Foothill College

42
554

Ingin bersekolah di daerah Silicon Valley? Atau teman-teman pada ingin masuk ke universitas top dunia tapi bingung akan masalah biaya? Atau mungkin teman-teman ingin mencari college yang jumlah siswanya lebih sedikit agar anda lebih mudah untuk beradaptasi dan berinteraksi dengan masyarakat lokal? Jika teman-teman masih bingung, community college merupakan pilihan yang tepat buat teman-teman untuk melanjutkan sekolah ke jenjang universitas.

Di Amerika Serikat, community college merupakan salah satu institusi publik yang memberikan pelayanan pendidikan dua tahun pertama dari universitas. Oleh karena itu, mahasiswa yang memilih jalur ini harus transfer ke universitas jika ingin mendapat gelar S1. Namun, jangan salah sangka, keterbatasan ini menjadi poin kuat dari community college. Mahasiswa di sini mendapatkan kebebasan untuk mengatur jalan hidup mereka ke depannya. Di community college, mereka bisa memilih untuk mendapatkan gelar diploma ataupun gelar Associate’s Degree terlebih dahulu sebelum mereka melanjutkan pendidikan mereka. Selain itu, mereka juga bisa mengambil kelas-kelas praktikal yang memperbolehkan mereka untuk langsung bekerja setelah menyelesaikan program belajar mereka di sini.  Bahkan, banyak sekali kaum-kaum pekerja ataupun ibu rumah tangga yang mengambil kelas di community college untuk memperluas ilmu mereka sekaligus menambah keterampilan mereka. Apalagi, biayanya pun jauh lebih murah. Fleksibilitas inilah yang membuat community college menjadi salah satu pilihan bagi para penuntut ilmu untuk mendapatkan ilmu setara dengan universitas dengan biaya yang terjangkau.

Apaan sih Foothill College? Kaki Bukit?!

Mungkin banyak dari teman-teman yang tidak pernah mendengar tentang Foothill College. Bahkan, banyak teman lama saya yang bertanya, “Apa sekarang sekolahmu di kaki bukit?” Nah, melalui artikel ini saya mau membuktikan kepada teman-teman bahwa Foothill College merupakan salah satu community college top di Amerika Serikat. Dan yang paling penting dari semuanya, Foothill College memiliki transfer rate yang bagus ke institusi pendidikan 4 tahun terkenal di Amerika.

Foothill Spotlight

Sejak berdirinya Foothill College di tahun 1957, Foothill telah berhasil mempertahankan eksistensinya sebagai top community college di Amerika Serikat. Kesuksesannya dalam menelurkan siswa-siswa berprestasi yang sukses transfer ke universitas top dunia merupakan hal yang diketahui massa. Karena itu, tidaklah heran jika kita melihat lebih dari 2500 murid-murid internasional dari sekitar 100 negara datang ke Foothill untuk mengenyam pendidikan.

Reputasi Foothill College

  • #1 transfer rate ke University of California (UC) dan California State University (CSU) system.
  • Pada tahun 2011, ada sebanyak 119 murid internasional yang diterima di UC Berkeley.
  • Foothill College memiliki banyak guaranteed transfer admission agreements dengan berbagai universitas-universitas top di Amerika Serikat, seperti UCLA, UC San Diego, Cornell University, dll. Guaranteed transfer admission agreements merupakan perjanjian antara Foothill College dengan berbagai universitas untuk menyediakan tempat bagi siswa Foothill College jika mereka berhasil mencapai GPA tertentu. Untuk amannya, disarankan kepada teman-teman untuk mempertahankan GPA di atas 3,5 agar bisa transfer ke universitas-universitas terbaik di USA.

  • Selain itu, banyak murid-murid internasional yang berhasil diterima di universitas-universitas terkenal di dunia, seperti UC Berkeley, Stanford University, USC, Columbia, Cornell, Boston College, Carnegie Mellon, Yale, John Hopkins, Purdue, Univ. of Michigan, Univ. of Texas, Univ. of Washington, Univ. of Winsconsin, dan lain sebagainya.

