City College of San Francisco

1
83

Dengan biaya yang cukup terjangkau, siapa sih yang tidak mau bisa menempuh pendidikan di salah satu kota terindah di dunia? Kalau bukan karena keindahannya buat apa banyak orang berliburan di sini? Selain sebagai tempat wisata, San Francisco juga merupakan salah satu kota yang enak untuk hidup. Bayangkan, di sini hanya dengan kendaraan umum seperti bus, tram dan subway, kita sudah bisa berjalan-jalan keliling kota. Banyak orang menyangka naik kendaraan umum itu menyulitkan dan mahal. Tapi, di San Francisco, kendaraan umumnya sangat tertata dan selalu operasional 24/7. Selain itu, kendaraan umum di San Francisco merupakan salah satu yang terbaik yang pernah Saya lihat (dari segi ketepatan waktu dan frekuensi). Ditambah dengan makanan yang enak-enak dan juga penduduk yang sangat ramah dan open-minded, siapa sih yang tidak bakal jatuh cinta dengan San Francsico? Penduduk yang ramah ini sangat berkaitan dengan keanekaragaman di komunitas umum yang ada di San Francisco. Di sini kita bisa melihat pasangan homoseksual berjalan bergandengan tangan. Bahkan, ada satu jalan namanya Castro Street yang merupakan pusat dari komunitas LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, and Transgender). Di San Francisco, kita juga banyak menemui orang dari berbagai negara. Bisa dibilang, dengan adanya pusat budaya seperti Chinatown, Japantown, dan Little Italy, San Francisco terisi dengan berbagai macam kebudayaan. Nah, di tengah-tengah San Francisco, ada satu community college yang mungkin jarang didengar orang-orang di Indonesia: City College of San Francisco. Sebenarnya, City College of San Francisco merupakan salah satu community college di USA. Ada kira-kira seratus ribu orang (yup, seratus ribu) yang mengenyam pendidikan di sini setiap tahunnya.

Academic Year: 2010-2011
Estimated tuition and fees $5,550
+ Estimated room and board charges
(Includes rooming accommodations and meals)
$11,556
+ Estimated cost of books and supplies $1,620
+ Estimated other expenses
(Personal expenses, transportation, etc.)
$3,472
Estimated total price of attendance: $22,198

Source: CCSF Net Price Calculator

Kampus

City College of San Francisco (CCSF) memiliki 9 kampus yang tersebar di seluruh kota di San Francisco. CCSF memiliki satu kampus utama yang terletak di Ocean Avenue yang dinamakan Ocean Campus. Kebanyakan orang biasanya memiliki sebagian besar kelasnya di kampus ini. Kampus ini lokasinya strategis karena ada beberapa bus dan subway yang berhentinya tepat di sekelilingnya.

Science Hall

Di Ocean Campus, ada beberapa gedung utama seperti Art Building, Science Hall, Cloud Hall, Batmale Hall, Conlan Hall, Smith Hall, and Rosenberg Library. Ada juga beberapa gedung-gedung dan kelas-kelas kecil yang terletak di sekitar kampus, tapi biasanya kelas-kelas kita selalu berada di gedung-gedung utama tersebut.

Rosenburg Library

Rosenberg Library merupakan salah satu library yang cukup lengkap untuk ukuran community college. Perpustakaan ini terdiri dari 5 lantai. Nah fasilitas yang ada di sini sangatlah penting buat para mahasiswa yang ada di City College. Ada banyak computer lab yang bisa diakses dengan Student I.D CCSF. Ada juga Learning Assistance Center yang merupakan salah satu tempat tutoring berbagai macam kelas yang ditawarkan di CCSF. Perpustakaan ini memiliki banyak ruangan untuk group studies dan buku-buku teks yang bisa kita gunakan kalau kita tidak mau membeli buku.

