Foothill College

Foothill College

Ingin bersekolah di daerah Silicon Valley? Atau teman-teman pada ingin masuk ke universitas top dunia tapi bingung akan masalah biaya? Atau mungkin teman-teman ingin mencari college yang jumlah siswanya lebih sedikit agar anda lebih mudah untuk beradaptasi dan berinteraksi dengan masyarakat lokal? Jika teman-teman masih bingung, community college merupakan pilihan yang tepat buat teman-teman untuk melanjutkan sekolah ke jenjang universitas.

Di Amerika Serikat, community college merupakan salah satu institusi publik yang memberikan pelayanan pendidikan dua tahun pertama dari universitas. Oleh karena itu, mahasiswa yang memilih jalur ini harus transfer ke universitas jika ingin mendapat gelar S1. Namun, jangan salah sangka, keterbatasan ini menjadi poin kuat dari community college. Mahasiswa di sini mendapatkan kebebasan untuk mengatur jalan hidup mereka ke depannya. Di community college, mereka bisa memilih untuk mendapatkan gelar diploma ataupun gelar Associate’s Degree terlebih dahulu sebelum mereka melanjutkan pendidikan mereka. Selain itu, mereka juga bisa mengambil kelas-kelas praktikal yang memperbolehkan mereka untuk langsung bekerja setelah menyelesaikan program belajar mereka di sini.  Bahkan, banyak sekali kaum-kaum pekerja ataupun ibu rumah tangga yang mengambil kelas di community college untuk memperluas ilmu mereka sekaligus menambah keterampilan mereka. Apalagi, biayanya pun jauh lebih murah. Fleksibilitas inilah yang membuat community college menjadi salah satu pilihan bagi para penuntut ilmu untuk mendapatkan ilmu setara dengan universitas dengan biaya yang terjangkau.

Apaan sih Foothill College? Kaki Bukit?!

Mungkin banyak dari teman-teman yang tidak pernah mendengar tentang Foothill College. Bahkan, banyak teman lama saya yang bertanya, “Apa sekarang sekolahmu di kaki bukit?” Nah, melalui artikel ini saya mau membuktikan kepada teman-teman bahwa Foothill College merupakan salah satu community college top di Amerika Serikat. Dan yang paling penting dari semuanya, Foothill College memiliki transfer rate yang bagus ke institusi pendidikan 4 tahun terkenal di Amerika.

Foothill Spotlight

Sejak berdirinya Foothill College di tahun 1957, Foothill telah berhasil mempertahankan eksistensinya sebagai top community college di Amerika Serikat. Kesuksesannya dalam menelurkan siswa-siswa berprestasi yang sukses transfer ke universitas top dunia merupakan hal yang diketahui massa. Karena itu, tidaklah heran jika kita melihat lebih dari 2500 murid-murid internasional dari sekitar 100 negara datang ke Foothill untuk mengenyam pendidikan.

Reputasi Foothill College

  • #1 transfer rate ke University of California (UC) dan California State University (CSU) system.
  • Pada tahun 2011, ada sebanyak 119 murid internasional yang diterima di UC Berkeley.
  • Foothill College memiliki banyak guaranteed transfer admission agreements dengan berbagai universitas-universitas top di Amerika Serikat, seperti UCLA, UC San Diego, Cornell University, dll. Guaranteed transfer admission agreements merupakan perjanjian antara Foothill College dengan berbagai universitas untuk menyediakan tempat bagi siswa Foothill College jika mereka berhasil mencapai GPA tertentu. Untuk amannya, disarankan kepada teman-teman untuk mempertahankan GPA di atas 3,5 agar bisa transfer ke universitas-universitas terbaik di USA.

  • Selain itu, banyak murid-murid internasional yang berhasil diterima di universitas-universitas terkenal di dunia, seperti UC Berkeley, Stanford University, USC, Columbia, Cornell, Boston College, Carnegie Mellon, Yale, John Hopkins, Purdue, Univ. of Michigan, Univ. of Texas, Univ. of Washington, Univ. of Winsconsin, dan lain sebagainya.