Lokasi

  • Silicon Valley!! Siapa sih yang tidak pernah dengar tempat ini? Silicon Valley merupakan sebuah lokasi yang diidam-idamkan banyak orang karena tempatnya sangat strategis untuk memulai bisnis baru, terutama bisnis teknologi.
  • Foothill College terletak hanya 45 menit dari San Fransisco dan 20 menit dari San Jose, kota nomor 10 terbesar di Amerika Serikat.
  • Cuaca California yang sejuk benar-benar menarik hati banyak pelajar internasional, terutamanya pelajar yang datang dari Asia. Berdasarkan statistik, rata-rata temperatur di California adalah 21 derajat Celsius dan cuacanya kebanyakan sangat cerah. Jadi, kita bisa dengan gampangnya beradaptasi dengan cuaca di California karena California memiliki iklim yang serupa dengan negara-negara di Asia.
  • Yang paling menarik dari semuanya, Foothill College ini sangatlah dekat dengan headquarters perusahaan-perusahaan top dunia, seperti Apple, Yahoo, Google, Adobe, eBay, Cisco Systems, Facebook. Jadi, peluang untuk bekerja atau magang di perusahaan-perusahaan tersebut sangatlah tinggi.

 

Academics and Campus

  • Mahasiswa di sini bisa memilih lebih dari 100 jurusan yang ditawarkan, mulai dari bisnis, perfilman, pre-law, sampai enterprise networking.
  • Foothill College juga memiliki Honors Program bagi para siswa berprestasi yang memiliki GPA lebih dari 3.6. Program ini memudahkan para siswa untuk mendapatkan financial aid maupun transfer ke universitas terkenal di Amerika Serikat.
  • Foothill juga menyediakan program belajar di luar negeri (Campus Abroad Program) dan program magang (internship) di perusahaan- perusahaan Silicon Valley.
  • Mahasiswa di sini juga bisa bergabung dengan organisasi-organisasi mahasiswa yang jumlahnya lebih dari 60. Jika ingin memulai organisasi sendiri juga bisa! Saya dengan 5 teman saya berhasil mendirikan Actuarial Science and Financial Engineering Club yang bekerja sama dengan financial analyst terkenal di Indonesia. Jika anda ingin berkenalan dengan banyak kawan sekampung, janganlah khawatir! Di Foothill, ada klub perkumpulan siswa-siswa Indonesia (Foothill Indonesian Club) yang sering mengadakan acara-acara bagi para mahasiswa Indonesia agar kita tidak homesick. Siswa Indonesia di Foothill diperkirakan ada sekitar 70-80 orang.
  • Kampus Foothill juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai kampus terindah dari the American Institute of Architects. Jadi, suasana kampus di Foothill sangatlah cozy bagi para siswa untuk belajar dan mendapatkan ilmu.
  • Selain itu, class size di Foothill College memperbolehkan kita untuk berinteraksi dengan professor maupun mahasiswa lainnya karena rata-rata tiap kelas hanya memiliki 25 siswa.

Biaya dan Aplikasi

  • Tuition Fee di Foothill College sangatlah terjangkau baik bagi para siswa lokal maupun bagi para siswa internasionalnya. Saat ini, harga tiap unit per quarter (caturwulan) adalah US$159 untuk siswa internasional. Jadi, jika kita ingin mengambil 12 unit per quarternya, harga tuition untuk per tahun diperkirakan hanya US$5724. Untuk lulus ataupun transfer dari Foothill College, teman-teman hanya memerlukan 90 units. Jadi, teman-teman hanya perlu stay di Foothill selama 2 tahun (6 quarters).

  • Jika anda ingin apply ke Foothill College, proses aplikasinya juga sangatlah mudah. Requirement yang diperlukan hanyalah TOEFL-500 paper, 61 iBT; IELTS-6.0; iTEP- level 4; atau EIKEN-2A. Selain itu, Foothill College menerima siswa on a rolling basis setiap Fall quarter (deadline: 30 Juni), Winter quarter (deadline: 31 Oktober) atau Spring quarter (deadline: 31 Januari). Siswa yang diterima diwajibkan untuk tiba di Amerika Serikat satu bulan sebelum kelas dimulai untuk mengikuti proses orientasi maupun pendaftaran kelas.

