November 2012 lalu, Saya bersama dengan Clairine Runtung dan Handhika Ramadhan berkesempatan mewakili Indonesia Mengglobal untuk berpresentasi di hadapan teman-teman dari Gerakan Indonesia Mengajar tentang  kegiatan-kegiatan kami dan juga garis besar pendidikan tingkat S2 dan S3 di Amerika Serikat. Stevia Angesty juga membantu mempersiapkan materi presentasi.

Kami memperkenalkan Indonesia Mengglobal kepada 47 alumni Pengajar Muda yang baru saja melewatkan setahun mengajar di lima kabupaten di berbagai sudut Indonesia. Sebagian besar dari mereka baru lulus pendidikan S1 sebelum mengikuti program Indonesia Mengajar dan tertarik untuk mengenal lebih lanjut kesempatan untuk berkuliah di Amerika Serikat. Kami memberikan informasi tentang pendidikan pasca-sarjana sebagai salah satu alternatif jalan yang bisa ditempuh Pengajar Muda sesudah mengajar.

Handhika Ramadhan dan Clairine Runtung sedang berbicara di depan Pengajar Muda.

Walaupun belum banyak mengenal sistem pendidikan AS, sebagian besar Pengajar Muda tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut dan banyak diantara mereka menyebut pertanyaan-pertanyaan bagus tentang beasiswa dan persiapan aplikasi. Sebagian besar dari mereka antusias untuk kesempatan mentoring 1-on-1 yang ditawarkan oleh Indonesia Mengglobal.

Minat dan ketertarikan melanjutkan studi di luar negeri yang ditunjukkan oleh pada Pengajar Muda membuktikan bahwa banyak generasi muda peminat pendidikan bisa memanfaatkan lebih baik lagi bantuan eksternal berupa tips-tips, informasi, jaringan dan terutama mentorship yang tidak mudah dicari hanya melalui riset Internet.

Indonesia Mengglobal saat ini memiliki jaringan sekitar 40 orang mahasiswa dan alumni perguruan tinggi terbaik dunia. Kami bertujuan membagi pengetahuan tentang tips aplikasi sekolah, beasiswa dan bekerja di luar negeri kepada sebanyak mungkin generasi muda Indonesia secara gratis. Kami telah membagi pengalaman kami melalui lebih dari 80 artikel di website Indonesia Mengglobal. Sebelumnya Indonesia Mengglobal juga telah menyelenggarakan dua kali acara info session di Jakarta yang dihadiri lebih dari 500 orang. Bulan depan kami akan juga akan mengadakan acara coffee chat. Informasi selengkapnya dan pendaftaran bisa dilakukan di sini.

Bila institusi Anda juga tertarik untuk mengundang Indonesia Mengglobal berbagi info tentang pengalaman kuliah di luar negeri, silakan hubungi kami.

Berikut kami tampilkan materi presentasi Indonesia Mengglobal untuk para Pengajar Muda:




===========================================
Ariana Alisjahbana is a recent MBA graduate of the University of California, Berkeley, Haas School of Business. Originally trained as an economist with a BA from Boston University, Ariana started her career at the global think tank World Resources Institute (WRI) in Washington, DC. At WRI, she led the creation of the institute’s first Southeast Asian office and worked with the governments of the United States, Indonesia, and Singapore on environmental issues. Fascinated by her experience developing Global Forest Watch, Ariana decided to pursue an MBA focusing on the internet industry. Ariana completed her MBA internship at Google, where she was part of a global team that developed the new Allo Messenger app. After Google, she interned at Yik Yak, a location-based social media company. Currently, Ariana works for Alibaba, the Chinese internet giant.
Posts | Twitter