Transferring

Yang menjadi tujuan dari banyak murid-murid di CCSF adalah transfer ke universitas unggulan lain di Amerika. Dengan banyaknya universitas-universitas di California yang memperbolehkan murid-murid untuk transfer ke universitas mereka, banyak yang menggunakan kesempatan ini untuk belajar terlebih dahulu di community college dengan biaya yang jauh lebih terjangkau. Dari pengalaman saya di City College, saya banyak bertemu dengan murid-murid yang transfer ke universitas swasta atau publik di Amerika. Misalnya, ada teman saya yang transfer ke USF (University of San Francisco), USC (University of Southern California), UC Berkeley, UC Los Angeles, UC Davis, dan banyak lagi. Nah, ini yang membuat murid-murid di community college lebih termotivasi untuk menjadi lebih rajin dan berusaha keras untuk transfer ke sekolah-sekolah unggulan di AS. Nah, khusus untuk sekolah-sekolah publik di California (UC system dan CSU system), mereka biasanya lebih memprioritaskan murid-murid transfer. Karena itu, banyak orang yang menggunakan kesempatan di community college untuk masuk ke sekolah seperti UCLA dan UC Berkeley.

Akademis

CCSF sebenarnya memiliki lebih dari 30 departemen dari yang umum (Matematika, Fisika, Kimia, Bisnis, Ekonomi, dan Seni) sampai yang spesifik (Fashion Design, Bioteknologi, Astronomi, Politik). Dari banyaknya departemen yang tersedia di CCSF, banyak dan beraneka ragam pula kelas-kelas yang ditawarkan. Banyak sekali kelas-kelas yang mempersiapkan murid-murid di CCSF buat kerja dan juga buat transfer ke universitas lain. Selain itu, kelas-kelas di community college juga ditawarkan dari tingkat dasar sampai tingkat yang lebih advanced.

Misalnya, di departemen Fisika, ada kelas yang dinamakan “Conceptual Physics”. Kelas ini ditujukan buat orang-orang yang tidak punya latar belakang fisika sama sekali dan cuma bertujuan memperkenalkan berbagai konsep dasar fisika dengan penjelasan-penjelasan yang dasar dan tidak menggunakan hitungan-hitungan yang rumit. Nah, dari sana, kalau orang menemukan minatnya di bidang fisika, dia bisa mengambil kelas yang lebih tinggi. Di CCSF, Departemen Fisika juga membagi kelas fisika yang ditawarkan menjadi dua konsentrasi yang berbeda. Ada yang khusus disusun kurikulumnya untuk engineer and scientist dan ada yang khusus buat major-major lain seperti nursing yang tak perlu belajar fisika sampai Modern Physics. Selain itu, di CCSF, ada yang namanya Physics Mentorship dimana para murid-murid yang sudah mengambil kelas fisika sebelumnya akan menjadi student mentor yang berfungsi sebagai pemandu murid lainnya untuk menciptakan kebiasaan belajar yang baik dan juga membantu murid-murid yang kesulitan dalam mengikuti berbagai kelas fisika.

Yang sangat menarik dari semua departemen di CCSF adalah masing-masing departemen biasanya memiliki student mentor yang dipilih untuk membantu murid-murid lain. Ini sangat membantu banyak murid yang mungkin saja memilih untuk mengganti major mereka dan menemui banyak hambatan/kesusahan dalam mendalami pelajaran tersebut.

Selain departemen fisika yang terkenal, departemen kimianya CCSF juga memiliki reputasi yang baik di kalangan community college di California. Bayangkan, hampir semua guru-guru yang mengajar di departemen kimianya memiliki Ph.D degree dari universitas-universitas terkenal di Amerika. Jadi, semua guru-guru di CCSF biasanya memiliki banyak sekali pengetahuan dan pengalaman dalam mengajar kelas-kelas mereka.