Reputasi yang bagus, lokasi yang strategis, dan juga biaya yang murah membuat Foothill College menjadi pilihan utama saya sebagai stepping stone untuk ke jenjang yang lebih tinggi. Sekian, thanks for reading.

Photo Credit:
1. Foothill College via Perkins+Will
2-4. Foothill + Deanza via issuu

  • “peluang untuk magang di perusahaan-perusahaan ini sangat tinggi.”

    Curious – how often does Foothill College student interned at Silicon Valley company?

    • Felicia

      Hi, actually the companies themselves offer places for FH students. So, the students need to be proactively looking for the opportunities by going to co-op office, international student office, etc. :)

  • Marvelous_fa_j

    Actually, many of the companies offer internship programs to FH students. So, the students just need to check it often at the coop office or even international student office. :) We just need to be proactive because there are many opportunities offered but many do not know about them.

  • nyaaaaaa

    ^.^

  • Kilua_lis

    kak mau nanya, tempat tinggal di situ dimana ya? dan jika ingin apply gimana ya? harus lulus sma terlebih dahulu? total biaya yang dibutuhkan pada saat awal masuk berapa ya?
     

    • Felicia

      Hi, I am so sorry for e late reply. Di sini ada homestay or apartment. So, u can choose which one do u prefer :). Lebih baik jika sudah lulus sma jadi waktu apply uni bisa lebih gampang. Total biayanya kira2 satu tahun 20,000 USD. :)

  • Pingback: Applying to US Undergraduate Colleges: How?()

  • klughing

    guaranteed transfer admission agreements bisa buat international student juga gak? ato cuman green card holder?

    • Felicia

      Hi, bisa kok jadi it’s for everyone who is studying at Foothill College :)

  • melani

    numpang nanya, biasanya anak2 foothill apartmentnya dimana ya? lg cari yg ratenya murah tp aman & terjamin dong utk 2 beds hehehe. :)

    • Felicia

      Apartment di sini ada banyak. Ratenya rata-rata 1500 ke atas untuk 2 beds. I will email you further regarding this :)

  • natasha

    hi, which one is actually better, deanza or foothill? I’m talking about the easiness to get classes there (as i’ve heard that due to the crisis in California they have some problems with that) and the one with a better transfer rate. thank you :)

    • Felicia

      Hi, if you want to get classes easier, I recommend FH cause the amount of students are lesser compared to DA. For transfer rate, I think they are both around the same since they are sister colleges.

  • Elvi Kurniawan

    if a new student from Indonesia would like to look for an apt/ roommate this coming fall quarter..may i know anyone in the club that is contactable via email/ whatsapp?

    • Felicia

      Hi I will reply you personally through email :)

  • rinni

    saya mau nanya untuk persyaratan test TOEFL, IBT, IELTS, ITEP dan EIKEN di Jakarta yg harganya murah dimana ya mba?

  • rinni

    oya berapa lama kursusnya dan biayanya kira kira habis berapa untuk persyaratan TOEFL dll tadi?

    • Felicia

      Hi Rinni, maaf saya kurang tahu mengenai kursus TOEFL di Jakarta karena saya berasal dari Surabaya. Mungkin Rinni bisa bertanya ke kontributor lain. :) Terimakasih

      • Jangka waktu kursus dan biaya disesuaikan sendiri dengan murid yang akan mengambil test nya. Untuk bagi yang ingin self-study untuk persiapan TOEFL, seperti saya, buku “Cracking the TOEFL iBT” cukup membantu.