Lokasi

  • Silicon Valley!! Siapa sih yang tidak pernah dengar tempat ini? Silicon Valley merupakan sebuah lokasi yang diidam-idamkan banyak orang karena tempatnya sangat strategis untuk memulai bisnis baru, terutama bisnis teknologi.
  • Foothill College terletak hanya 45 menit dari San Fransisco dan 20 menit dari San Jose, kota nomor 10 terbesar di Amerika Serikat.
  • Cuaca California yang sejuk benar-benar menarik hati banyak pelajar internasional, terutamanya pelajar yang datang dari Asia. Berdasarkan statistik, rata-rata temperatur di California adalah 21 derajat Celsius dan cuacanya kebanyakan sangat cerah. Jadi, kita bisa dengan gampangnya beradaptasi dengan cuaca di California karena California memiliki iklim yang serupa dengan negara-negara di Asia.
  • Yang paling menarik dari semuanya, Foothill College ini sangatlah dekat dengan headquarters perusahaan-perusahaan top dunia, seperti Apple, Yahoo, Google, Adobe, eBay, Cisco Systems, Facebook. Jadi, peluang untuk bekerja atau magang di perusahaan-perusahaan tersebut sangatlah tinggi.

 

Academics and Campus

  • Mahasiswa di sini bisa memilih lebih dari 100 jurusan yang ditawarkan, mulai dari bisnis, perfilman, pre-law, sampai enterprise networking.
  • Foothill College juga memiliki Honors Program bagi para siswa berprestasi yang memiliki GPA lebih dari 3.6. Program ini memudahkan para siswa untuk mendapatkan financial aid maupun transfer ke universitas terkenal di Amerika Serikat.
  • Foothill juga menyediakan program belajar di luar negeri (Campus Abroad Program) dan program magang (internship) di perusahaan- perusahaan Silicon Valley.
  • Mahasiswa di sini juga bisa bergabung dengan organisasi-organisasi mahasiswa yang jumlahnya lebih dari 60. Jika ingin memulai organisasi sendiri juga bisa! Saya dengan 5 teman saya berhasil mendirikan Actuarial Science and Financial Engineering Club yang bekerja sama dengan financial analyst terkenal di Indonesia. Jika anda ingin berkenalan dengan banyak kawan sekampung, janganlah khawatir! Di Foothill, ada klub perkumpulan siswa-siswa Indonesia (Foothill Indonesian Club) yang sering mengadakan acara-acara bagi para mahasiswa Indonesia agar kita tidak homesick. Siswa Indonesia di Foothill diperkirakan ada sekitar 70-80 orang.
  • Kampus Foothill juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai kampus terindah dari the American Institute of Architects. Jadi, suasana kampus di Foothill sangatlah cozy bagi para siswa untuk belajar dan mendapatkan ilmu.
  • Selain itu, class size di Foothill College memperbolehkan kita untuk berinteraksi dengan professor maupun mahasiswa lainnya karena rata-rata tiap kelas hanya memiliki 25 siswa.

Biaya dan Aplikasi

  • Tuition Fee di Foothill College sangatlah terjangkau baik bagi para siswa lokal maupun bagi para siswa internasionalnya. Saat ini, harga tiap unit per quarter (caturwulan) adalah US$159 untuk siswa internasional. Jadi, jika kita ingin mengambil 12 unit per quarternya, harga tuition untuk per tahun diperkirakan hanya US$5724. Untuk lulus ataupun transfer dari Foothill College, teman-teman hanya memerlukan 90 units. Jadi, teman-teman hanya perlu stay di Foothill selama 2 tahun (6 quarters).

  • Jika anda ingin apply ke Foothill College, proses aplikasinya juga sangatlah mudah. Requirement yang diperlukan hanyalah TOEFL-500 paper, 61 iBT; IELTS-6.0; iTEP- level 4; atau EIKEN-2A. Selain itu, Foothill College menerima siswa on a rolling basis setiap Fall quarter (deadline: 30 Juni), Winter quarter (deadline: 31 Oktober) atau Spring quarter (deadline: 31 Januari). Siswa yang diterima diwajibkan untuk tiba di Amerika Serikat satu bulan sebelum kelas dimulai untuk mengikuti proses orientasi maupun pendaftaran kelas.

Reputasi yang bagus, lokasi yang strategis, dan juga biaya yang murah membuat Foothill College menjadi pilihan utama saya sebagai stepping stone untuk ke jenjang yang lebih tinggi. Sekian, thanks for reading.

Photo Credit:
1. Foothill College via Perkins+Will
2-4. Foothill + Deanza via issuu




===========================================
Felicia Aveline Johanna is an Applied Mathematics student at Foothill College. She is in her second year now.
Posts