Pengalaman terbaik saya dalam mengambil kelas-kelas sains di CCSF adalah bagaimana semua guru-guru yang mengajar mempunyai penguasaan yang baik di subjek yang diajar oleh mereka. Dalam pengajaran, mereka juga mempersiapkan dengan baik dan juga memberikan kesempatan murid-muridnya untuk bertanya lebih lanjut sehabis kelas atau di office-hour mereka. Contohnya, jika saya memiliki pertanyaan tentang pembahasan yang terjadi di kelas, saya bisa langsung datang dan mengetok pintu kantor guru tersebut dan bertanya langsung dengan mereka. Juga, dengan melakukan hal tersebut, kita bisa mendekatkan diri kita dengan professor itu yang akan memudahkan guru tersebut untuk menulis surat rekomendasi untuk transferring atau applying for job. Ini hal yang jarang bisa kita dapat di universitas-universitas publik yang memiliki kelas yang sangat besar. Dengan rata-rata murid per kelas yang mencapai ratusan orang, setiap murid hanya mendapatkan perhatian yang sangat minim dari profesor, dan biasanya para murid hanya berkomunikasi dengan asisten profesor. Nah, di community college, kita bisa dengan mudahnya berkomunikasi dengan profesor dan bertanya tentang hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan kita dengan mudah. Di CCSF, meskipun student-to-faculty ratio-nya sangat besar (karena banyak sekali student di CCSF yang merupakan part-time student), tapi dari pengalaman Saya, kelas-kelas di CCSF sangatlah kecil; kebanyakan kelas yang saya ambil hanya memiliki kurang dari 50 murid. Jadinya bisa dibilang kita bisa mengenal profesornya dengan sangat baik. (source: CCSF Public Information Office)

Clubs

CCSF memiliki berbagai macam student clubs untuk membantu murid-muridnya menyalurkan aspirasi mereka di berbagai macam bidang yang diminati. Dengan adanya berbagai macam club di CCSF, kita bisa bertemu dengan orang yang memiliki minat dan tujuan yang sama. Sebagai murid di CCSF, Saya juga mengikuti banyak club dari Physics Club sampai ke Food and Nutrition Club. Nah, di Physics club saya bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat di bidang fisika dan ikut field trip ke tempat-tempat yang menarik. Waktu itu, kita mengadakan field trip ke salah satu Particle Accelerator di Stanford (Stanford Linear Accelerator Center). Setelah field-trip itu kita bisa tahu lebih banyak tentang Fisika dan apa saja kerja seorang Physicist. Daftar club-club di CCSF bisa dilihat di link ini.

 

Konklusinya, segala sesuatu tentang CCSF itu memudahkan kita untuk transisi dari SMA ke universitas di Amerika Serikat. Kita diberikan kesempatan untuk berkomunikasi dengan guru-guru dan juga memiliki pengalaman classroom yang kondusif. Dengan biaya yang jauh lebih murah dari universitas-universitas lainnya, CCSF memiliki fasilitas yang memadai dan juga profesor yang sangat friendly dengan murid-muridnya. Lokasinya yang terletak di kota San Francisco juga membuat para international students tak pernah bosan dengan kehidupan di sini yang sangatlah beragam dan unik. Tak heran jika Saya selalu mendengar rengekan orang yang sudah transfer dari CCSF ke kota-kota lain di Amerika ingin kembali ke San Francisco untuk menikmati indahnya kota ini. Nah, yang terakhir, karena CCSF terletak benar-benar di kota San Francisco, kita bisa menikmati indahnya kemajemukan yang ada disini. Saya, yang merupakan orang Indonesia, banyak sekali bermain dengan orang-orang dari berbagai macam negara. Selain itu, saya bisa mengetahui perspektif dari orang-orang yang memang struggling hanya untuk bersekolah di Amerika dan bagaimana mereka mensiasati cara belajar dan cara membiayai hidup mereka di sini. So far, belajar di CCSF selalu memberikan Saya pengalaman-pengalaman unik dan baru. Saya bisa bertemu dengan banyak teman-teman dari berbagai macam negara dan mengenal banyak budaya mereka. Dan juga, dengan banyaknya guru-guru yang berpengalaman dan mempunyai gelar, kita bisa mendapatkan banyak benefit dari surat rekomendasi. So, tunggu apa lagi? CCSF memberikan kesempatan yang bagus bukan?

Photo by Thomas Hawk via flickr

SHARE
Previous articlePreparing for Medical School: An Overview
Next articleChemistry
Adam Hardiman
Adam is from Jakarta, Indonesia and is currently studying in City College of San Francisco while preparing to transfer to Cornell University as a Material Science and Engineering major in Fall 2012. He is really passionate about giving information about education in the United States.
  • rielly

    klo misalkan pindah turun kls gak?