        Williyanson

  • natali

    tapi tadi saya liat di situs sekolahny langsung sampai 20,000 dolar amerika loh. Saya butuh yg benar terjangkau setidakny dgn budget 50 jt rupiah

    • Semua tergantung dari seberapa cepat anda dapat menyelesaikan kelas-kelas yang akan anda ambil. Untuk melakukan transfer setidaknya, murid harus menyelesaikan at least 90 units. 1 unit di foothill saat ini sekitar $120.

      WIlliyanson

      • Graph diatas yang menunjukan bahwa biaya yang diperlukan sekitar $5000an hanya berlaku untuk murid lokal. International student diberikan tarif yang berbeda, which is yang sudah saya cantumkan sebelumnya, yaitu $120an.

        WIlliyanson

  • riri

    aku mau tanya, kalau tinggal di apartemen around collegenya biaya per bulannya berapa yah? thanks :)

  • ft

    Mau tanya nih, kalau misal nanti mau transfer ke UC ambil statistics, di foothill belajar apa aja ya? Masi ada belajar fisika atau bio gitu gak?Thanks !

    • Pelajaran calc 1 dan calc 2 tetap harus diambil. Untuk full list mata pelajaran yang harus diambil untuk transfer ke uc berkeley major statistic ada di http://tinyurl.com/c986t96.

      IGETC (general education) tetap harus diambil untuk major ini. Untuk category 5 (lihat http://tinyurl.com/cx7zptk link pg 4.) Setidaknya harus mengambil 2 kelas science.

      Williyanson

  • Ricky

    Ane mau tanya nih gan
    Bedanya foothill sama deanza itu apa ya?
    Soalnya kan ada yang bilang sama ada yg bilang beda
    Kl pertama ki masuk itu brp ya?

    • Felicia Aveline Johanna

      Hi,

      bedanya pertama itu lokasinya. Foothill lebih ke daerah suburb, De Anza lebih ke daerah perkotaan.
      Ada juga yang bilang kalau DeAnza is better for busi major while Fh is better for science/engineering major but actually, I dont feel any difference.
      Kalo pertama kali masuk kira-kira setahun 20k include biaya hidup. :)

    • Matthew Williyanson

      Foothill & De Anza di manage oleh orang-orang yang sama. Sistem dan kurikulum kelas yang di offer juga kurang lebih mirip. Perbedaanya hanyalah di lokasi dan social environment nya.

  • santo

    hi.. mau tanya nih
    1. jurusan yg byk org indo disana apa?
    2. ambil jurusan art sama gid di FH bagus tdk?
    3. info buat share apt/homestay di FH
    thx

    • Felicia Aveline Johanna

      Hi,

      untuk jurusan, mungkin majority engineering or business. But, there are also many Indonesians who major in arts or maybe science. Untuk Art, mungkin untuk dasarnya ok but setahu saya banyak yang transfer early karena banyak courses yang tidak dioffer di Foothill. Untuk Apartment or homestay banyak pilihan and range harga yang bermacam-macam. Jarak aptment or homestay ke sekolah mostly around 40 minutes using bus.

      Felicia

    • Matthew Williyanson

      1) Hm.. Saat ini yang saya lihat sepertinya tidak ada 1 major yang benar-benar mendominasi di antara anak indo sih. Tapi di dibdanginkan dengan de anza, foothill indo lebih banyak majoring di bidang science.
      2) Krng tau nih kalo mengenai art. Sorry
      3) Untuk homestay bisa melalui ISP (International Student Placement) dan apt banyak yg tngl d daerah Mountain View, Sunnyvale or Lost Altos

  • Felicia Auryn

    Hi, aku rencana ambil mathematics di foothill this year.. Boleh tanya ttg:
    1. Placement test upon arrival di Foothill seperti apa dan tujuannya untuk apa? Apa ada pengaruh pada kelas yang aku ambil nanti?
    2. Seandainya bisa masuk honors program, apa bedanya dengan yang bukan? Apa ada kelas khusus bagi peserta honors program?
    3. Saya baca di review”Yelp bahwa counselor”Foothill kurang reliable/helpful. Apa betul? Bagaimana cara kita double check supaya tidak salah ambil kelas selain cek di web?

    I’m looking forward to join your club as I aspire to be an actuary 😀

    • Matthew Williyanson

      Contoh, untuk major Math (dan major science lainya) both untuk keperluan transfer maupun mendapatkan gelar aa. You’ll need to complete at least 4 calculus class. (Math 1A, 1B, 1C, 1D) dan juga Math 2A and 2B.

      Untuk lu buat dapet ambil kelas Math 1A ada dua cara,
      1) Do great @placement test
      2) Take and pass the Math 48C.

      For a complete math Sequence check the pdf link down below.

      http://www.foothill.edu/placement/math_course_seq.pdf

      Nah kalau lu bisa do well d placement test lu. Then lu bisa langsung skip the Math 48 series. Which will saves u 3 quarters of math. 3 quarters = 9 months. Lumayan right? Most Indonesians yang gw kenal kebanyakan bisa langsung dapet masuk math 1a sih. As long as lu practice dan bsa krjain practice exam yg fh provide online, ur in a good shape dan pastinya bs msuk math 1a lngsung.

      Oh btw, untuk sequence chem dan pljrn lainya bwt placement, krng lbih sama sprti ini.

    • Matthew Williyanson

      Ada program TAP (Transfer Alliance Program) yang ucla offer. Apa TAP itu? Bisa d google. bnyk info nya online. Take note this is not the same as TAG yg guaranteed lu bwt bsa masuk ke satu uni if ur gpa is above the requirement!

      Buat bisa masuk ke program tap ini, u must be enrolled in the honors program. Dan apakah kelas honors ini berbeda dari kelas lainya yg foothill offer? Yang beda hanya d kelas GE aja. Banyak ge di offer online but if ur an honor student, lu hrs ngambil kelas trsbut in class, required to do a research paper and a class presentation. Sounds like a lot of work but tenang once ur used to nulis research paper, gampang kok.

    • Matthew Williyanson

      Ga semua counselor d foothill helpful. Itu bener banget. harus pinter-pinter cari counselor yang pinter. Dan gimana bisa tahu mana yg helpful dan mana yang engga? Tanya senior2 indo atau bahkan front desk counselling bwt bantu lu choose counselor yang oke (ya tentunya ngomongnya jgn knceng2 jga since office counselors d dalam building itu juga). Gw recommend Prof Kim Lane. Dia ngebantu gw selama studi gw d Foothill dan gw ga prnh disappointed sama dia at all.

      Mengenai nge check ambil kelas. Buat ngecek nya bsa
      1) Tanya orang – Counselor atau senior
      2) Check assist.org

  • andri

    malem kak mau tanya housing nih yg deket dimana ka

    • Matthew Williyanson

      Bisa d google info nya. Ada program ISP (Homestay) atau cari2 d Craiglist untuk apt. Anak2 FH banyak yang tingal d lokasi Mountain View. Apt nya kebanyakan adalah Birch Creek, Palmeto, El Portal. Aviana.

  • megga mira

    Mau nanya kak, 90 unit yg dmksd apa aja? Trus klo ikt TOEFL itu bleh dr indonesia? Thanks before

    • Matthew Williyanson

      90 Units adalah jumlah kelas yang bakalan ke transfer ke 4 yr university nanti. take note bahwa stiap uni pnya maximum number of units yg transferable beda-beda. Yo’i. Boleh dong dri Indonesia, ambil dmnapun jga boleh

      • megga mira

        Makasi kak, mau nanya lg. Apa sistem community college memang sprti itu? Maksdnya stlh 2th bljr dstu lalu dikirm ke university untk bachelor degree, itu diwajbkn atau mngkn bs tdk dlnjtkn untk alasan trtntu? karena alasan economy atau yg lain mngkn. Thanks again kakak

        • Matthew Williyanson

          Nope. Basically once lu masuk ke community college (cc), lu ga kena ikatan apapun kok. Contoh lu cuma mau dpetin AA degree dari Foothill dan ga ada rncana untuk lnjutin ke uni. Itu boleh 2aja.